Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata di Klaten paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Objek Wisata Paling terkenal di Klaten, Umbul Ponggok salah satunya

Pernah tinggal dan menetap beberapa waktu di Klaten  beberapa tahun yang lalu membuat saya kangen untuk mengunjunginya lagi. Waktu itu saya hanya sempat mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di Kota ini. Namun ternyata, Kota kecil yang berbatasan dengan wilayah Jogjakarta ini ternyata memiliki banyak sekali potensi wisata yang lebih banyak lagi untuk bisa kita kunjungi dan bisa kita ekplore lebih banyak lagi. 


Kota Klaten memiliki beberapa pilihan obyek yang bervariasi mulai wisata berupa Candi, air terjun atau curug, danau atau yang dikenal  dengan sebutan umbul, kota juga memiliki beberapa spot lokasi foto yang bagus untuk anda penyuka fotografi.

Berikut ini 14 Tempat Wisata paling Hits di Kota Klaten yang saya perkirakan akan banyak dikunjungi di Tahun 2021.

1. Umbul Ponggok

Lokasi tempat wisata Umbul Ponggok Terletak di desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Jam operasional mulai dibuka jam 07.00 sampai 17.00 dengan harga tiket masuk ke lokasi umbul ponggok sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Umbul ponggok terkenal karena memiliki kejernihan kolam dengan kejernihan mata air alami. Selain itu anda bisa membuat foto bawah air unik dengan ditemani ikan yang berenang di sekitar anda.

Fasilitas yang disediakan di lokasi Umbul Ponggok seperti peralatan snorkeling, properti foto dan pemandu gaya sekaligus fotografer profesional yang akan membuat foto bawah air anda menjadi lebih menarik.

2. Candi Prambanan

Untuk lokasi wisata yang satu ini tak hanya dikenal di kalangan wisatawan lokal saja, candi prambanan sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal hingga mancanegara. Bahkan candi prambanan juga sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya Dunia oleh UNESCO

Letak candi Prambanan berada di desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan. Akses menuju ke lokasi candi prambanan sangat mudah dijangkau karena terletak di jalan raya Solo-Jogja.

3. Candi Plaosan

Jika anda sudah sempat menikmati keindahan candi prambanan, maka sempatkanlah juga untuk mampir ke Candi Plaosan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari objek wisata candi prambanan, hanya berjarak kurang lebih 1 km saja.

Keunikan candi plaosan jika dibandingkan dengan candi-candi lainnya adalah arsitekturnya yang merupakan perpaduan unsur budaya Hindu dan Budha.

4. Rowo Jombor atau waduk Jombor

Menikmati masakan ikan kerapu sembari bersantai di atas warung apung adalah hal menyenangkan yang bisa dilakukan di objek wisata waduk atau rawa jombor ini. Anda juga bisa menyewa peralatan memancing dan menghabiskan waktu bersantai sambil menunggu pesanan makanan anda selesai dimasak.

Rowo Jombor terletak di jalan raya Jimbung, Krakitan, kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.  Lokasi wisata rowo Jombor buka setiap hari dari pagi hingga malam hari dan bebas biaya tiket masuk.

5. Umbul Sigedang Kapilaler

Lokasi umbul sigedang kapilaler juga terletak di desa ponggok. Disini anda bisa menikmati kesegaran berenang di air yang jernih dan menyegarkan. 

Air umbul sigedang Kapulaler ini berasal dari mata air alami sigedang yang mengalir terus menerus sehingga tidak akan merusak kulit meskipun berendam dalam waktu lama sekalipun.

6. Umbul Cokro

Umbul Cokro terletak di desa Cokro, Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Sama seperti beberapa pemandian lainnya yang ada di Kabupaten Klaten, umbul cokro juga berasal dari mata air murni yang berasal dari mata air alami Ingas.

Selain berendam dan menikmati kejernihan dan kesejukan air di pemandian cokro, anda dan keluarga juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di lokasi pemandian cokro seperti wahana air, papan seluncuran dan fasilitas lainnya.

7. Curug Gedangsari atau curug tegalrejo

Untuk lokasi curug gedangsari sebenarnya sudah masuk ke wilayah kabupaten gunungkidul. Namun lokasinya yang tidak jauh dan bisa diakses dari kecamatan bayat kabupaten klaten membuatnya banyak dikunjungi dan menjadi favorit lokasi wisata warga klaten.

8. Umbul jolotundo

Letak Umbul jolotundo berada di desa Jatinom, Jambeyan, Karanganom, Kabupaten Klaten. Harga tiket masuk ke lokasi umbul Jolotundo yaitu 4000 rupiah per orang. 

Keunikan di Umbul Jolotundo yaitu, Terdapat sebuah batu legenda berbentuk tapak kaki berukuran raksasa yang konon terbentuk karena diinjak oleh Bisma, Bisma adalah salah satu tokoh yang ada dalam cerita pewayangan.

9. Umbul Manten

Keunikan yang ada di umbul manten yang terletak di desa Janti, Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten ini adalah adanya pohon-pohon besar yang batangnya seolah olah menancap kedalam kolam pemandian ini. 

10.  Taman Kamboja

Sesuai namanya, lokasi Taman Kamboja adalah sebuah tempat yang dipenuhi banyak sekali pohon kamboja yang berukuran besar. Meskipun terlihat agak sedikit menyeramkan, namun Taman Kamboja bisa menjadi lokasi favorit untuk membuat foto anda menjadi lebih unik dan menarik.
Taman Kamboja bisa anda kunjungi setiap hari di desa Gayamprit, Kabupaten Klaten.

11. Curug Indah Tegalrejo

Kota Klaten ternyata memiliki wisata air terjun yang sangat indah dan cantik yang dikenal dengan nama curug Tegalrejo. Curug indah tegalrejo ini terletak di Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. 

Akses menuju ke lokasi Curug Indah tegalrejo bisa anda temukan melalu map online atau bertanya langsung ke penduduk setempat,

12. Sendang Gemuling

13. Wisata Kalitalang

14. Riverboarding Mata Air Cokro

Itulah 14 objek wisata di Klaten yang sangat sayang untuk anda lewatkan dan anda kunjungi jika sedang berkunjung ke Klaten. 
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah referensi bagi anda sobat traveler yang akan berkunjung ke Klaten atau mencari destinasi wisata di Jawa Tengah.


Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Klaten paling Banyak Dikunjungi Wisatawan"