Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 7 Kuliner Khas Boyolali yang unik dan enak untuk kita coba

Kuliner khas Boyolali - Beberapa waktu yang lalu saya dan beberapa teman sempat singgah di Kota Boyolali untuk kepentingan menyelesaikan sebuah pekerjaan, dan seperti biasa kesempatan seperti ini langsung kami manfaatkan juga untuk Berburu kuliner khas Boyolali di sela - sela aktifitas pekerjaan yang kami lakukan.

Soto seger boyolali mbok giyem

Soto Seger Boyolali (Foto : Instagram)

Ada banyak sekali rekomendasi tempat makan atau kuliner yang direkomendasikan oleh salah satu teman kami yang kebetulan berasal dari Kota Boyolali. Dan kata dia sekali kita mencoba menu - menu kuliner tersebut, dijamin akan ketagihan deh. Langsung saja yuk kita  jelajahi 10 Menu Kuliner khas Boyolali yang bisa kita cicipi.

10 Kuliner khas Boyolali yang Nikmat dan unik untuk kita cicip

1. Soto Seger Boyolali

SOTO Seger boyolali

Salah satu menu kuliner paling terkenal yang berasal dari Boyolali adalah Soto Seger Khas Boyolali. Soto seger Boyolali sedikit berbeda jika dibandingkan dengan beberapa jenis soto yang berasal dari daerah lain. Soto seger terlihat memiliki kuah yang lebih bening. Namun soal rasa, jangan kuatir..dijamin anda akan ketagihan jika sudah mencicipinya.

Dahulu, sebelum ada jalan Tol Lintas Semarang-Solo, saya selalu mampir ke salah satu warung Soto Seger paling terkenal di kota Boyolali langganan saya. Ini karena Letak Kota Boyolali yang terletak di tengah-tengah antara Kota semarang dan Solo menjadikannya sangat pas untuk makan di Soto Seger Boyolali sambil beristirahat diantara perjalanan menuju Kota Solo.

Pengen coba membuat soto seger khas boyolali di rumah? Berikut  ini resep dan cara membuat soto seger boyolali.

2. Nasi Sambel Tumpang khas Boyolali

Nasi sambil tumpang terlihat sekilas hampir mirip dengan nasi pecel yang sering kita jumpai di daerah lain. Perbedaannya terletak pada bumbu kacang yang memiliki racikan sedikit berbeda dengan bumbu kacang pecel pada umumnya.



Sambel pada nasi tumpang biasa disebut dengan sambel lethok. Sambel Lethok ini terbuat dari racikan bawang merah, bawang putih, kencur, daun salam dan cabe rawit. 

Keunikan lainnya pada sambal tumpang ini adalah terletak pada penggunaan tempe wayu atau tempe busuk yang akan memberikan sensasi rasa unik saat kita santap. Meskipun namanya tempe busuk, namun tempe ini tetap layak untuk kita santap dan tidak mengandung resiko karena memang hanya sedikit lebih lama jika dibandingkan pada tempe tempe biasa yang kita goreng.

3. Jenang Pecel khas Boyolali

Jenang pecel khas Boyolali adalah sebuah kuliner unik asli boyolali yang terdiri dari bubur sumsum yang di atasnya diberikan topping berupa pecel sayur seperti yang sering kita temui. 


Mengkonsumsi bubur dicampur pecel memberikan sensasi yang  terasa sedikit berbeda deng nasi pecel yang biasanya kita makan. Untuk mendapatkan jenang pecel Anda bisa mampir ke pasar Sunggingan yang berada di jalan Garuda Boyolali. 

4. Tahu Susu

Tahus susu boyolali

Seperti yang kita ketahui bahwa Kota Boyolali merupakan salah satu kota penghasil susu sapi murni yang terkenal. Dari hasil susu sapi tersebut akhirnya tercipta berbagai macam variasi kuliner yang unik seperti salah satunya tahu lumer susu ini.

Tahu susu adalah tahu yang digoreng seperti biasa, namun di dalamnya terdapat susu yang akan meleleh dan lumer pada saat kita menggigitnya. Hal inilah yang akan menghasilkan sensasi rasa yang berbeda campuran antara tahu dan susu dari tahu goreng lain yang biasa kita makan

5. Sate Kere Boyolali

Sate kere adalah salah satu kuliner unik yang bisa kita temu di Boyolali, sate kere adalah sate yang terbuat dari tempe gembus yang dipotong-potong dan ditusuk seperti sate daging yang kita ketahui pada umumnya. 
Sate kere boyolali


Salah satu warung sate cewek yang terkenal adalah sate kirim mbok Gelung yang terdapat di depan pendapa alit Kabupaten Boyolali, warung sate kirim mbok Gelung ini sudah berdiri sejak tahun 1951 dan diteruskan oleh generasi penerusnya hingga sekarang. Untuk mencicipi satu porsi sate cewek yang lezat Anda cukup membayar sebesar 10.000.

6. Abon Lele

Kebanyakan Abon yang kita temui di pasar biasanya dibuat dari bahan dasar dasar daging sapi, namun di kota Boyolali kita bisa menemukan kuliner unik yang bisa kita jadikan oleh-oleh yaitu abon yang terbuat dari daging ikan lele atau yang dikenal dengan abon lele.
Abon lele boyolali


Boyolali memang terkenal sebagai salah satu sentra penghasil ikan lele yang terbesar di daerah Jawa Tengah. Ide menggunakan daging lele sebagai bahan pembuat abon dikarenakan pada waktu itu terdapat stok ikan lele yang melimpah ruah.

Untuk menghindari penjualan harga ikan lele yang terlalu murah dan kemungkinan mati sehingga beresiko menimbulkan banyak kerugian, maka dicari ide untuk mengolah stok ikan lele yang melimpah ruah ini,  sehingga akhirnya muncullah ide unik yang menjadikan daging ikan lele sebagai bahan baku pembuat abon.

7. Dodol Susu



Satu lagi makanan khas Kota Boyolali yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah yaitu dodol susu. 

Sebenarnya dodol susu tidak jauh berbeda dengan dodol atau jenang yang berasal dari daerah lainnya. Hanya saja untuk botol susu ini ditambahkan susu dengan jumlah yang sedikit lebih banyak sehingga menghasilkan tekstur dodol yang lebih kenyal dan empuk untuk dimakan.

Itulah 7 kuliner khas dari kota Boyolali yang wajib kita coba saat kita singgah ke kota ini. Semua makanan yang disebutkan di atas sangat mudah untuk didapatkan setiap sudut di wilayah kota Boyolali dengan harga yang cukup terjangkau namun dengan kenikmatan yang dijamin tidak akan mengecewakan.







Posting Komentar untuk "Rekomendasi 7 Kuliner Khas Boyolali yang unik dan enak untuk kita coba"