Resep Sambal Dabu Dabu Asli Manado yang Mudah,Lezat dan Cepat dibuat.

Jika anda sedang, atau pernah berkunjung ke Manado dan sempat berburu wisata kuliner di sana, tentunya sempat mendengar dan mungkin malah sudah sekalian  mencicipi masakan asli Manado yang biasanya didampingi dengan sambal Dabu Dabu khas Manado.

Sambal dabu dabu memang menjadi favorit bagi mereka yang sangat menyukai masakan yang pedas. Sekilas tampilan sambal dabu dabu hampir mirip dengan sambal matah, bedanya untuk sambal dabu dabu biasanya lebih banyak campuran air atau minyak jika dibandingkan dengan sambal matah.
Sambal dabudabu biasanya sangat cocok digunakan sebagai pendamping saat menyantap masakan seperti ikan bakar atau ikan goreng atau makanan lain yang tak berkuah. Rasa pedas dan sensasi uniknya akan menambah kelezatan dari menu utama yang akan kita santap.

Nah jika anda ketagihan dan ingin merasakan sensasi menikmati kelezatan dan sensasi pedas sambal dabu dabu khas Manado itu, mungkin anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan untuk membuat sambal dabu dabu mudah didapatkan dan Cara membuatnya pun tidak sulit. 
Langsung saja simak dan praktekkan resep berikut ini yuk.

Cara Membuat Sambal Dabu Dabu Asli Manado

Bahan-bahan untuk membuat sambal dabu dabu :

  • 3 Buah Cabe merah, buang bijinya lalu potong dengan ukuran kurang lebih 1 cm.
  • 10 buah cabe rawit, iris tipis tipis menyerong agar tampak manis tampilannya.
  • 5 siung bawang merah, iris atau cincang kecil kecil
  • 1 buah Tomat merah, buang isinya, potong kecil kecil.
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 ikat kemangi potong dan ambil daunnya saja 
  • Garam dan gula secukupnya sesuai selera
  • Minyak goreng
  • Air 

Langkah-langkah membuat sambal dabu-dabu

  1. Yang pertama kita lakukan adalah mencuci bersih semua bahan untuk membuat sambal dabu dabu, biasakan menggunakan air mengalir saat mencuci sayuran yang akan kita masak.
  2. Iris dan potong bahan bahan pembuat sambal dabu dabu seperti cabe merah, cabe rawit, tomat, bawang merah dan bawang putih lalu sisihkan.
  3. Masukkan semua bahan yang sudah kita potong potong kedalam sebuah baskom atau wadah untuk mencampur semuanya.
  4. Campur secara merata semua bahan yang ada di wadah tadi dan tambahkan air perasan jeruk nipis.
  5. Tambahkan gula, garam kedalam bahan bahan yang telah dicampur dan dikucuri jeruk nipis sebelumnya. Aduk sekali lagi sampai merata dan bahan bahan terlihat sedikit layu. 
  6. Tambahkan air kedalam adonan diatas dan diamkan sejenak.
  7. Selanjutnya kita siapkan wajan penggorengan dan masukkan minyak goreng , biarkan memanas supaya minyak siap untuk kita pakai menyiram bahan bahan sambal dabu dabu.
  8. Matikan kompor, tuangkan minyak yang sudah panas ke dalam bahan sambal dabu dabu.
  9. Sambal dabu dabu khas manado siap untuk kita hidangkan bersama menu santapan lain seperti seafood, ikan goreng atau ikan bakar..
10. Selamat mencoba