Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Oleh-oleh temanggung yang khas, enak dan unik, wajib kamu bawa pulang

oleh-oleh khas temanggung yang paking banyak di cari - Temanggung atau yang juga dikenal dengan sebutan Kota Perwira memiliki beragam pilihan oleh-oleh khas unik, lain sari yang lain dan yang wajib kamu bawa pulang setelah berkunjung ke sana. 

Letak Kota temanggung yang strategis, mudah diakses dan  memiliki salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di Indonesia yaitu kawasan wisata Dieng, membuatnya menjadi salah satu kota dengan kunjungan wisatawan yang terbanyak di Wilayah Provisnsi Jawa Tengah.

Dan jika kamu sedang berkesempatan berkunjung ke Temanggung, jangan lupa untuk berburu oleh - oleh khas kota ini, dan berikut ini kami rekomendasikan 10 jenis Oleh-oleh khas temanggung yang wajib kamu bawa pulang.

7 pilihan oleh-oleh khas temanggung paling disukai dan banyak diburu wisatawan

1. Lento Temanggung

Lento adalah jajan pasar khas temanggung yang sepintas tampilannya menyerupai perkedel. Namun bedanya, jika perkedel terbuat dari kentang, Lento temanggung menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya.
Jajanan Lento ini memiliki citarasa unik yang tidak banyak terdapat di daerah lain, sehingga sangat pas untuk kamu bawa pulang sebagai salah satu oleh-oleh terbaik khas temanggung.

2. Ndas Borok

Salah satu jenis makanan khas temanggung yangs sering ditemui di kios penjual oleh-oleh adalah Ndas Borok. Makanan ini juga terbuat dari singkong yang diisi dengan gula jawa dan parutan kelapa muda.

Memiliki citarasa yang khas unik dan legit, membuat ndas Borok banyak disukai oleh wisatawan sebagai salah satu oleh-oleh yang akan mereka bawa pulang.

3. Balung Kuwuk

Balung Kuwuk adalah makanan yang mirip dengan keripik singkong. Dan memang dari bahan dan tampilannya memang hampir serupa. Balung kuwuk Memiliki citarasa yang renyah dan gurih. Selain cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, balung kuwuk juga enak dimakan sebagai cemilan  dan teman sepanjang perjalanan wisata kamu sehingga lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

4. Kue Mendut santan siram

Kue mendut terbuat dari beras ketan yang dicampur pewarna alami sehingga terlihat menarik saat di makan. Di dalamnya diisi gula jawa yang membuatnya terasa manis dan lezat di setiap gigitannya. 

Kue mendut Memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan halus sehingga siapapun akan menyukai rasa dan kelembutannya. Kue mendut juga mudah di dapatkan di beberapa kios penjual oleh - oleh yang ada di Kabupaten Temanggung.

5. Kerajinan Tangan Anyaman Mendong

Selain kuliner, temanggung juga memiliki oleh-oleh yang terkenal berupa kerajinan tangan. Salah satunya adalah anyaman tangan Mendong. 

Hasil kerajinan tangan masyarakat temanggung berupa anyaman ini memiliki harga yang bervariasi dan juga model yang beraneka ragam. Hasil kerajinan anyaman ini bisa berupa dompet, tas, tempat tissue, sendal dan jenis kerajinan lainnya.

Meskipun harga kerajinan tangan mendong tergolong murah atau ramah di kantong, namun untuk kualitas jangan diragukan. Kerajinan tangan Mendut memang Hasil karya lokal, namun memiliki kualitas internasional. Sangat memiliki nilai jual untuk anda bawa pulang sebagi oleh - oleh khas Temanggung

6. Gerabah Tanah liat Khas Temanggung

Jika anda menyukai sesuatu yang unik, klasik dan menarik, maka Oleh-oleh khas temanggung berupa gerabah yang terbuat dari tanah liat ini sepertinya adalah pilihan yang tepat untuk anda bawa pulang.

Kerajinan gerabah ini dibuat secara tradisional namun dengan kualitas bahan dan teknik yang terbaik,  Sehingga hasilnya adalah sebuah mahakarya oleh oleh yang sangat berharga. Koleksi cangkir poci, kendi klasik, atau gerabah lainnya bisa anda bawa pulang untuk digunakan sebagai hiasan rumah atau oleh oleh untuk saudara. Harganya cukup bervariasi mulai dari 10 ribu hingga ratusan ribu, tergantung dari tingkat kesulitan pembuatannya.

7. Batik Mliwis

Untuk rekomendasi pilihan oleh - oleh khas temanggung yang terakhir adalah Batik Mliwis. Seperti batik - batik yang ada di beberapa tempat penghasil batik yang ada di Indonesia, batik temanggung juga memiliki corak dan keunikan yang membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan batik dari daerah lainnya.

Salah satu ciri khas dari batik Mliwis adalah, terdapat sebuah gambar yang berbentuk sebuah burung. Konon katanya motif ini didasari dari legenda yang ada di daerah temanggung yaitu cerita Angling darma, yang didalam ceritanya juga  terdapat seekor burung mliwis.
Untuk harga bervariasi tergantung dari bahan kain yang digunakan dan tingkat kesulitan corak maupun warna batik. 
Untuk mendapatkannya, beberapa penjual batik Mliwis yang sudah memiliki nama biasanya memiliki galeri tersendiri, atau selain itu anda bisa menemukannya di toko-toko penjual oleh-oleh khas Temanggung lainnya.

Posting Komentar untuk "7 Oleh-oleh temanggung yang khas, enak dan unik, wajib kamu bawa pulang"