Kandungan Gizi Ikan Patin untuk kesehatan Tubuh Kita

Kandungan gizi ikan patin bagi kesehatan - Ikan patin merupakan salah satu jenis bahan masakan yang berasal dari air tawar atau payau. Ikan Patin sering di olah dengan berbagai resep dan cara memasak yang berbeda sesuai dengan daerah atau kebiasaan masyarakat yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkannya juga tergolong mudah dan harganya juga cukup terjangkau.

Ikan patin memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Ikan patin mengandung protein dan asam amino esensial yang baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Selain itu daging ikan patin juga memiliki kandungan lisin dan arginine yang juga terdapat pada susu segar dan daging hewan. Namun kandungan yang dimiliki ikan patin memiliki kadar yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu dan daging.

Selain Protein, ikan patin juga memiliki kandungan lisin atau asam amino esensial dalam jumlah yang cukup banyak. Lisin yang memiliki manfaat untuk tubuh kita sebagai antibodi, membantu memperlancar sirkulasi dalam tubuh dan pertumbuhan sel-sel normal tentunya akan sangat memberikan manfaat jika kita konsumsi secara rutin. 

Selain itu, manfaat lain dari lisin adalah mampu membentuk jaringan kolagen bersamaan dengan polin dan vitamin C. Manfaat dari pembentukan jaringan kolagen ini adalah mampu membantu mengontrol kadar trigliserida yang berlebihan dalam tubuh kita. 

Dengan terpenuhinya kadar lisin dalam tubuh, maka kita akan terhindar dari resiko yang diakibatkan jika tubuh kita kekurangan Lisin yang ditandai dengan gejala-gejala seperti mudah lelah, sulit berkonsentrasi, kerontokan rambut, anemia , pertumbuhan yang terhambat dan resiko lainnya.

Selain lisin tadi juga kita telah sebutkan bahwa Ikan Patin juga mengandung Arginine yang mempunyai manfaat dalam membantu menjaga dan meningkatkan imunitas, membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan menurunkan resiko terjadinya penyakit kangker dan mencegah pertumbuhan tumor.

Ikan patin juga memiliki kandungan Omega 3 seperti kebanyakan ikan begizi lainnya, meskipun kandungan omega 3 yang dimilikinya memiliki kandungan yang lebih sedikit dari ikan lain seperti salmon atau bandeng.  

Ikan patin juga memiliki kandungan lemak yang cukup rendah bahkan lebih rendah jika dibandingkan kandungan lemak dari daging dan ayam. Beberapa kandungan nutrisi lain yang juga dimiliki Ikan patin antara lain seperti mineral sodium, kalium, magnesium dan kalsium.

Nah , banyak sekali bukan manfaat ikan patin yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi nya. Mari kita ikut sukseskan program pemerintah dengan mengkonsumsi ikan lebih banyak agar kita dan generasi berikutnya selalu sehat dan kuat.





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url