Gethuk Nyimut khas Kajar Kudus, jadi lokasi dan makanan favorit melepas penat goweser di Kudus

Getuk Nyimut - Satu lagi wisata kuliner khas Kudus yang sedang naik daun dan menjadi favorit akhir - akhir ini di kalangan para goweser dan wisatawan yang berkunjung ke kota Kudus. Gethuk Nyimut adalah makanan olahan berbahan dasar singkong yang direbus lalu dihaluskan, Selanjutnya dibentuk menjadi bulatan dan diisi berbagai macam variasi rasa didalamnya seperti rasa coklat, rasa durian ataupun rasa original,   adonan yang sudah dibentuk ini lalu digoreng.
Getuk Nyimut sangat nikmat dijadikan sebagai makanan camilan sambil menikmati suasana lereng pegunungan muria yang segar dan menyejukkan.

Gethuk Nyimut getuk goreng
Gethuk Nyimut Kajar

Nama Getuk Nyimut diberikan konon berawal dari salah seorang pembeli yang menyebut gethuk goreng ini dengan nama "getuk imut", mungkin karena ukurannya yang kecil, imut dan enak dilihat. Lalu lama - lama penyebutannya berubah menjadi Gethuk Nyimut dan ditambahkan lagi dengan daerah dimana gethuk ini dijual yaitu di daerah Kajar, maka semakin dikenalah makanan ini dengan sebutan 'Gethuk Nyimut Kajar'.

Namun ada juga yang mengatakan kata 'Nyimut' diambil dari bahasa jawa jawa yang artinya mengambil atau mencomot. Jadi getuk nyimut bisa juga diartikan makanan yang dicomot lalu dimakan.. entah mana yang benar.. yang jelas gethuk nyimut adalah makanan khas kudus kang wajib anda cicipi saat berkunjung ke sini.


Desa Kajar terletak di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jika anda akan menuju ke lokasi wisata Rohani Makam Sunan Muria di Colo, maka anda akan melewati desa Kajar ini.  Saat ini di Desa Kajar terdapat beberapa warung yang menjadikan menu Gethuk Nyimut ini sebagai menu utamanya. Umumnya warung-warung ini menyediakan tempat duduk yang enak untuk bersantai sambil menyantap getuk Nyimut yang masih hangat dan sambil didampingi dengan minuman Kopi atau teh hangat lainnya.

Gethuk goreng nyimut
Getuk Nyimut goreng

Beberapa waktu terakhir ini lokasi warung gethuk Nyimut semakin ramai dikunjungi terutama oleh para goweser di Kota Kudus. Selain karena memburu kenikmatan rasa dari gethuk nyimut, goweser juga menjadikan warung-warung gethuk ini sebagai tempat berkumpul dan bertemu dengan sesama goweser sambil melepat lelah setelah menaklukkan tanjakan yang lumaya menguras keringat.

Salah satu warung getuk nyimut yang paling ramai dan banyak dikunjungi adalah warung getuk nyimut bu Leginah yang terletak di Depan Balai Desa Kajar RT 5 Rw 2 , desa kajar , kecamatan dawe Kudus. Biasanya harga getuk nyimut dijual di kisaran 1000-2000 rupiah perbutir, cukup murah namun nikmat dirasakan.

Namun meskipun kita boleh menikmati hangat dan nikmatnya gethuk Nyimut sambil mengobrol bersama teman, pastikan juga kita tetap menjaga protokol kesehatan penvegahan Covid-19 dengan mencuci tangan sebelum makan, menjaga jarak denga sesama pengunjung dan protokol kesehatan lainnya. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita bisa lebih menikmati wisata dan kuliner di Kudus dan di kota - kota lainnya dengan lebih nyaman tanpa rasa kuatir.



Belum ada Komentar untuk "Gethuk Nyimut khas Kajar Kudus, jadi lokasi dan makanan favorit melepas penat goweser di Kudus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel