Harga tiket masuk Borobudur jadi 750 ribu ? Begini penjelasan nya

Baru baru ini Menko bidang kemaritiman dan Investasi Bapak Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan kenaikan harga Tiket masuk Borobudur yang terbaru. Hal ini langsung mendapatkan berbagai macam respon dari warganet dan masyarakat umum. Pasalnya tarif yang di umumkan tergolong "mahal" untuk sebagian masyarakat awam. 
Tarih naik ke candi Borobudur 750 ribu


Berapa sih sebenarnya harga tiket masuk ke Borobudur saat ini, berikut informasi lebih jelasnya.

Harga tiket naik Candi BOROBUDUR 750 ribu, update terbaru 2022

Melalui akun Instagramnya, Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan bahwa pemerintah telah sepakat untuk akan mulai membatasi kuota turis yang datang ke Candi Borobudur sebanyak hanya 1200 orang per harinya. Dan biaya yang akan dikenakan untuk tiket masuk ke candi borobudur adalah sebesar 100 dolar untuk wisatawan asing atau sekitar 1 juta 400 ribuan, sedangkan harga Tiket masuk candi  borobudur naik menjadi 750 ribu per orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk pelajar dikenakan tarif hanya 5000 rupiah saja per orang.

Sontak hal ini menimbulkan komentar yang ramai antara yang mendukung dan mempertanyakan mengenai kebijakan ini apakah sudah layak dan adil bagi sebagian masyarakat yang ingin mengenal Borobudur tetapi dengan tarif domestik sepertinya akan memberatkan.

Meskipun alasan pembatasan jumlah pengunjung dan kenaikan harga tiket masuk candi borobudur ini sebenarnya untuk tujuan baik yaitu untuk menjaga kelestarian sejarah dan budaya bangsa, namun tetap saja sebagian besar komentar menyebutkan tarif ini terlalu mahal untuk kemampuan sebagian besar masyarakat. Selain itu angka kenaikannya pun terasa sangat  signifikan jika dibandingkan dengan tarif yang berlaku sebelumnya. Saat ini tarif tiket masuk Candi Borobudur yang berlaku adalah sebesar 25 ribu rupiah untuk pengunjung anak usia 3-10 tahun, dan 50 ribu rupiah untuk dewasa. Sementara untuk harga tiket masuk candi borobudur sebelum kenaikan adalah sebesar 25 dolar atau sekitar 365 rupiah ribu/orang untuk wisatawan asing dewasa dan 12 dolar untuk wisatawan asing anak-anak.

Dijelaskan lebih lanjut oleh pengurus dan pengelola tempat wisata candi Borobudur bahwa harga tiket sebesar rp750.000 adalah untuk mereka yang ingin menaiki candi Borobudur hingga ke puncak. Sedangkan untuk pengunjung yang hanya melihat dari sekeliling candi Borobudur akan tetap dikenakan tarif masuk sebesar rp50.000.

Dan menurut pendapat saya pribadi sih memang cukup terasa memberatkan, bayangkan jika harga tiket masuk ke borobudur 750 ribu dikali jumlah anggota keluarga, anggaplah jika seandainya ada 3 anggota keluarga dewasa, biaya yang harus dikeluarkan sudah lebih dari 2 juta. Itupun belum termasuk untuk biaya tiket masuk anak anak, kemudian biaya untuk makan, dan ditambah biaya perjalanan menuju ke lokasi candi Borobudur dari tempat. 

Dan rasanya akan terasa kurang maksimal saat kita berkunjung ke candi Borobudur tetapi tidak melihat stupa-setupa yang ada di atasnya dikarenakan harganya yang cukup mahal. 

Jika memang akan tetap diberlakukan tiket masuk sebesar 750 ribu untuk masuk ke candi Borobudur, Sepertinya berwisata ke Borobudur akan menjadi sebuah wisata yang cukup "mahal" bagi kami sekeluarga, beruntungnya kami sudah pernah berkunjung kesana dan sempat menaiki hingga ke puncak.


Namun kami tetap berharap agar tarif ini akan mengalami pertimbangan lagi, sehingga semua pihak baik pemerintah dan masyarakat yang ingin mengenal warisan budaya luar Biasa ini.

Lalu bagaimana Kalau menurut teman teman traveler ? Apa pendapat dan saran untuk hal ini?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url