Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kuliner Khas Purwodadi yang enak dan wajib kamu coba, ada yang unik dan bikin ketagihan !

Jika anda singgah di kota purwodadi, jangan sampai terlewat untuk mencicipi makanan-makanan khas purwodadi yang Lezat dan unik. Selain terkenal dengan keunikan dan kelezatannya, kuliner di daerah Purwodadi juga ramah di kantong lho. Jadi jangan kuatir sampai menguras isi dompet kamu deh.. semua wajib kamu cobain.

Namun sebelum kita mulai berburu kuliner, ada sedikit informasi terkait purwodadi yang harus kita pahami. Selama ini Ada yang menyebut purwodadi sebagai sebuah nama kota, padahal yang betul adalah purwodadi merupakan sebuah nama kecamatan yang menjadi pusat keramaian dari kabupaten Grobogan yang letaknya berada di sebelah Timur Semarang. 

Jika kamu menempuh perjalanan dari Kota Semarang, ada dua pilihan yaitu menggunakan jalur darat dan kereta api. Waktu tempuh untuk menuju purwodadi tidak lama kok, kurang lebih akan memerlukan waktu satu jam menggunakan kendaraan roda 4 untuk menuju ke purwodadi dari kota semarang.

Oke, kita Lanjut berburu kulinernya ya, untuk kali ini saya akan memilih hanya 5 Pilihan menu Kuliner yang akan kita cicipi, meskipun sebenarnya ada lebih banyak lagi menu kuliner unik yang ada di purwodadi. 

Apa saja 5 kuliner unik dan enak di Purwodadi yang wajib kamu cicipi?

1. Sayur Becek atau sego becek

Pilihan pertama kita akan mencicipi makanan khas purwodadi yang bernama sayur Becek. Kalau dari namanya, kira kira ada bayangan ngga sih seperti apa sayur becek itu?
Becek kalau dalam bahasa jawa adalah sebuah kata yang artinya berair atau berkuah. Jadi sayur Becek adalah semacam sayur sop berkuah yang  terdapat banyak daging tetelan atau balungan daging sapi atau kerbau, sayur becek sepintas mirip seperti sayur sop,  tetapi sayur becek lebih terasa kental aroma rempah rempahnya dan bercitarasa sedikit pedas.

Untuk satu porsi sayur becek iga sapi atau kerbau biasanya dihargai kurang lebih 25 ribu rupiah. Sangat murah dan sebanding dengan kelezatan serta  kenikmatan kuah sayurnya yang lezat menyegarkan. 
Dan jika anda ingin mencoba untuk membuat sayur becek sendiri di rumah untuk sajian keluarga, anda bisa mencoba resep dan cara membuat sayur becek yang ada disini

2. Ayam Pencok

Pecinta menu olahan daging ayam wajib mencoba menu ayam Pencok khas Purwodadi ini, bahkan termasuk anda yang tidak terlalu menyukai menu olahan daging ayam juga tetap harus wajib mencobanya. Ya, saya merekomendasikan menu Ayam pencok ini karena keunikan rasa dan cara penyajiannya yang sedikit berbeda jika  dibandingkan dengan menu-menu olahan daging ayam lainnya.

Ayam Pencok adalah olahan ayam panggang yang menggunakan bumbu rempah khusus. Nama Pencok ini diambil dari sajian tambahan berupa sambal yang unik terbuat dari parutan kelapa yang melumuri keseluruhan ayam panggang ini. 

Selain dari keunikan sambalnya dan juga cita rasanya, ternyata proses pemasakannya atau pemanggangannya pun cukup unik, ayam yang sudah dibumbui dengan bumbu khas rempah rempah dipanggang diatas api dengan jarak sekitar 30cm dengan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih sekitar 3 jam, wow..cukup lama bukan..

Tentunya proses pemasakan yang cukup memakan waktu ini akan menjadi sepadan dengan rasa yang dihasilkan. Bumbu ayam panggang akan lebih meresap kedalam keseluruhan daging ayam dan juga tekstur daging ayamnya pun menjadi lebih empuk. Jika anda tertarik untuk mencicipi dan menemukan Warung Ayam Pencok, anda bisa bisa temukan warung ayam pencok legendaris di daerah Kuwu , Purwodadi.


3. Swike Purwodadi

Menu pilihan ketiga ini mungkin tidak semua orang menyukainya, bukan karena rasanya yang tidak sedap lho, tetapi karena swike yang disajikan di purwodadi ini adalah swike kodok atau swike katak, yang tidak semua orang suka atau bisa mengkonsumsi ya. Sebagian umat muslim ada yang tidak memperbolehkan untuk mengkonsumsi katak sesuai dengan syariat yang umat muslim percayai.

Terlepas dari hal keyakinan beragama, kuliner ini memang sudah menjadi salah satu trade mark dari purwodadi dan terkenal akan keunikan rasanya.

4. Nasi Pager Godong

Waduuh, makanan apalagi ini ya teman - teman? Dari namanya sudah terdengar unik bukan? Pager artinya pagar, godong artinya daun, lalu kira kira seperti apa ya makanan nasi pager godong ini?
Ternyata, nasi pager godong ini adalah semacam nasi urap khas salah dari satu daerah yang ada di purwodadi yang bernama desa godong. Yang membedakan urap nasi pager godong dengan urap dari daerah lain adalah adanya uyah goreng dan sambel pecel yang khas.

Selain itu penyajiannya juga cukup unik, tidak menggunakan piring melainkan daun pisang yang di bentuk pincuk. Disajikan bersamaan dengan rempeyek dan mendoan terasa sangat tradisional dan unik. 

5. Nasi Jagung

Pilihan  menu terakhir ini sepertinya sangat cocok untuk para pejuang diet. Menggunakan bahan utama dari jagung yang diparut dan ditumbuk halus menjadi tepung jagung,  kemudian dimasak dengan cara dikukus.
Sejak jaman perjuangan Nasi Jagung sudah menjadi salah satu menu utama untuk masyarakat di sekitar Purwodadi sebagai pilihan pengganti nasi beras. Nasi jagung juga mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat untuk tubuh kita, hampir sama dengan nasi yang biasa kita konsumsi.

Tekstur nasi jagunh yang lembut dan unik paling nikmat disantap selagi hangat, dengan ditambah sayur atau lauk pauk lainnya. Harga satu porsi nasi jagung juga sangat bersahabat, dengan merogoh kocek tidak sampai sepuluh ribu kita akan merasakan nikmatnya nasi jagung sambil bernostalgia suasana masa lampau.


Posting Komentar untuk "5 Kuliner Khas Purwodadi yang enak dan wajib kamu coba, ada yang unik dan bikin ketagihan !"