Cara membuat soto tauto ayam Pekalongan paling mudah

Berkunjung ke Kota Batik Pekalongan rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Kota Pekalongan. Selain Nasi Megono ternyata ada satu lagi makanan paling khas menurut saya yang wajib untuk anda cicipi. Soto Khas asli Pekalongan atau Tauto Pekalongan.
Tauto pekalongan
Tauto atau Soto Khas Pekalongan

Soto khas pekalongan ini memang cukup berbeda dibanding soto - soto lain yang pernah saya rasakan. Rasanya benar benar unik di lidah, cenderung pedas, manis namun ada rasa asamnya juga. Konon nama Tauto diambil dari singkatan Tauco Soto.

Tauco adalah Bahan utama dari soto pekalongan ini. Tauco adalah bumbu yang berasal dari biji kedelai yang direbus, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu lalu difermentasikan. Rasa khas dari tauco ini adalah asam dan manis. Konon katanya bumbu Tauco ini bisa bertahan sampai beberapa bulan lamanya untuk bisa dipakai.

Tauco
Tauco

Kembali ke Tauto Pekalongan, Soto khas pekalongan ini memiliki citarasa yang cenderung pedas dan manis. Dulunya tauto pekalongan menggunakan daging kerbau sebagai pilihan utama, namun mungkin karena mengikuti selera pasar, saat ini Tauto Pekalongan memakai daging sapi sebagai pilihan utama.

Bagian Daging sapi yang digunakan biasanya menggunakan daging yang terletak di bagian bawah dada (masyatakat jawa menyebutnya sebagai daging sandung Lamur) . Daging ini dipilih karena memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut dibanding bagian lainnya sehingga menambah nikmat waktu disantap.

Nah, jika biasanya Tauto menggunakan daging sapi atau kerbau, apakah bisa jika kita memakai daging ayam sebagai penggantinya.. jawabnya..bisa banget.. cara dan pembuatannya pun tidak berbeda , hanya tinggal mengganti daging sapi dengan daging ayam sesuai resep berikut ini :

Resep Cara membuat Tauto Ayam  Pekalongan untuk 4 porsi hidangan

Bahan - bahan :

1/2 kg Daging sapi / kerbau yang tidak berlemak (sandung lamur) atau diganti daging ayam 
50 gram soun yang sudah diseduh dan ditiriskan
1750 ml air untuk direbus
3 sdm minyak goreng

Bumbu - bumbu soto pekalongan :

4 cabai merah 
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 sdm tauco
2 batang serai dimemarkan
2 lembar daun salam
1/2 sdt merica utuh
1/4 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdt garam halus
1 sdt cuka makan

Cara Membuat Tauto Pekalongan :

Siapkan air yang sudah direbus. Lalu masukkan daging bersama serai, dan daum salam hingga empuk. Angkat , kemudian potong dadu lalu masukkan kembali ke air rebusan lalu kecilkan api.

Selanjutnya kita persiapkan bumbunya. Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica. Tumis dengan minyak secukupnya sampai tercium aroma harum dan berwarna kecoklatan. 

Masukkan bumbu kedalam air rebusan kaldu lalu tambahkan tauco dan pala bubuk kedalamnya. Selanjutnya masukkan gula, garam dan cuka dan biarkan masak hingga mendidih.

Cara penyajian :

Untuk penyajian biasanya anda akan diberikan dua pilihan , disajikan dengan nasi atau dengan irisan lontong. Atur potongan lontong atau nasi ke dalam mangkuk saji, kemudian tambahkan soun diatasnya dan siram dengan kuah dan irisan daging. Untuk mempercantik dan menambah cita rasa anda bisa menaburi potongan kucai dan bawang goreng diatasnya. 

Taraaa.. Tauto khas Pekalongan siap untuk disajikan ..

Sambil menikmati hidangan tauto ini, berikut kami tambahkan tips untuk  bagaimana memilih tauco yang berkualitas baik. Biasanya Tauco yang berkualitas baik yaitu yang masih ada biji kedelai secara utuh dan baunya tidak apek ( khas aroma tauco)

Selamat menikmatiiii ..






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat soto tauto ayam Pekalongan paling mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel