6 Kuliner Halal dan Unik khas Manado yang wajib dicicipi untuk Wisatawan Muslim

Kuliner Halal Khas Manado - Manado adalah ibukota Sulawesi Utara yang memiliki banyak sekali potensi lokasi wisata. Dua tempat wisata yang populer diantaranya adalah Taman Nasional Bunaken dan Pulau Siladen yang terkenal dengan keindahan pantai dan wisata alam bawah lautnya.

Namun di artikel kali ini kami akan mengajak anda untuk mengeksplore terlebih dahulu untuk wisata kuliner khususnya untuk Kuliner Halal yang ada di Manado terlebih dahulu. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Kota Manado memiliki keberagaman kultur dan agama yang berbeda beda. Tentunya ini juga berpengaruh untuk menu kuliner yang dimilikinya. Dan untuk wisatawan muslim yang datang ke Manado tentunya harus sedikit lebih pintar menentukan menu Halal yang akan di santap saat berwisata di Menado.

6 Kuliner Halal Khas Manado yang lezat dan wajib kamu coba

1. Tinutuan

Kredit foto : Instagram @Dhilasina

Tinutuan atau dikenal dengan Bubur Manado merupakan makanan yang dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Anda akan dengan mudah menemukan rumah makan yang menyajikan Tinutuan hampir di seluruh wilayah di Manado.

2. Dabu-Dabu

Dabu-dabu sebenarnya adalah sebutan untuk sambal khas daerah Manado. Namun sambal dabu dabu berbeda dengan sambal dari daerah lain pada umumnya.
Salah satu yang terkenal adalah dabu-dabu Roa. Dabu dabu roa dibuat menggunakan ikan Roa atau sejenis ikan terbang yang cukup mahal harganya, tentunya Menyantap ikan bakar dengan dilengkapi Dabu Dabu Roa akan membuat makanan menjadi lebih terasa spesial dan hanya anda bisa rasakan di Manado.

3. Woku Blanga

Woku Blanga adalah menu olahan ikan laut khas Manado yang bercitarasa asam dan pedas. Jenis Ikan yang dipakai antara lain seperti Kerapu, ikan nila, ikan mas atau hasil laut lainnya seperti kepiting dan udang.

Ikan dimasak dengan cara yang khas yaitu menggunakan belanga atau wadah masak tradisional yang biasanya terbuat dari tanah liat, kemudian diberi bumbu-bumbu rempah dan ditambahkan daun jeruk, daun pandan, serai, kunyit dan cabe. 

4. Pisang Goreng Manado 

Pisang goreng, mungkin terdengar wajar dan biasa untuk dikategorikan sebagi sebuah makanan khas suatu daerah. Ya, anda benar..ini memang sama dengan pisang goreng yang sering kita temu di daerah - daerah lain. 

Tetapi yang unik dan hanya kita temukan di Manado adalah cara menyantap pisang goreng yang menggunakan sambal dabu dabu sehingga menjadikannya terasa berbeda. Selain itu jika anda berkunjung ke sebuah daerah yang bernama Sabuah Bulu di Malayang, menyantap pisang goreng dengan sambal dabu dabu roa di saat senja dan sunset tiba adalah suatu keunikan yang hanya bisa kamu rasakan di Manado.


5. Klappertaart


Klappertaart adalah Kue Khas Manado yang merupakan peninggalan jaman kolonial belanda. Nama Klappertaart merupakan penggabungan dari dua kata dalam bahasa belanda yang berarti buah dan Kue.
Saat ini kue yang bercitarasa manis dan lembut klappertaart ini memang sudah menjadi salah satu menu oleh-oleh khas Menado yang wajib kamu bawa pulang setelah berkunjung kesana.

6. Gohu

Gohu adalah makanan yang dibuat dari pepaya mengkal yang diambil dagingnya dan diiris memanjang. Kemudian irisan daging pepaya itu dimasukkan kedalam sejenis kuah yang dibuat dari campuran air, Cuka, cabe yang dihaluskan, gula aren, Bekasang (makanan fermentasi dari jeroan ikan) dan jahe.

Sepintas mirip dengan asinan khas jawa barat. Namun Gohu lebih berasa antara rasa manis, asam dan pedas yang berasal dari cabe dan jahe.

Belum ada Komentar untuk "6 Kuliner Halal dan Unik khas Manado yang wajib dicicipi untuk Wisatawan Muslim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan Bawah Artikel