Gumuk Pasir Parangtritis, Keindahan bernuansa timur tengah di Kota Jogjakarta

Gumuk Pasir Jogjakarta - Berbicara mengenai gurun pasir maka yang terlintas di pikiran kita akan langsung mengarah ke wilayah Timur tengah atau Kawasan Afrika. Tapi ternyata, kita bisa menikmati keindahan nuansa gurun pasir tidak perlu dengan jauh-jauh ke sana lho, di sebelah barat pantai parangtritis, tepatnya di kabupaten Bantul, Jogjakarta terdapat sebuah daerah padang pasir yang sekilas keindahahan dan nuansanya sangat  mirip dengan pemandangan di daerah gurun yang ada di wilayah timur tengah atau Afrika.


Gumuk Pasir Barchan Parangkusumo, Bantul. Gumuk dalam bahasa jawa berarti gundukan pasir, karena di wilayah ini terlihat banyak sekali gundukan-gundukan pasir yang terbentuk karena hembusan ombak dan angin pantai, maka daerah ini disebut dengan nama Gumuk Pasir oleh penduduk setempat.

Gumuk pasir jogjakarta parangkusumo
Gumuk Pasir ParangTritis Jogjakarta

Untuk daerah tropis seperti di Indonesia sebenarnya ini merupakan sesuatu yang unik dan termasuk langka. Hanya terdapat 2 daerah di Dunia yang memiliki keunikan seperti ini, yang pertama yaitu di daerah meksiko dan yang ada di daerah Parangkusumo Bantul ini.

Dan ternyata tidak hanya tampilannya saja yang menyerupai suasana di daerah gurun pasir, Cuaca dan suhu udara yang ada di daerah inipun begitu mirip dengan kondisi cuaca di daerah gurun. Perbedaan suhu yang ekstreme antara siang dan malam hari sangatlah terasa perbedaannya.

Padang pasir di pantai jogjakarta

Oleh beberapa pemuda setempat daerah ini juga sering dimanfaatkan untuk melakukan olahraga sandboarding atau berseluncur di atas pasir. Olahraha ini cukup populer terutama di daerah-daerah yang memiliki bukit pasir seperti di Gumuk parangtritis ini. Jika anda ingin ikut merasakannya, anda bisa menyewa peralatannya sekaligus dipandu oleh pengelola setempat.


Selain itu di tempat ini juga sangat sering dijadikan sebagai lokasi foto praweding dan pembuatan video klip yang menginginkan suasana pasang pasir sebagai latar belakangnya. Memanfaatkan lekukan dan garis - garis indah dari bukit pasir, ditambah cahaya sinar matahari pada waktu yang tepat akan menghasilkan sebuah Karya seni Fotogtafi atau video yang sangat luar biasa indah.
Bahkan salah satu film fenomenal di Indonesia yaitu Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC) juga sempat memanfaatkan keindahan lokasi ini sebagai tempat syuting mereka.

Gumuk pasir lokasi langka di dunia

Jika anda ingin ke Lokasi Gumuk Parangtritis ini, anda tidak perlu kesulitan untuk menemukannya. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Petunjuk arah dari Online Map atau bertanya kepada penduduk setempatbakan memudahkan anda untuk menemukan lokasi ini.

Tarif Masuk Ke Lokasi Gumuk Parangkusumo Jogjakarta :

Untuk masuk ke lokasi wisata ini anda hanya perlu membayar biaya retribusi parkir saja yaitu sebesar Rp. 2000,- untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 5000,- untuk kendaraan roda empat. 

Nah jika anda ingin mencoba merasakan sensasi bermain sandboarding, anda bisa menyewa peralatan yang sudah disediakan oleh pengelola sebesar Rp. 150.000,-. Mahal? Biaya yang masih sangat murah untuk bisa menikmati keindahan lokasi wisata yang hanya ada 2 di dunia tanpa harus jauh jauh menuju luar negeri.
Lokasi foto di Gumuk Pasir Jogjakarta

Belum ada Komentar untuk "Gumuk Pasir Parangtritis, Keindahan bernuansa timur tengah di Kota Jogjakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel