6 Oleh - oleh Khas Solo yang paling laris dan dicari wisatawan untuk dibawa pulang

Ada 6 jenis Oleh-oleh khas Solo yang paling diminati dan selalu diburu oleh wisatawan yang datang ke Kota Solo. 6 Oleh-oleh khas solo ini banyak dipilih wisatawan untuk dibawa pulang karena dianggap mewakili ciri khas yang dimiliki oleh kota solo, kira-kira kalau kamu berwisata ke kota solo  oleh-oleh khas solo apa sih yang bakalan kamu bawa pulang?

6 Oleh-oleh khas Kota solo paling laris dibeli wisatawan

Selain terkenal dengan kota yang memiliki banyak lokasi wisata budaya maupun wisata alam, Kota Surakarta atau Kota Solo juga merupakan surganya  oleh-oleh untuk kita bawa pulang. Bermacam-macam jenis oleh oleh bisa kamu pilihan mulai dari harga yang paling terjangkau hingga harga yang paling wow. Tentunya harga yang anda dapatkan juga akan sebanding dengan kualitas dari oleh - oleh yang kamu bayar.

1. Batik Khas Solo

Batik khas solo


Batik Indonesia memang sudah diakui keindahan dan keunikannya tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja tetapi bahkan sampai ke mancanegara, Oleh karena itu banyak wisatawan asing yang juga menjadikan batik sebagai salah satu oleh - oleh yang mereka beli untuk dibawa pulang ke negeri asal mereka. 

Pasar batik solo


Batik Solo memiliki ciri khas motif yang tentunya jika diperhatikan secara detail akan terlihat perbedaannya  dengan batik yang dihasilkan dari beberapa daerah penghasil batik lainnya yang ada di Indonesia seperti kota Pekalongan, Jogja dan Cirebon.

Untuk mencari lokasi penjual batik di Kota Solo bukan merupakan suatu hal yang sulit, selain bisa membelinya di butik-butik yang khusus menjual batik, kita juga bisa membeli batik di pasar sentra batik yang ada di Kota Solo seperti di Pasar Batik Lawean, Pasat Klewer dan lokasi lainnya mulai dari harga 10 ribuan hingga yang bertarif jutaan.

2. Baju Lurik Khas Solo, blangkon dan Kebaya

Baju lurik merupakan salah satu ciri khas yang setiap kita melihat motifnya kita langsung bisa menebak bahwa itu adalah pakaian yang menunjukkan ciri  khas kota Solo. 
Selain berburu baju lurik, biasanya wisatawan asing maupun lokal juga sekaligus akan sekalian membawa pulang blangkon dan kebaya khas Solo sebagai pelengkapnya.

Batik lurik pria dan wanita



3. Brem Solo
Brem khas solo

Makanan bertekstur halus dan lembut saat di makan ini memang biasanya akan lebih banyak anda temukan di daerah Madiun. Namun ternyata di Solo juga memiliki beberapa produsen dan toko oleh-oleh yang menjual Brem Solo yang sepertinya akan sangat Cocok untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

4. Intip Solo



Intip adalah sejenis camilan yang dibuat dari kerak nasi yang dikeringkan kemudian digoreng. Ada dua pilihan rasa yang biasanya bisa anda pilih yaitu intip dengan rasa polos yang gurih, atau intip yang di beri taburan gula merah cair yang memiliki rasa manis.
Setiap toko oleh-oleh yang ada di Solo biasanya selalu menjual intip solo dengan beberapa pilihan harga dan ukuran. Salah satu penjual intip yang terkenal ada di pasar gedhe Solo yaitu  di lapak tempat dagangan mbok Boniyem.

5. Serabi Notosuman Solo

Serabi solo memang terkenal karena rasanya yang nikmat dan bikin ketagihan. Salah satu daerah penghasil serabi yang terkenal di kota solo berada di kawasan Notosuman. 

Serabi notosuman solo

Kue serabi Solo Notosuman adalah salah satu makanan tradisional khas solo yang resepnya telah diwariskan secara turun temurun. Dan jika tertarik untuk mebuat serabi solo, kamu bisa mencoba belajar resep dan cara pembuatan serabi solo disini 

6. Kerajinan tangan khas Solo

Solo juga terkenal sebagai  salah satu kota di Indonesia yang memiliki sentra - sentra kerajinan tangan dengan produk yang bermacam - macam mulai dari ukiran tangan, anyaman, kerajinan tanah liat dan lain-lain. 
Keunikan dan Nilai seni dari kerajinan hasil tangan inilah yang membuatnya pantas untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dipajang di rumah atau dibagikan ke orang terdekat anda.

Kerajinan khas solo



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url