Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata di Kerawang, Rekomendasi terbaik untuk anda kunjungi saat liburan

Wisata Kota Kerawang - Kabupaten Kerawang yang terletak di Provinsi Jawa Barat namanya banyak dikenal karena sebuah puisi perjuangan berjudul "Kerawang Bekasi" karya Chairil Anwar. Namun ternyata, selain karena nilai sejarah dari Kota Kerawang, kita juga bisa menikmati kota ini dari sisi keindahan potensi Pariwisata yang dimilikinya.

Destinasi wisata di kota Kerawang yang bisa kita kunjungi antara lain seperti wisata pantai, air terjun atau curug, danau-danau atau situ dan juga dataran tinggi dan pegunungan.

Berbagai potensi wisata di Kerawang ditawarkan dengan segala kemudahan akses menuju ke lokasi,fasilitas yang cukup lengkap serta tarif masuk yang terjangkau. Hal ini tentunya menjadi sebuah daya tarik bagi dunia wisata di Kota Kerawang.

Berikut ini kami coba pilih 10 rekomendasi Tujuan wisata yang ada di Kabupaten Kerawang untuk anda kunjungi saat weekend atau musim liburan bersama keluarga.

1. Kerawang Green Canyon

Naman Green Canyon mungkin terdengar serupa dengan sebuah tempat wisata terkenal yang ada di Amerika. Anggaplah begitu, Green Canyon yang ada di Karawang ini sebagai versi mininya . 

Wisata green Canyon Kerawang menawarkan sebuah petualangan berlibur yang menyenangkan dengan menyusuri sungai yang diapit dengan sebuah tebing batu tinggi di sepanjang sungainya.

Pantulan dari warna lumut dan pepohonan yang ada di sekitar sungai membuat aliran air di green canyon ini ikut terlihat kehijauan. Namun meskipun terlihat hijau, sebenarnya sungai ini memiliki air yang jernih yang bisa anda pakai untuk berenang.

Lokasi Green Canyon Kerawang berada di kampung tonjong roke, desa medal sari, kecamatan pangkalan, Loji, Kabupaten Kerawang. Jam buka wisata green canyon mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Tarif untuk menikmati suasana keindahan wisata di green canyon sebesar 50.000 rupiah/orang.

2. Kampung wisata Curug Cigeuntis

Curug Cigeuntis atau cigentis merupakan salah satu dari beberapa lokasi air terjun atau curug yang berada di wilayah kawasan gunung Loji. 

Curug Cigentis memiliki ketinggian yang cukup lumayan. Dengan debit air yang cukup deras dan ketinggian sekitar 25 meter, membuat suasan di sekitar jatuhnya air menjadi sejuk dan menyegarkan. 

Lokasi curug Cigeuntis berada di desa Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Anda bisa menikmati suasana tenang , udara sejuk dan menyegarkan di lokasi curug Cigeuntis mulai jam 07.00 hingga 17.00 dengan  membayar tarif tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah saja.

3. Wana Wisata Puncak Sempur

Puncak sempur adalah sebuah lokasi wisata yang terletak di ketinggian bukit di wilayah Kerawang. Tempat wisata ini menawarkan keindahan suasana alam dan kesejukan udara pegunungan yang menyegarkan. Dari tempat wisata Puncak Sempur anda juga bisa menikmati keindahan Landscape kabupaten Kerawang. 

Jika anda menyukai kegiatan camping, disini juga terdapat area yang dipersiapkan untuk kawasan camping. Berolahraga di pagi hari sambil Menikmati keindahan sunrise setelah semalam menginap di tenda adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan di puncak Sempur.

Tarif tiket masuk puncak sempur adalah 10.000 rupiah  plus tiket parkir kendaraan sebesar 5.000 untuk roda dua dan 10.000 untuk roda empat. 

4. Curug Bandung Kerawang

Curug bandung, nama air terjun ini terdengar unik karena mirip dengan salah satu kota besar di Jawa Barat, padahal letaknya berada di kabupaten Kerawang. 
Curug Bandung Kerawang memiliki keindahan pemandangan yang masih alami dan udara yang sangat menyegarkan. 

Letak Curug Bandung berada di kaki gunung Sanggabuana, desa mekarbuana , kecamatan tegalwaru, Kerawang.
Debit air terjun atau curug bandung termasuk cukup deras meskipun memiliki ketinggian sedang. Bahkan di musim kemarau sekalipun aliran air di curug bandung tetap deras dan jernih. 

Menikmati keindahan alam di sekitar curug bandung sambil berendam di kedalaman air yang dangkal dan jernih sepertinya sangat menyenangkan untuk dilakukan. Suara percikan air terjun dan cipratan embun akibat air yang jatuh dari ketinggian bisa menjadi obat pelepas rasa penat setelah sibuk melakukan aktivitas sepekan.

5. Pantai Tanjung baru Kerawang

Letak pantai ini berada di antara perbatasan kabupaten kerawang dengan kabupaten subang. Pantai Tanjung baru Memiliki pemandangan khas pantai dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar.

Anda bisa memilih bersantai sambil menikmati sajian makanan olahan laut di tepi pantai tanjung baru, atau menyewa perahu  untuk menikmati keindahan sepanjang pantai ini. 


Sedikit kekurangan dari pantai ini adalah kurangnya pengelolaan. Beberapa fasilitas umum dibiarkan kurang terawat, kebersihan bibir pantai juga kurang terjaga. Hal yang sangat disayangkan, mengingat sebetulnya lokasi pantai ini bisa menjadi tujuan wisata akhir pekan yang menyenangkan.

6. Candi Jiwa

Sebelumnya saya tidak pernah mengetahui bahwa ternyata di kabupaten kerawang terdapat sebuah candi peninggalan abad ke 9. Selain lebih tua dari candi gedong songo yang ada di kabupaten semarang, luas dari candi Jiwa juga termasuk sangat fantastis. Kawasan candi jiwa diukur hampir mencapai 5 hektar dan terbagi dalam 3 desa yang ada si sekitarnya.

Lokasi wisata Candi Jiwa mulai dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja, kita bisa menikmati sebuah bangunan peninggalan sejarah yang sangat indah dan memiliki keunikan arsitektur khas.

7. Pantai Samudra Baru

Jika anda ingin menikmati suasana pantai namun tidak mau menempuh perjalanan yang jauh dari kota Kerawang, mungkin Pantai Samudra Baru ini adalah jawabannya. Pantai samudra baru terletak di jalan raya sungai buntu, kecamatan Pedes, Kerawang tidak jauh dari Pusat Kota.

Pantai samudra baru memiliki garis pantai yang landai dan memanjang sehingga cukup aman untuk berenang. Anda juga bisa menaiki perahu untuk berlayar ke tengah laut dengan fasilitas perahu yang sudah disiapkan olah penduduk setempat. 


Setelah puas menikmati suasana pantai dan laut disini, anda bisa melepas lelah sambil menikmati menu olahan seafood dari warung-warung makan yang berada di sepanjang pinggiran pantai samudra baru ini. Cukup lengkap bukan.

8. Curug Cikole angka

Obyek wisata curug cikoleangkak di desa Tegalwaru, kabupaten Kerawang Adalah salah satu air terjun yang masih alami dan sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata akhir pekan anda.

Air terjun cikole angkak Memiliki suasana yang masih alami, air yang bersih dan lokasi yang indah dan sejuk , sangat pas untuk bersantai di akhir pekan. Akses untuk menuju ke lokasi juga tergolong mudah, meskipun anda harus sedikit berjalan kaki menyusuri jalan setapak, namun keindahan lokasi air terjun ini akan membayar semua perjuangan itu.

9. Danau Kalimati


Danau Kalimati berada di wilayah kabupaten Kerawang Bagian barat. Biasanya penduduk di Kerawang akan memilih berakhir pekan di Danau ini karena lokasinya yang dekat dan memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan untuk sekedar bersantai dengan anggaran yang hemat dan waktu yang singkat.

10. Gunung Sanggabuana

Jika anda ingin mencari suasana alam dan kesejukan udara yang mampu untuk melepaskan sejenak beban pikiran setelah sepekan bekerja, mungkin berlibur ke lokasi wisata gunung sanggabuana adalah salah satu pilihan yang baik.

Bersantai bersama keluarga dan menikmati makanan sambil melihat pemandangan yang masih hijau alami di kawasan gunung sanggabuana ini akan sangat terasa menyenangkan. Suasana alam yang jauh dari kebisingan kota dan kemacetan juga akan membuat anda lebih bisa rileks selama akhir pekan.

Itulah 10 lokasi wisata di kabupaten kerawang yang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi anda saat sedang berada di Kabupaten Kerawang. 

Selamat menikmati.


Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Kerawang, Rekomendasi terbaik untuk anda kunjungi saat liburan"