8 Referensi terbaik lokasi wisata di Solo dan Sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan

Heritage palace solo
The Heritage Palace Solo

Kota Solo menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang paling sering dikunjungi. Hal ini mungkin karena Solo memiliki banyak sekali lokasi wisata alam maupun lokasi wisata budaya yang sudah sangat terkenal karena keindahan dan keunikannya.

Selain itu, Letaknya yang sangat strategis, ditambah dengan segala kemudahan akses menuju ke Kota Solo ,membuat kota ini memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit oleh siapapun baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisatawan bisa menuju Solo dari banyak kota di Indonesia baik melalui jalur darat atau melalui Jalur Udara. Ini dikarenakan Solo memiliki bandar udara International yang pastinya bisa diakses dari manapun.

Selain itu akses kereta api dan jalur transportasi darat pun sudah tersambung ke hampir seluruh daerah di Jawa. Yang memudahkan akses kita untuk berwisata ke Kota Solo 

Tak perlu berlama lama lagi, berikut ini kami sajikan 10 Lokasi wisata di sekitar Solo yang sedang Hit dan banyak dikunjungi wisatawan :

1. Kraton Surakarta Hadiningrat

Kraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744. Bangunan keraton ini dibuat sebagai pengganti dari kraton sebelumnya yang rusak karena adanya kerusuhan pada saat itu.
Disini kita bisa puas menikmati dan mengagumi arsitektur yang unik yang dimiliki oleh keraton Surakarta ini. Kita juga bisa menikmati keindahan beberapa Pusaka Kerajaan seperti keris dan kereta kencana milik Kraton Surakarta.
Saat malam tiba kita juga bisa bersantai menikmati keindahan lingkungan di seputar kerataon Solo yaitu di Alun-alun Surakarta yang terletak persis di depan Kraton Solo ini 

2. The Heritage Palace SOLO

Tempat ini merupakan sebuah bangunan lama yang diubah menjadi sebuah lokasi swafoto instagramable yang lengkap. 
Di the heritage palace ini anda bisa menemukan banyak sekali lokasi swafoto yang sangat indah. 
Selain itu disini juga tersedia musium 3D, rumah terbalik dan tempat makan dan bersantai bersama keluarga.
Lokasinya hanya berjarak sekitar 10 km dari kota solo, sudah masuk wilayah sukoharjo sebenarnya. Hampir sama dengan The Tjolomadoe, Lokasi ini juga dulunya merupakan bekas pabrik gula juga.
Dari beberpa komentar pengunjung yang sudah pernah ke tempat ini, waktu terbaik untuk berkunjung ke The Heritage Palace ini disarankan pada saat malam hari. Mungkin karena efek bangunan kuno yang dihiasi dengan pencahayaan yang indah.
3. Taman Sriwedari Solo
Taman sriwedari solo atau juga dikenal dengan nama Tamah Hiburan Rakyat (THR) ini merupakan sebuah lokasi dimana kita bisa bersantai sambil mengenal budaya solo lebih dekat lagi.
Ada beberapa hal unik yang bisa anda dapatkan di Taman Sriwedari ini, antara lain seperti pertunjukan wayang orang yang diadakan secara rutin di sebuah gedung Khusus, atau kegiatan malam selikuran yang diadakan setiap malam tanggal 21 penanggalan jawa.
Gedung Wayang Orang
Tradisi malam selikuran

4. Grojogan sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu tawang mangu ini sebenarnya terletak di kabupaten karanganyar, namun jika anda sudah berada di kota solo, untuk menuju kw lokasi ini anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama dan akses menuju ke grojogan sewu inipun tergolong mudah.

Letaknya yang berada di kaki gunung Lawu membuat suasana pada saat berkunjung ke grojogan sewu ini terasa segar dan menyejukkan.

Nama grojogan sewu diambil dari sejarah orang tua kita pada jaman dahulu yang mengukur ketinggian air terjuan ini setinggi sewu pecak ( seribu tapak kaki). Akhirnya hingga saat ini grojogan sewu menjadi nama yang dikenal hingga saat ini.
Salah satu kuliner khas yang disajikan di tempat ini adalah sate kelinci.

5. Eks Pabrik Gula The Tjolomadu

The Colomadu 

Lokasi wisata yang merupakan bekas pabrik Gula yang didirikan pada tahun 1861 ini sekarang bertransformasi menjadi sebuah lokasi wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. 

Lokasi ini menjadi favorit tempat berswafoto. Kita akan diajak kembali ke jaman kolonial dengan bangunan pabrik yang dibuat pada jaman Pemerintahan Belanda dulu. 
Selain itu kita juga bisa mengajarkan wisata edukasi tentang bagaimana proses produksi gula yang kita konsumsi kepada anak anak kita.

6. Pusat Grosir dan Pasar Batik Solo

Berwisata rasanya tak lengkap tanpa belanja oleh - oleh untuk keluarga tercinta. Dan salah satu ciri khas keunikan kota Solo adalah batik bermotif khas solo 
Di Kota Solo ada sebuah tempat yang menyediakan berbagai macam oleh oleh khas solo terutama batik. Terletak di ujung jalan utama kota di Jalan Supriyadi Solo yang diberi Nama Pusat Grosir Solo (PGS). 

Disini anda bisa puas berbelanja batik dengan berbagai model ataupun corak. Andapun bisa menawar harga meskipun anda berbelanja eceran ataupun Grosir.


7. Ponggok Umbul Sidomukti

Nah, siapa yang nggak pernah dengar nama tempat wisata Ponggok Umbul Sidomukti ini? Memang sih letaknya sudah nggak berada di kota Solo, namun kalau kamu mau menuju kesini dari kota Solo lokasinya nggak jauh-jauh amat kok.
Umbul Ponggok Sidomukti adalah sebuah tempat pemandian alam yang berada di kota Klaten tepatnya di desa Ponggok. Kolam airnya berasal dari mata air pegunungan sehingga terasa segar menyejukkan. Ditambah lokasi ini masih berada tidak jauh dari lereng merapi sehingga menambah sejuk udaranya.

Tempat ini sempat menjadi viral karena menyediakan lokasi swafoto bawah air dengan berbagai objek unik mulai daei becak sampai motor Nmax sebagai objek fotonya.
Jadi sangat sayang sekalai menurut saya kalau anda sudah berada di Kota Solo tapi tidak sekalian mampir ke Unggul Ponggok siodmukti ini.

8. Kebun Binatang Jurug Solo

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata Solo juga memiliki sebuah kebun binatang dengan spesies yang cukup banyak juga. 
Lokasi kebun binatang solo yang berada di Jl. Ir. Sutami ini paling ramai dikunjungi pada saat weekend. Dengan tiket masuk yang cukup murah meriah, lokasi kebun binatang ini bisa menjadi alternatif wisata alam dan edukasi untuk anda sekeluarga.
Disini anda bisa menikmati keanekaragaman satwa dan juga bisa menaiki beberapa satwa seperti gajah, onta dll.

Pada saat malam hari, kebun binatang solo ini juga dihiasi dengan sebuah air terjun menari yang sangat indah untuk dinikmati.


Belum ada Komentar untuk "8 Referensi terbaik lokasi wisata di Solo dan Sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel