Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tempat Wisata di Magelang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara

Lokasi wisata di Magelang - Kota Magelang juga dikenal dengan dengan sebutan kota seribu bunga. Hampir di setiap sudut kota ini memang dihiasi dengan pohon pohon dan bunga - bunga yang cantik. 
Kota Magelang terletak di Provinsi Jawa Tengah bagian selatan,  Letak kota Magelang yang juga merupakan batas antara wilayah provinsi jawa tengah dengan Provinsi Jogjakarta menjadikannya sangat sayang untuk tidak dikunjungi setelah anda berwisata di Kota Jogjajakarta. Hal ini karena untuk menuju ke Magelang, Kita hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam perjalanan darat.

Akses yang tidak jauh dari Jogjakarta membuat tempat wisata di Magelang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing yang ingin sekaligus menghabiskan berliburnya di Kota Seribu bunga ini. Akses yang Mudah dan keindahan lokasi wisata yang dimiliki kota Magelang adalah dua hal yang menjadikan Magelang sebagai  Destinasi Wisata yang dikenal hingga ke Mancanegara.

Lalu lokasi wisata apa saja yang bisa kita nikmati dan kita eksplore selama berada di Kota Magelang? 

Berikut kami coba rangkum 14 lokasi wisata terbaik di Kota Magelang yang wajib anda Kunjungi :

1. Candi Borobudur

Destinasi wisata Candi Borobudur sudah sangat dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Candi dengan jumlah arca terbanyak dan memiliki kawasan terluas di Indonesia ini sangat layak untuk anda jadikan sebagai tujuan wisata anda. 

Selain memiliki struktur bangunan yang indah dan penuh sejarah, lokasi candi Borobudur juga memiliki latar belakang pemandangan alam yang sangat  indah yaitu adanya beberapa gunung dibelakangnya, salah satunya adalah gunung Merapi.
Meskipun lebih dikenal sebagai tempat wisata, namun candi Borobudur juga masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Budha. Dan di saat perayaan hari besar umat Budha, biasanya suasana di Candi Borobudur akan semakin semarak dan cantik.

2. Lava Tour Merapi

Lava tour merapi sebenarnya adalah sebuah paket wisata menaiki kendaraan Jeep menuju dan menyusuri jalur lava di lereng Merapi.
Kita akan diajak berpetualang melewati terjalnya bebatuan dan sungai sungai yang merupakan luapan  dari letusan gunung merapi.

Kita juga akan diajak menuju ke museum merapi yang merupakan bukti nyata dan kenangan asli dari sebuah desa yang menjadi korban letusan gunung merapi.

3. Candi Mendut

Candi Mendut terletak di Jalan Mayor Kusen, Mungkit, Kabupaten Magelang. Letak Candi Mendut hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Lokasi Candi Borobudur.

Meskipun ukuran candi Mendut tidak sebesar candi borobudur, namun keindahannya tak kalah untuk diabadikan sebagai kenangan perjalanan wisata sobat traveller.

4. Nepal Van Java Magelang

Sebuah desa di Magelang dijuluki dengan julukan Nepal Van Java karena memang sekilas terlihat mirip dengan pemandangan pemukiman di daerah Nepal yang padat penduduk mengular menuju puncak Everest.

Desa Butuh di Magelang menjadi viral karena memiliki pemukiman penduduk yang seolah olah bertumpuk dan  sepintas terlihat hampir mirip dengan lokasi di Nepal. Desa Butuh yang viral ini berada di lereng gunung Sumbing.
Saat ini lokasi yang viral tersebut sudah dikelola dan ditata sedemikian rupa oleh pemerintah desa setempat sehingga pengunjung menjadi lebih dimanjakan.

5. Ketep Pass

Ketep Pass adalah sebuah lokasi wisata di Kabupaten Magelang yang menawarkan sebuah pemandangan alam dan kesejukan alami dengan view gunung Merapi. 

Di Ketep Pass kita bisa menyewa fasilitas seperti teropong dengan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk bisa melihat merapi lebih dekat.


6. Curug Kedung Kayang

Lokasi Curug Kedung Kayang berada di desa Nagrong, Wonolelo, Sawangan , Magelang. Air terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian hingga 40 meter dan aliran air yang cukup deras.
Untuk bisa menikmati keindahan alam air terjun Kedung Kayang kita harus sedikit mengeluarkan usaha ekstra melalui akses jalan menuju lokasi yang masih alami dan sedikit menyulitkan. Namun semua itu akan hilang terbayarkan dengan keindahan alam sepanjang perjalanan dan di lokasi air terjun kedung kayang dengan segala keindahannya.


7. Air Terjun Sekar Langit

Air terjun sekar langit berada di desa Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang. Konon air terjun Sekar Langit inilah tempat terjadinya legenda Jaka Tarub dan selendang Bidadari.
Jika dibandingkan dengan air terjun Kedung Kayang, air terjun Sekar Langit memiliki akses yang lebih mudah untuk dikunjungi. 

Untuk masuk ke lokasi wisata air terjun Sekar Langit kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 4.000 rupiah/orang dan Parkir kendaraan roda 2 sebesar 3.000 dan roda 4 sebesar 5.000 rupiah.

8. Punthuk Setumbu

Jika anda adalah salah satu pemburu Sunrise, maka anda wajib singgah ke lokasi Punthuk Setumbu ini. Keindahan sunrise di Lokasi Punthuk Setumbu sudah sangat dikenal. Sebuah lukisan alam pegunungan di pagi hari yang diselimuti kabut dan dipadukan dengan keindahan siluet dari candi Borobudur adalah sebuah keindahan tiada dua yang bisa anda temui di tempat lain.

9. Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang

Letak Gereja ayam Bukit Rhema berada di Desa KarangRejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur , magelang. Lokasi wisata gereja Ayam ini semakin dikenal semenjak dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film AADC 2. 

Harga tiket masuk ke lokasi gereja Ayam sebesar 20.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 30.000 rupiah untuk wisatawan asing. Dengan harga masuk ini anda bisa menyusuri setiap sudut dari gereja Ayam termasuk untuk bisa naik di bagian atasnya. Namun sayangnya dengan alasan kekuatan bangunan dan agar bisa bergantian dengan pengunjung lainnya, kita hanya diberi waktu selama 3 menit saja untuk bisa berada di puncak atas bangunan gereja  Ayam ini.

10. Svargabumi 

Svargabumi adalah sebuah lokasi wisata yang menawarkan pemandangan dan spot foto instagramable di tengah sawah. Disini anda bisa mendapatkan beberapa spot foto dengan latar belakang Candi Borobudur dan Bukit Menoreh.


11. Sungai Elo

Jika anda menyukai tantangan dan wisata yang sekaligus memacu adrenalin anda, maka cobalah untuk datang ke Sungai Elo Magelang dan nikmati suasana Rafting menyusuri Sungai Elo.

Jika anda tidak bisa berenang atau termasuk adventurer pemula jangan dulu khawatir, karena jalur rafting di sungai elo masih tergolong aman bagi pemula karena berada pada jalur rafting tingkat II-III. Cukup mengikuti arahan dan safety guide yang diberikan oleh pemandu maka anda akan mendapatkan pengalaman berlibur menyenangkan di sungai Elo.

12. Gunung Andong

Gunung andong adalah sebuah gunung dengan ketinggian menengah  yaitu 1.726mdpl  yang sangat cocok bagi kategori pendaki pemula. 

Denga ketinggian sedang, anda bisa menikmati suasana puncak gunung dan menikmati sunrise sambil melihat keindahan puncak gunung - gunung lain di sekitarnya seperti gunung Merbabu, Sindoro sumbing dan gunung merapi.

13. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo adalah sebuah candi umat Hindu yang terletak di lereng gunung Sumbing. Candi ini ditemukan pada tahun 1835 oleh Seorang Belanda bernama Hartmann.

Jika Berwisata ke candi Selogriyo anda akan mendapatkan sebuah pemandangan alam di sekitar candi berupa sawah terasering yang terlihat cantik bertingkat, dengan adanya candi dan pemandangan sawah seperti ini, sekilas kita diingatkan dengan suasana di desa Ubud, Bali.

14. Kolam pemandian air Panas Candi Umbul

Mungkin lokasi pemandian air panas Umbul merupakan satu satunya pemandian air panas yang merupakan peninggalan jaman kerajaan yang masih tertata apik hingga sekarang. 

Pemandian Candi Umbul berada di desa kertoharjo, desa Grabag, kabupaten Magelang. Jaraknya hanya sekitar 18km dari kota Magelang menuju ke arah Semarang. Aksesnya mudah untuk di jangkau dan juga tarif masuknya Cukup hemat, hanya membayar 5.000 rupiah saja anda bisa menikmati suasana pemandian air hangat di Komplek Candi Umbul Magelang ini.

Posting Komentar untuk "14 Tempat Wisata di Magelang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara"