Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Lokasi Wisata Alam di Temanggung, Kota diantara 7 puncak

Temanggung Merupakan salah satu kabupaten di Jawa tengah yang memiliki beberapa destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi wisatawan sebelum pandemi. Namun, Ramainya jumlah pengunjung ini Sempat mengalami penurunan semenjak adanya pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah untuk pencegahan penyebaran Covid 19.

Dan kita wajib untuk bersyukur  dengan kondisi saat ini, dimana  situasi pandemi sudah semakin membaik, dan kini beberapa tempat wisata alam yang sebelumnya sempat ditutup karena larangan beroperasi oleh pemerintah, kini sudah mulai dibuka kembali.

Masyarakatpun menyambut kebijakan ini dengan sangat antusias. Destinasi - destinasi wisata yang sempat sepi, kini mulai ramai dikunjungi wisatawan lagi. Hal ini juga terjadi di kawasan-kawasan wisata yang ada di Kabupaten temanggung, beberapa tempat wisata alam yang ada di Temanggung kini sudah mulai dibuka kembali untuk masyarakat. 

Letak Kota Temanggung yang diapit diantara Gunung Sindoro dan Sumbing membuatnya memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang indah. Berada di lokasi yang memiliki ketinggian di atas rata-rata kota lain di jawa tengah, membuat  udara di daerah kabupaten Temanggung menjadi lebih sejuk sehingga ideal untuk menjadi tujuan wisata melepas penat dan beban pikiran sejenak.

Berikut ini adalah update informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 5 Lokasi wisata Alam di Kabupaten Temanggung yang sudah dibuka kembali di bulan juni 2022 dan sudah menerima kunjungan wisatawan

1. Wisata Alam Posong di Temanggung


Lokasi wisata alam Posong terletak di lereng Gunung Sindoro sehingga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Tempat ini menjadi terkenal karena sempat viral di media Sosial yang menampilkan spot spot foto dan latar belakang alam yang indah. 

Lokasi wisata alam Posong juga menjadi destinasi wisata alam yang menghadirkan keindahan suasana sunrise maupun sunset  yang sangat cantik di pagi hari. Untuk itu, Lokasi wisata posong mulai dibuka pada jam 4 pagi hingga jam 5 sore sehingga pengunjung bisa menikmati indahnya sunrise atau sunset disini.

objek wisata watu Posong juga memiliki kelebihan yang terkenal dengan nama lokasi wisata dengan  keindahan tujuh puncak, hal ini karena jika anda beruntung dan udara sedang cerah, maka akan terlihat jelas tujuh puncak gunung seperti Ungaran, Sumbing, Merbabu, Merapi, Muria dan Telomolyo dari lokasi wisata watu posong ini.

Dengan harga tiket masuk sebesar 7 ribu rupiah, kita sudah bisa menikmati keindahan alam wisata posong yang lengkap dengan banyaknya spot foto dan fasilitas. Sangat rekomended deh 

2. Wisata Botorono Temanggung


Botorono sebenarnya adalah nama yang diberikan untuk sebuah puncak bukit yang terletak di desa Petarangan, kabupaten Temanggung. 
Puncak Botorono berada di ketinggian 1300 Mdpl sehingga menawarkan keindahan alam dengan suasana yang sejuk. Ditambah lagi lokasi wisata Botorono juga berada diantara Gunung Sindoro dan Sumbing sehingga pemandangan yang ada di sekitarnya menjadi sangat indah. 

3. Watu Layah Temanggung

Watu layah adalah sebuah tujuan wisata Alam yang menawarkan konsep keindahan pemandangan alam yang berada di kawasan Hutan Pinus di daerah Temanggung. Jika anda pernah singgah ke puncak becici yang berada di Gunung Kidul, maka lokasi wisata watu layah ini hampir memiliki konsep yang serupa, bahkan menurut saya kawasan wisata watu layah memiliki udara yang lebih sejuk. 

Terdapat beberapa spot foto berupa gardu pandang dan spot-spot foto lain yang memang sudah disiapkan oleh pengelola.
Dan Di sekitaran lokasi wisata juga banyak pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas Temanggung yang bisa anda beli untuk dibawa pulang untuk keluarga si rumah 

4. Hutan Rasamala

Nama Hutan rasamala diambil dari jenis pohon yang paling banyak tumbuh di kawasan ini yaitu Pohon Rasamala. Pohon Rasamala merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Kayunya kuat dan sering digunakan sebagai alas jematan atau rel kereta api.

Namun diantara banyaknya pohon Rasamala yang tumbuh di kawasan ini, terdapat satu pohon legendaris yang menjadi Ikon wisata di tempat ini yaitu Pohon Walitis. 
Konon katanya pohon ini sudah berumur ratusan tahun bahkan lebih, Namun dengan umur yang cukup tua pohon walitis ini malah nampak semakin gagah dan tinggi menjulang.

Tingginya hampir mencapai 30 meter dengan diameter sekitar 7-8 meter, perlu 7 sampai delapan orang dewasa untuk bisa memeluk lingkar diameter pohon ini. Dan satu lagi cerita legenda terkait Pohon Walitis ini, koni katanya pohon ini adalah pohon yang tahan dibakar atau tahan api. Cerita ini diambil dari sebuah kejadian kebakaran hutan di lokasi ini yang katanya hampir membakar seluruh tanaman yang ada disini kecuali pohon walitis.
Oiya, untuk masuk ke daerah hutan rasamala tidak dipungut biaya alias gratis, kita cukup diwajibkan untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan.

5. Curug Titang

Lokasi curug Titang berada di desa Temabarak, kecamatan Temabarak, Kabupaten temanggung. Lokasi wisata Curug titang bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 15 menit dari pusat kota temanggung dengan jarak sekitar 6 Kilometer.
Akses yang mudah dicapai, Suasana asri alami dan air sungai yang sangat jernih membuat lokasi wisata curug Titang menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan di sekitar Kota Temanggung.
Dan jika anda menyukai olahraga yang memacu adrenalin, Lokasi di sekitar Curug Titang Juga sering digunakan sebagai lokasi rafting..

Yuk segera kita kunjungi 5 rekomendasi lokasi wisata yang ada di Kabupaten Temanggung, kita ramaikan lagi dunia wisata lokal yang ada di Indonesia. Oiya, jika kamu sudah menikmati keindahan wisata alamnya, jangan lupa mampir untuk beli oleh-oleh buat keluarga di rumah ya. 
Rekomendasi toko oleh-oleh terlengkap yang ada di Kabupaten Temanggung bisa lihat disini. Selamat berlibur ya.

Posting Komentar untuk "5 Lokasi Wisata Alam di Temanggung, Kota diantara 7 puncak"