Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan cara membuat Serabi Solo yang Lembut dan Legit

Resep Makanan - Serabi adalah salah satu jajanan pasar yang legendaris dan  terkenal, salah satu jenis serabi yang terkenal adalah Serabi yang berasal dari Kota Solo. Serabi Solo terkenal memiliki rasa yang legit, gurih dan lembut saat dimakan, sangat Lezat sekali.

Resep cara buat serabi solo

Serabi termasuk salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan  yang mudah didapatkan dan cara membuatnya pun sangat mudah. Salah satu ciri serabi solo dibandingkan dengan serabi yang lainnya adalah adanya teksturnya yang lebih lembut dan gurih. Rahasia Kelembutan dan rasa gurih ini terletak dari pemilihan salah satu bahan dasarnya yaitu memilih Santan dan tepung beras yang berkualitas.

Saat ini varian dan tampilan serabi solo semakin menarik dan bervariasi, penyajian dan cara masaknya juga kadang dibuat menarik sedemikian mungkin, salah satunya dengan ditambahkan toping di bagian atas Serabi. Toping pada bagian atas serabi solo bisa memakai susu coklat, taburan keju, Meises coklat, atau irisan nangka dll. 

Toping beraneka ragam serabi solo

Sebagai salah satu ciri khas kota solo, selain enak dimakan di tempat, banyak wisatawan yang datang ke Kota Solo membawa pulang serabi ke daerah asal mereka sebagai salah satu oleh-oleh. 

Namun jika anda belum sempat ke Kota Solo dan anda tertarik untuk membuat serabi solo di rumah sendiri, anda bisa mencoba teknik dan cara membuat serabi Solo yang enak dan lezat dari Resep yang  akan kami bagikan berikut ini.

Cara buat serabi solo asli

Resep dan cara membuat  serabi Solo yang enak dan Gurih.

Bahan - Bahan Serabi Solo :

  • santan kelapa cair asli 200 ml atau Santan instan 
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sendok teh garam / secukupnya
  • minyak sayur, untuk olesan wajan tanah agar tidak lengket
  • 250 gram tepung beras, pilihlah kualitas tepung beras yang terbaik
  • ragi secukupnya
  • 75 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • Bahan Topping : keju cheddar parut, nanas potong halus, cokelat meises, susu coklat

Cara Memasak Serabi Solo 

  1. Siapkan panci masak, kemudian masukkan santan kelapa, daun pandan (ikat) dan 1 sdt garam ke dalam panci, kemudian aduk hingga merata.
  2. Masak dengan menggunakan api kecil, aduk pelan - pelan hingga mendidih, lalu Matikan api dan diamkan hingga jadi hangat.
  3. Siapkan panci untuk membuat adonan, Campur tepung beras, ragi dan gula ke  dalam wadah tersebut, kemudian aduk sampai merata.
  4. Ambil sedikit rebusan santan, tuangkan ke dalam adonan tepung beras, aduk hingga merata dan licin.
  5. Tuangkan kembali ke dalam sisa rebusan santan dan aduk hingga tercampur rata.
  6. Kocok telur hingga berbuih halus, Kemudian masukkan ke dalam adonan santan lalu kembali hingga merata. Diamkan adonan beberapa saat sampai hangat.
  7. Panaskan wajan tanah liat di atas api sedang. Jika permukaan wajan sudah cukup panas, Olesi bagian dalam wajan dengan sedikit minyak.
  8. Tuangkan 1 takaran sendok sayur adonan serabi ke dalam wajan, berikan sedikit tekanan hingga ada adonan yang berkerak di kelilingnya.
  9. Tutup wajan tanah liat selama beberapa saat hingga bagian atas serabi menjadi beku.
  10. Taburkan toping sesuai dengan selera anda, diamkan sebentar kemudian angkat.
  11. Serabi solo terenak hasil karya anda siap untuk dihidangkan selagi hangat.

Posting Komentar untuk "Resep dan cara membuat Serabi Solo yang Lembut dan Legit"