Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Pijar Park Kudus informasi lengkap harga tiket, fasilitas dan jam buka terbaru

Tempat wisata terbaru yang sedang viral di kota Kudus dan yang akan kita kunjungi kali ini adalah tempat wisata alam yang bernama Pijar Park. 

pijar park kudus wisata

Tempat wisata seperti apa Pijar Park? 

Nama tempat wisata ini mungkin terdengar asing dan unik bagi sebagian sobat traveller terutama yang berasal dari luar kota Kudus. Nama Pijar Park ini sebenarnya diambil dari singkatan dua buah kata yaitu Pinus dan Kajar.

Nama pohon Pinus dipakai karena hampir mayoritas pohon yang ada  lokasi kawasan Pijar Park sebagian besar areanya ditanami dengan Pohon Pinus, sedangkan kata Kajar, adalah diambil dari nama desa yang menjadi tempat lokasi wisata Pijar Park ini berada.

Sejarah singkat tempat wisata Pijar Park Kudus

Pijar Pak Kudus ini dulunya merupakan sebuah kawasan atau tempat yang paling sering digunakan untuk berkemah dan kegiatan acara pramuka pada hari-hari tertentu. Awalnya lokasi ini dulunya memang hanya disediakan untuk kegiatan bumi perkemahan saja dan belum dikelola secara maksimal seperti sekarang ini.

Kawasan Pijar Park atau dulunya yang dikenal dengan lokasi Bumi perkemahan Kajar ini merupakan areal yang menjadi milik perhutani  dan juga dikelola sepenuhnya oleh perhutani pada waktu itu. Namun sejak Maret 2020 lalu pengelolaan bumi perkemahan ini diserahkan kepada lembaga masyarakat desa hutan desa kajar. 

Dan dengan kreativitas Pemuda dan pemudi masyarakat desa Kajar, tempat ini disulap menjadi tempat wisata yang lebih menarik dan memiliki banyak fasilitas hingga akhirnya menjadi viral dan menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat kota Kudus dan sekitarnya saat ini.

Tempat wisata yang terletak di lereng gunung Muria ini menawarkan suasana asri khas pegunungan nan sejuk dan juga menawarkan keindahan suasana alam hutan alam pinus yang masih alami namun sudah ditambah dengan fasilitas pendukung yang cukup komplit untuk wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Wahana Camping ground pijar park


Meskipun tergolong baru dan belum lama diresmikan pembukaannya, namun lokasi wisata Pijar Park yang ada di kota kudus ini tak kalah indahnya dengan tempat wisata bernuansa hutan pinus lainnya seperti Lawu Park yang terletak di kabupaten Magetan yang sudah lebih dulu dikenal dikalangan wisatawan dan traveller sebelumnya.

 Apa saja fasilitas yang disediakan di tempat wisata pijar Park ?

Meskipun tergolong baru dan belum lama diresmikan namun Pijar Park memiliki fasilitas yang lengkap, Pijar Park juga merupakan lokasi wisata alam yang cukup komplit untuk berwisata dan digunakan sebagai kegiatan lain seperti camping, outbound dll. 

Tempat wisata pijar Park terbagi dalam beberapa area seperti area yang khusus digunakan untuk camping, kegiatan outbound dan juga playground. Pijar Park juga menyediakan fasilitas untuk memanjakan pengunjung agar bisa lebih nyaman menikmati suasana alam sambil menikmati hidangan di restoran serta Cafe dan juga dengan foodcourt yang terdapat di Lokasi ini.

Untuk fasilitas lokasi parkir di pijar park terbagi dan dipisahkan antara tempat parkir kendaraan roda 2 dan roda 4, keduanya memiliki area yang  cukup luas sehingga mampu menampung jumlah kendaraan yang cukup banyak.


Dan bagi Anda yang tertarik untuk menginap sambil menikmati suasana malam hari di lereng gunung muria, pengelola lokasi Pijar Park menyediakan persewaan peralatan camping lengkap seperti tenda dan kelengkapan lainnya, atau anda juga bisa menginap di kamar hotel bernuansa etnik yang bisa anda gunakan untuk tempat menginap bersama keluarga atau orang tersayang.

Sambil berjalan-jalan menikmati kesejukan suasana alam hutan pinus, pengunjung juga bisa mengambil beberapa foto di beberapa lokasi yang telah disediakan dan ditata sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan foto yang cantik untuk dipajang di media sosial anda.

Jika anda sudah puas berjalan jalan menghirup udara segar di kawasan hutan pinus Pijar Park, duduk menikmati secangkir kopi atau teh hangat di Foodcourt atau restauran sambil menikmati live musik juga bisa anda lakukan di Lokasi Wisata Pijar Park ini.

Wana wisata pijar park kudus

Jam buka, harga tiket masuk dan harga menu makanan terbaru di  Pijar Park Kudus

Untuk menikmati keindahan alam dan suasana menyegarkan di Pijar Pak Kudus, Anda bisa datang mulai dari pagi hari hingga malam hari. Dulunya jam operasional hanya dibatasi mulai jam 07.00 pagi hingga jam 06.00 sore, namun saat ini pengunjung bisa datang dan menikmati suasana malam hari ditemani lampu-lampu yang cukup indah sambil menikmati makanan dan minuman ringan yang disediakan di cafe dan restoran yang ada di Pijar Pak ini.

Harga tiket masuk ke Pijar Park Kudus termasuk cukup murah dan sangat terjangkau yaitu sebesar rp5.000 per orang ditambah dengan tiket parkir sebesar rp2.000 untuk sepeda motor dan rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Untuk harga makanan dan minuman yang disediakan di restoran dan cafe yang ada di Pijar Park, menurut saya harga makanan dan minuman disini  masih cukup terjangkau dan wajar, hampir tidak ada bedanya dengan harga makanan dan minuman yang ada rumah makan atau cafe yang ada di luar tempat wisata ini.

akses dan alamat menuju ke lokasi Pijar Park Kudus

Akses untuk menuju ke lokasi tempat wisata Pijar Park ini sangat mudah dan nyaman untuk dilalui, aksesnya juga dijangkau, dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat kita hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Kudus menuju ke arah Gunung Muria untuk bisa sampai ke lokasi Wisata Pijar Park.

Untuk menemukan lokasi wana wisata Pijar Park yang terletak di desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah ini, Anda cukup mencarinya dan akan anda  temukan dengan mudah melalui maps online. Ketikkan kata kunci wisata Pijar Park dan ikuti arahan dari maps online untuk menuju ke Lokasi Pijar Park.

Jika Anda memiliki rencana berlibur ke kota Kudus, pastikan anda singgah dan berlibur bersama keluarga menuju ke Pijar Park Kudus, dan nikmati keindahan suasana hutan alam pinus yang indah, alami  menyejukkan.

Selamat berlibur sobat traveller 


Posting Komentar untuk "Wisata Pijar Park Kudus informasi lengkap harga tiket, fasilitas dan jam buka terbaru"