5 Masakan khas Pati yang lezat dan wajib anda cicipi saat berkunjung kesana

Masakan Khas Pati - Kabupaten Pati adalah salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah, terletak di pesisir utara jawa tengah  antara kabupaten Kudus dan Kabupaten Rembang.

Selain terkenal dengan sebutan bumi mina tani, kabupaten pati juga memiliki banyak sekali kekayaan wisata kuliner lho, Jadi jika anda punya rencana berkunjung ke Kota Pati jangan lupa ya untuk mencicipi beberapa kuliner khas Pati yang dijamin enak dan lezat.

Berikut ini beberapa keunikan kuliner khas pati yang wajib anda cicipi kelezatannya :

1. Nasi Gandul Pati

Makanan asli kota pati yang paling populer adalah nasi gandul. Dalam satu porsi nasi gandul biasanya akan berisi nasi yang dipadukan dengan kuah semur coklat yang kental, kemudian  ditambah dengan pilihan lauk yang berupa potongan daging atau jeroan  yang bisa anda pilih sesuai selera. 

Biasanya pilihan lauk yang tersedia untuk bisa anda jadikan pilihan saat makan nasi gandul adalah daging sapi, jeroan limpa, paru, lidah sapi, usus atau telor ayam.

Nasi gandul memiliki citarasa yang agak manis dan sedikit pedas. Jika ingin mencicipi nikmatnya nasi gandul, anda bisa datang ke desa Gajah mati di Kota Pati, disini banyak warung legendaris yang menjual nasi gandul yang bisa anda pilih untuk menikmati kelezatan kuliner khas pati yang satu ini.

2. Soto Kemiri Khas Kota Pati

Soto adalah salah satu jenis masakan asli Indonesia yang dimiliki oleh beberapa daerah yang ada di Indonesia dengan berbagai keunikannya yang berbeda-beda. 

Nah, mungkin anda sudah pernah mendengar atau bahkan malah sudah  mencicipi lezatnya soto kudus, soto lamongan, soto tauto pekalongan dan soto-soto lainnya, jangan lupa untuk menyempatkan juga mencicipi soto kemiri khas kota pati jika anda sedang singgah di kota ini.

Soto Kemiri, sesuai namanya soto ini  memang memakai bumbu salah satunya adalah kemiri, namun selain itu bukan  kebetulan juga jika soto yang paling terkenal di Kota Pati ini terdapat di salah satu Desa di Kota Pati yang bernama desa Kemiri. 

Ciri khas Soto kemiri yaitu cenderung memiliki kuah yang agak kental berwarna kuning yang berasal dari bumbu yang menggunakan kemiri sehingga memiliki citarasa lezat serta  menggoda untuk di santap dan membuat banyak orang menyukainya.

3. Petis Tangkar desa Runting

Mendengar kata petis, yang terbayang di benak kita mungkin adalah petis yang dibuat dari bahan ikan laut yang biasanya berwarna hitam dan biasa dimakan dengan tahu goreng atau yang sering kita kenal dengan nama tahu petis. 

Tapi kalau petis yang berasal dari daerah trangkil kota pati ini ternyata berbeda dengan petis yang seperti kita ketahui pada umumnya. 

Petis tangkar ini adalah sebuah makanan berkuah yang merupakan olahan dari sumsung tulang kambing atau dari iga kambing yang dimasak  dengan tepung jagung dan memiliki tampilan yang sepintas mirip dengan gulai.

Rasanya sangat lezat lho, wajib anda coba saat singgah di kota pati agar hilang rasa penasaran. 

Karena Kebanyakan penjual petis tangkar berada di desa runting kabupaten pati, makanya banyak yang menyebut dengan nama petis tangkar khas Runting.

4. Mangut Kepala Manyung

Manyung adalah sebutan untuk sejenis ikan laut memiliki ukuran cukup besar , bisanya ikan manyung akan diolah dengan cara diasap agar menjadi lebih tahan lama. 

Sesuai nama masakan ini, masakan ndas atau kepala manyung ini hanya mengambil bagian kepala ikan Manyung saja, yang kemudian diolah menjadi sebuah  makanan lezat bercitarasa sedikit pedas.

Keunikan dari makanan ini adalah anda harus sedikit berjuang mencari daging yang ada di bagian - bagian kepala ikan manyung ini saat sedang menikmatinya. Dan sensasi makan seperti inilah yang menjadikan masakan manyung semakin terasa lezat saat dinikmati . 

Salah satu warung makan yang menjual kepala manyung paling terkenal berada di kota pati terletak di sebelah utara alun-alun juwana yang merupakan salah satu daerah kecamatan yang ada di kota Pati. Selain menyediakan olahan kepala manyung, warung ini menyediakan menu olahan laut lainnya.

5. Sayur atau Kelo Mrico

Sayur Mrico atau oleh warga setempat disebut dengan kelo mrico. Biasanya kelo mrico memakai bahan ikan laut seperti kerapu, kakap atau ikan manyung. Kuah dari kelo mrico berwarna kuning bening dan cenderung pedas yang berasal dari pedasnya merica.

Kalau anda ingin mencicipi masakan ini, cobalah datang ke daerah juana atau ke perbatasan rembang kaliori, banyak kedai dan rumah makan yang menjual makanan pedas dan nikmat ini.

Buat Yang ingin mencoba mencicipi dan membuat sendiri Sayur Kelo Mrico bisa lihat Resep dan cara Pembuatan Kelo Mrico Ikan patin bisa lihat di Blog ini di menu Kuliner atau Resep ya..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url