Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tempat wisata di Banyumas yang wajib anda kunjungi


Ekplore wisata Banyumas - Purwokerto adalah pusat Kota dari Kabupaten Banyumas. Awalnya Purwokerto direncanakan sebagai sebuah kota adminsitratif tersendiri yang terpisah dari Kabupaten Banyumas. Namun karena terkendala beberapa hal, akhirnya purwokerto tetap menjadi bagian dari Kabupaten Banyumas. 

Kenapa saya jelaskan terlebih dahulu penjelasan tentang wilayah Purwokerto dan Kabupaten Banyumas adalah karena tempat-tempat wisata yang nanti yang akan saya jelaskan akan lebih banyak disebutkan sebagi bagian dari wilayah kabupaten Banyumas. 
Jadi Nanti kita akan ekplore tempat-tempat wisata terbaik yang ada di Purwokerto dan Banyumas yang bisa jadi belum pernah anda dengar namanya namun sangat indah untuk kita kunjungi. Langsung saja yuk kita berangkat..

11 Lokasi Wisata di Purwokerto dan Banyumas, Keindahan alam yang luar biasa yang wajib untuk kita kunjungi

1. Telaga Sunyi Baturaden

Tempat ini diberi nama Telaga Sunyi karena mungkin dulunya  merupakan sungai yang Hening dengan udara dan suasana alam sekitarnya yang masih segar alami dan letaknya yang tersembunyi, Namun saat ini tempat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan.
Telaga Sunyi memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan hijau serta letaknya yang berada di tengah area hutan di lereng gunung Slamet.
Daya tarik Telaga Sunyi adalah adanya air terjun yang mengalir serta memiliki kejernihan air yang masih sangat sejuk serta membentuk kolam besar di bawahnya dengan kedalaman yang hanya berkisar 2 sampai 6 meter sehingga relatif aman untuk berenang.

Di Telaga Sunyi ini wisatawan juga dapat berenang sekaligus menyelam dan Menikmati keindahan bebatuan yang berada di dasar air Telaga ini. Tentunya harus dilakukan dalam pengawasan dan dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar mampu untuk melakukannya.
Keindahan setiap sudut Telaga Sunyi membuatnya menjadi incaran para pecinta fotografi terutama bagi mereka yang yang menyukai fotografi bawah air karena Telaga ini memiliki kejernihan air yang membuat foto menjadi lebih jelas meskipun berada di bawah air.

Lokasi tempat wisata Telaga Sunyi berada di limpakuwus sumbang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Letaknya masih berada di satu kawasan dengan Wisata Baturaden Banyumas atau sekitar 3 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih sekitar 15 menit saja.

2. Telaga Kumpe


Telaga kumpe sebenarnya merupakan tempat wisata yang masih kurang terkelola dengan baik. Namun sebetulnya jika tempat ini ditata dengan serius tentunya akan menjadi sebuah tempat wisata yang indah.  
Memiliki lokasi yang dikelilingi dengan perbukitan hijau dan pepohonan sangat cocok untuk Anda yang menyukai tempat wisata alam ataupun suasana pedesaan yang masih Asri
Untuk menuju ke lokasi Telaga kumpe ini hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit atau 18 KM perjalanan dari pusat Kota Purwokerto.  Telaga kumpe terletak di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.


3. Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan air terjun dengan ketinggian 90 m yang terletak di lereng gunung Slamet, Kabupaten Banyumas. Mulai diperkenalkan pada tahun 1987 air terjun atau Curug Cipendok ini merupakan destinasi tempat liburan yang favorit bagi mereka yang mencintai suasana air terjun dan alam yang masih alami.
Lokasi Curug Cipendok yang berada di tengah hutan memang membutuhkan wisatawan untuk sedikit usaha datang ke tempat ini. Pengunjung harus rela berjalan kaki menyusuri Jalan Setapak dengan jarak sekitar 500 meter membelah hutan yang masih alami dan asri.
Namun saat kita akan sampai di ujung perjalanan Setapak kita akan disambut oleh pemandangan air terjun yang memukau aliran airnya yang jatuh menerpa seakan menyebarkan butiran air kecil yang terlihat indah dan sesekali menimbulkan semacam Pelangi Jika Anda beruntung pada saat datang ke sana.

4. Curug Gomblang


Curug gomblang yang terletak di kawasan lereng gunung Slamet membuatnya memiliki Suasana yang sejuk dan menyegarkan. Curug gomblang memiliki ketinggian sekitar 30 m dan memiliki Debit air yang cukup deras.  
Keunikan dari air terjun Curug gomblang ini adalah memiliki air air terjun besar utama yang kemudian terpecah menjadi dua bagian secara berdampingan. Suasana hijau dan menyegarkan di sepanjang aliran dan kanan kiri air terjun dipenuhi oleh semak dan pohon perdu yang membuatnya nampak Teduh untuk dipandang.
Peta Curug gomblang berada di desa baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

4. Curug Orak-Arik, Baturaden


Curug orak-arik terletak di desa kemutug kidul, kecamatan baturaden, kabupaten Banyumas. Sebenarnya lokasi curug ini masih belum dikelola secara resmi untuk obyek wisata. Sehingga saat berkunjung ke tempat ini kita tidak akan menemukan fasilitas seperti yang ada di tempat wisata lainnya.
Namu terlepas dari hal itu, keindahan air yang menjulang tinggi dan kesejukan udara serta suasana alam yang masih natural adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh curug orak-arik ini. 

5. Curug Gede, Damarpayung, Banyumas


Letak curug gede darma payung berada di desa kotayasa, kecamatan sumbang, kabupaten Banyumas. Anda bisa puas berenang dan mandi menikmati kesegaran air yang turun di curug gede. Selain itu jika anda menyukai wisata adrenalin, anda busa menyusuri aliran air sungai atau yang dikenal dengan wisata tubing.

6. Curug Ceheng, Banyumas

Curug ceheng, banyumas

Lokasi curug atau air terjun Ceheng yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan jalan raya utama membuatnya menjadi salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi. Letak curug ceheng bisa anda temukan dengan mudah melalui aplikasi map online yaitu Berada di desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.
Berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan air laut dan sekaligus di lereng gunung Slamet membuat suasana di sekitar curug seheng sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

7. Pancuran 7, Baturaden

Pancuran 7

Pancuran 7 atau disebut juga dengan nama pancuran pitu adalah sebuah lokasi pemandian air hangat yang berada di kawasan wisata baturaden di Purwokerto.
Kehangatan air di tempat wisata Pancuran 7 disebabkan karena lokasinya yang berada di lereng gunung slamet, sehingga panas dari dapur magma yang berada di perut bumi membuat aliran air yang keluar menjadi hangat dan mengandung belerang.

8. Hutan Pinus Sawangan, Ajibarang, Banyumas
Hutan pinus sawangan terletak di wilayah ajibarang. Disini pengunjung bisa menikmati beberapa spot selfie foto yang sudah disediakan oleh pengelola. Jam buka lokasi wisata hutan pinus sawangan mulai dari jam 8 pagi hingga jam sembilan malam.
Menikmati suasana senja dan kesejukan malam ditempat ini merupakan sebuah sensasi yang berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya.

9. Bukit  Watu Meja, Banyumas


Wisata Bukit Watu meja adalah sebuah tempat wisata yang  menawarkan sebuah view pemandangan alam Banyumas dari atas bukit yang berada di desa Tumiyang, kebasen, Banyumas.
Lokasi wisata bukit watu mejamasih tegolong alami, akses menuju lokasi  masih harus ditempuh dengan berjalan melalui jalan setapak. Sesampainya di lokasi kita bisa bersantai di antara kesejukan hutan pinus dan memanfaatkan beberapa spot selfie yang disediakan oleh pengelola.

10. Pagubugan Melung


Kolam renang pagubugan atau yang dikenal dengan wisata pagubugan melung Banyumas menawarkan sebuah lokasi wisata berenang bagi pengunjung sekaligus menikmati kesejukan kawasan perbukitan hijau di sekitarnya. 
Lokasi wisata pagubugan melung yang terletak di kaki gunung Slamet membuatnya sejuk dan nyaman sangat cocok sekali untuk melepaskan lelah disaat liburan.

11. Gua Kemit, Ajibarang, Banyumas


Gua Kemit merupakan salah satu dari b
Sejumlah tempat wisata dengan objek gua yang berada di wilayah ajibarang, Kabupaten Banyumas. Wisata gua di daerah ini sebenarnya bisa lebih dikembangkan lagi mengingat jumlah gua yang cukup banyak dan jarak yang tidak terlalu jauh antara satu goa dengan goa lainnya. 

Keindahan gua karst di wilayah ini sudah di ekplore oleh beberapa traveler lokal yang berusaha menunjukkan keindahan gua gua yang ada di wilayah ini.






Posting Komentar untuk "11 Tempat wisata di Banyumas yang wajib anda kunjungi"