6 Lokasi wisata sekitar Kota Kudus yang menjadi favorit goweser penyuka tanjakan dan keindahan alam

Kota Kudus memang memiliki banyak sekali lokasi wisata alam yang sangat indah. Beberapa lokasi wisata alam tersebut terletak di seputaran lereng gunung Muria sehingga menyajikan pemandangan dan suasana udara yang sangat segar dan sejuk menenangkan. Saat ini beberapa lokasi wisata yang berada di ketinggian tersebut menjadi objek wisata tantangan dan tujuan bagi para goweser atau pesepeda yang menyukai tanjakan sekaligus untuk menguji kekuatan bersepeda mereka.

bukit semliro
Bukit Semliro - Foto Instagram 

Lokasi-lokasi wisata alam ini memang memiliki lokasi yang cukup tinggi di sekitaran 500 sampai 1300 meter diatas permukaan laut. yang cukup agar tetap aman sampai di tujuan. Selain resiko terjatuh karena tanjakan atau turunan, yang perlu diperhatikan adalah faktor kekuatan pernapasan dan jantung. jika Anda memilih untuk datang ke lokasi wisata ini lampu sepeda pastikan anda sudah mempunyai kemampuan untuk bisa mencapai lokasi tersebut dengan aman dan tetap sehat.

6 Lokasi wisata dengan tanjakan menantang di sekitar kota kudus yang menjadi tujuan wisata bersepeda :

1. Taman Ria Colo

Taman Ria colo terletak di kawasan wisata di lereng gunung Muria. Taman wisata ini menyediakan beberapa permainan untuk anak-anak dan tempat bersantai untuk menikmati udara alam yang segar di sekitar Gunung Muria.  bahwa mereka sudah sampai di lokasi ini. 

hal ini merupakan sebuah kebanggaan bisa mencapai lokasi wisata taman Ria colo ini menggunakan sepeda Karena jalur yang ditempuh untuk bisa mencapai tempat ini memang cukup ekstrim dengan tanjakan yang cukup curam dan membutuhkan tenaga dan fisik yang luar biasa. 
setelah mencapai di lokasi taman ria colo ini biasanya mereka akan berfoto lalu beristirahat dan menikmati kuliner khas dari Gunung Muria yaitu pecel Pakis sambil melepas lelah.

Jika anda masih kuat untuk sedikit mengayuh lagi, anda bisa juga menyegarkan diri untuk singgah dan bermain air di Air terjuan Montel yang juga terdapat di  kawasan colo ini.

2. Desa Rahtawu - Semliro

Semliro adalah salah satu lokasi  wisata yang ada di kawasan Desa rahtawu, kecamatan gebog, kabupaten Kudus. Hampir sama dengan tujuan sebelumnya, untuk para goweser samurai merupakan sebuah tantangan untuk bisa dicapai. 

Memiliki ketinggian yang hampir sama dengan taman ria colo tapi dengan jalur yang berbeda. pagi hari atau menjelang matahari terbenam, maka anda akan mendapatkan keindahan alam pegunungan ditambah dengan kecantikan langit pada saat sunset atau sunrise yang sangat sayang untuk tidak diabadikan. untuk menuju ke desa semirau Anda bisa mengambil jalur dari arah kota menuju ke desa gebok lalu terus naik hingga ke Desa Rahtawu.

3. Bukit Puteran

Bukit puteran awalnya adalah merupakan lokasi favorit untuk tempat camping. Bukit puteran terletak di desa Dawe, kabupaten Kudus satu arah menuju ke kawasan colo Gunung Muria. Cara untuk menuju ke bukit puteran hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. memang tidak disarankan untuk ke tempat ini.

Bukit Puteran
Foto : Instagram

Sama seperti dua lokasi sebelumnya bukit putaran juga menjadi salah satu tujuan favorit bagi para goweser penyuka tantangan tanjakan. Saat sampai di lokasi ini kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan suasana alam yang sejuk. Selain itu sambil bersantai menikmati suasana alam yang syahdu kita bisa menikmati kuliner khas daerah setempat yaitu getuk nyimut.

Bukit Puteran camping ground
Foto : Instagram

4. Waduk Logung

Waduk logung terletak di desa kandangmas dan desa Tanjungrejo kabupaten Kudus. kekuatan melewati tanjakan dengan bersepeda. meskipun tidak terlalu tinggi lokasinya namun bagi para goweser pemula untuk bisa mencapai ke waduk logung ini cukup membutuhkan energi dan tenaga yang luar biasa. 

Gerbang waduk logung
Foto Instagram

Salah satu spot atau lokasi berfoto paling banyak adalah di depan gerbang utama waduk logung, hal ini karena lokasi waduk ini belum terbuka untuk umum. Namun bagi goweser penyuka jalur semi offroad biasanya akan mengambil jalur yang sedikit ekstrem untuk bisa mendapatkan spot foto yang indah di atas waduk Logung.
Foto Instagram

5. Bumi perkemahan Kajar

Bumi perkemahan kajar terletak di desa kajar kecamatan Dawe atau sekitar 2 KM sebelum anda mencapai kawasan wisata muria. Bagi Anda yang merasa belum bisa mencapai lokasi taman Ria colo mungkin berhenti sejenak di kawasan bumi perkemahan kajar ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan skill tanjakan anda. 

Foto Instagram

Bumi perkemahan kajar adalah sebuah lokasi kawasan hutan pinus yang dipakai sebagai tempat untuk berkemah pada saat adanya kegiatan pramuka dari sekolah-sekolah di sekitaran Kota Kudus. Namun jika anda ingin bersantai dan menikmati suasana sejuk di sini, Anda cukup membayar tiket masuk yang cukup murah. Di sekitaran kawasan khas daerah setempat yaitu getuk nyimut.

6. Gardu pandang desa ternadi

Wana wisata Desa ternadi Dawe Kudus, lokasi ini pernah menjadi salah satu lokasi untuk event sepeda downhill tingkat nasional. Masih bertempat di lereng gunung Muria yang memang memiliki ketinggian cukup ekstrem sehingga dimanfaatkan sebagai salah satu trek kawasan sepeda downhill. 

Foto : Instagram

Saat ini lokasi di Desa ternadi juga dimanfaatkan untuk tempat wisata keluarga.  suasana alam yang sejuk dan menyegarkan. Terdapat sebuah gardu pandang di puncak bukit Ternate untuk anda menikmatibersama keluarga atau teman terdekat anda. 
bagi para goweser bukit ternadi memiliki sebuah tantangan tersendiri yang cukup menyajikan adrenalin dan mengharuskan anda memiliki kekuatan untuk bisa mencapai lokasi ini.

Nah 6 lokasi wisata di atas memang menjadi tempat favorit tujuan para goweser saat ini. jantung yang mumpuni untuk bisa mencapainya. tetap jaga kondisi di saat pandemi dan juga jangan memaksakan diri untuk demi sebuah gengsi. persiapkan diri anda untuk rute selanjutnya.

Salam sehat dan gowes dari kami redaksi sumber78

Belum ada Komentar untuk "6 Lokasi wisata sekitar Kota Kudus yang menjadi favorit goweser penyuka tanjakan dan keindahan alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel