Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini cara cegah nomor WhatsApp dibajak dan di clonning ! ternyata caranya mudah

Whatsapp clonning - Saat ini whatsapp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang cukup populer dan banyak digunakan hampir di seluruh dunia. Hal ini membuat Whatsapp menjadi salah satu aplikasi incaran bagi orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk bisa  memanfaatkan data pelanggan yang terdapat di aplikasi tersebut.

Salah satu kejahatan yang paling sering ditemukan yaitu dengan berusaha menyadap dan meng-kloning nomor yang terdaftar di aplikasi WhatsApp.

Cara mencegah clonning whatsapp

Tujuan menyadap dan mengkloning nomor whatsapp  tentunya digunakan untuk kepentingan yang tidak benar seperti, penipuan, pemanfaatan data pelanggan, pembobolan rekening dan kejahatan lainnya. Bahkan tidak sedikit yang Sudah  menjadi korban penipuan dari pemanfaatan data dan nomor whatsapp palsu.

Pihak whatsapp sendiri sebenarnya sudah berusaha membuat keamanan data pelanggan terjamin seaman mungkin. Whatsapp mengklaim bahwa setiap percakapan yang tercatat di aplikasi mereka sudah sepenuhnya terenskripsi dengan metode end-to end enscriptions.

Namun pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker maupun spammer tetap punya cara untuk mencari celah kelemahan dari sistem keamanan whatsapp. Salah satunya dengan cara teknik SIM-Swapping. Teknik ini banyak digunakan oleh para scammer untuk mengklaim nomor hp pelanggan ke SIM lain. 

Selanjutnya nomor baru itulah yang akan digunakan sebagai alat penipuan dan pemerasan uang, bahkan sampai membobol isi ATM Bank anda juga. Hal ini karena dengan sim yang baru, mereka juga bisa mengakses hampir semua data yang ada si SIM card lama termasuk data rekening bank dan password atau sandi ATM anda.

Lalu langkah antisipasi apa saja yang perlu kita lakukan dari tindakan SIM swapping dan pencurian data dari nomor telepon kita? 



Berikut ini beberapa langkah sederhana sebagai antisipasi dan pencegahan dari pencurian data yang bisa kita lakukan secara mandiri.

1. Aktifkan otentikasi dua arah

Otentifikasi atau verifikasi dua langkah merupakan hal penting yang harus anda aktifkan pada aplikasi WhatsApp anda.

Fitur keamanan bawaan dari whatsapp ini merupakan salah satu cara untuk melindungi nomor whatsapp anda sekaligus data yang ada di dalamnya.

Untuk mengaktifkan fitur otentifikasi dua arah ini caranya cukup mudah. 
- Pertama, anda masuk ke menu "settingan" di aplikasi WhatsApp.
-  pilih menu "Akun" dalam mode bahasa Indonesia.
- di menu tersebut akan anda temukan pilihan menu verifikasi dua arah. Klik menu tersebut 
- Isi data dan ikuti petunjuk langkah yang diperintahkan.



2. Hindari melakukan akses ke Link yang tidak dikenal

Salah satu cara spammer atau SIM Swapper mendapatkan nomor dan ijin akses anda adalah dengan memancing dan mendapatkan data anda dari Link yang dikirimkan kepada anda. 
Dari Link tersebut biasanya anda akan diminta untuk mengisi data pribadi termasuk password akun anda. Pastikan jangan pernah anda mengisi data informasi pribadi ke Link yang tidak jelas.

3. Lakukan penggantian password secara berkala

Untuk tindakan preventif berikutnya bisa dengan cara sederhana seperti mengganti password login anda secara berkala, pastikan anda juga tidak lupa dengan password yang terbaru.

4. Hindari menginstal aplikasi WhatsApp tidak resmi (MOD)
Saat ini banyak sekali pihak ke 3 yang menyediakan aplikasi WhatsApp versi modifikasi atau yang dikenal dengan WhatsApp MOD. Salah satunya adalah Whatsapp GB

WhatsApp MOD menawarkan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan WhatsApp versi gratis. Untuk bisa menginstal whatsapp mod anda harus mengijinkan aplikasi MOD ini untuk bisa mengakses semua data di HO anda. 

Hal inilah yang bisa menjadi resiko pencurian data anda. Karena tidak semua pengembang aplikasi pihak ke 3 bertanggung jawab dengan keamanan aplikasi yang mereka tawarkan 



Posting Komentar untuk "Begini cara cegah nomor WhatsApp dibajak dan di clonning ! ternyata caranya mudah"