6 Makanan Khas Cirebon yang paling saya suka, anda wajib juga mencobanya

Makanan khas Cirebon - Setiap Kota Di daerah pantura terkenal memiliki aneka kuliner yang memiliki citarasa dan keunikan khusus menjadi salah satu tujuan wisatawan, Cirebon salah satunya. 

Cirebon atau yang terkenal dengan nama sebutan kota udang juga memiliki beberapa kuliner khas yang bisa kamu coba cicipi saat berkunjung disana. 

Nah bagi sobat traveller yang sedang berada di Cirebon dan sedang bingung mencari rekomendasi kuliner di sana. Berikut ini kami coba sajikan 5 Pilihan Menu Kuliner Khas Cirebon yang wajib kamu cicipi.

6 Menu Kuliner Khas Cirebon paling terkenal

1. Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon rekomendasi saya yang pertama. Sepintas empal gentong mirip dengan Gulai. Kuahnya berwarna kuning kental yang terlihat sangat lezat dan menggoda untuk dimakan. Empal gentong biasanya menggunakan irisan daging sapi, usus dan babat sebagai menu utamanya. 

Keunikan empal gentong terdapat pada cara memasaknya yang masih menggunakan metode tradisional yaitu menggunakan gentong atau kuali yang terbuat dari tanah dan masih menggunakan api bakar. Metode cara memasak inilah yang konon katanya membuat rasa dan aroma masakan lebih meresap dan tentunya membuatnya menjadi lebih lezat.

Rekomendasi warung empal gentong di Cirebon.

Sebagai makanan khas dari Kota Cirebon, tentunya kita tak akan kesulitan untuk menemukan rumah makan yang menjual menu masakan ini. Tetapi kami akan coba merekomendasikan Rumah Makan H. Apud sebagai salah satunya. Rumah makan empal gentong H.Apud memiliki 3 cabang yaitu terletak di Jl Tuparev, Jalan Juanda dan kawasan Sentra Batik Trusmi.

Harga per Porsi empal gentong di Warung H. apud dijual di kisaran harga antara 25-30 ribu rupiah. Dan jika anda menghindari atau tidak menyukai makanan berkuah, maka anda bisa memilih menu makanan lain yang juga disediakan di Rumah Makan ini, Empal Asam salah satunya.

Pengen coba buat masakan empal gentong di rumah ? Cobain Resep ini : Resep Membuat empal gentong asli cirebon

2. Empal Asam

Empal asam cirebon adalah alternatif menu pilihan bagi anda yang kurang menyukai makanan bersantan atau sedang berusaha mengurangi kadar kolesterol.
Seperti empal gentong, daging yang digunakan sebagai menu utama empal Asem adalah daging sapi, daging babat, usus dan Kikil. 

Empal Asam Memiliki citarasa asam dan gurih yang sangat lezat dan membikin kita berkeringat saat menyantap makanan ini saking lezatnya. Rasa Asam diperoleh dari kesegaran buah blimbing wuluh yang dipakai sebagai salah satu racikan resepnya.

Untuk bisa mencicipi empal gentong anda bisa mampir juga ke Rumah Makan H. Apud atau di rumah makan lainnya yang ada di Kota Cirebon. Harga per porsi di kisaran 25 ribu hingga 35 ribu rupiah.

3. Mi Koclok

Mi Koclok, nama yang unik bukan.. sebenarnya nama ini adalah nama singkatan yang dibuat oleh masyarakat cirebon, Yang pertama memberikan nama mi Koclok adalah Pak Edi, seorang penjual mi di Cirebon pada awal tahun 1945 .. "Mi Khasnya Orang Cirebon Lebih Okay" ... Hahaha.. ada-ada saja ya. 

Mie Koclok adalah mie yang dibuat dari mie basah dan ditambahkan dengan bumbu dan resep masak pilihan. Disajikan dengan daun bawang, daun kol, tauge dan telur rebus. Harga per porsi mie Koclok cukup terjangkau, per Porsi mi Koclok biasanya dijual sekitar 10 ribu rupiah saja. Anda wajib mencobanya saat berada di Kota Cirebon.

4. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot menurut saya adalah cemilan atau makanan ringan yang pedas menyegarkan khas Kota Cirebon.

Tahu Gejrot dibuat dari tahu yang di potong dadu kemudian digoreng. Setelah itu potongan tahu goreng disiram dengan semacam kuah kecap yang diberi ulekan bawang putih, air asem dan cabe.. hmmm... Pedas, seger dan enak lho..

5. Nasi Lengko

Nasi Lengko konon katanya berasal dari Kata Nasi Langka yang artinya tidak ada atau jarang ada. Yang dimaksud jarang ada ternyata adalah lauk pauk yang disertakan dalam satu porsi nasi lengko.

Mungkin memang benar, karena sepertinya nasi lengko hanya menggunakan campuran nasi dan sayuran seperti tahu, tempe, tauge, daun kucai, potongan mentimun, bawang goreng dan disiram dengan sambel kacang dan kecap. Terdengar sangat sehat dan minim kolesterol ya.. hehehe..

Meskipun penuh kesederhanaan, tapi saya juga memilih nasi lengko sebagai menu favorit yang selelu saya pilih saat berkunjung ke Kota Cirebon.

6. Docang

Docang adalah makanan khas Cirebon berkuah yang terdiri dari irisan lontong, parutan kelapa, daun singkong yang sudah direbus, daun Kucai, tauge dan taburan kerupuk. 
Docang memiliki citarasa yang sedikit pedas dan segar di mulut. Untuk menikmati seporsi  makanan Docang anda hanya perlu membayar seharga 10 ribu rupiah saja. Penjual Docang mudah sekali anda temukan di sepanjang jalan di Kota Cirebon di kawasan pedagang Kaki lima. 

Nah bagaimana sobat Kuliner, jangan lupa disimpan dulu ya menu kuliner khas cirebon ini. Jika kebetulan berkunjung kesana anda wajib untuk mencicipinya.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya ya. 
Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "6 Makanan Khas Cirebon yang paling saya suka, anda wajib juga mencobanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan Bawah Artikel