Pecel Pakis Muria, Makanan tradisional khas kota kudus yang disukai segala kalangan dan usia

Gunung Muria yang terletak di Kota Kudus selain memiliki pesona keindahan alam ternyata juga memiliki potensi wisata kuliner yang cukup populer yaitu Pecel pakis Khas Colo Muria. Pecel ini dibuat dari bahan utama daun pakis yang banyak tumbuh di sekitar lereng Gunung Muria kudus.


Tanaman Pakis awalnya adalah sayuran liar yang tumbuh dan dibiarkan begitu saja tanpa manfaat, Daunnya sedikit lebar seukuran telapak tangan orang dewasa, biasanya dipilih daun pakis yang masih muda supaya masih terasa lebih empuk.

Oleh beberapa warga tanaman ini dipadukan dengan beberapa sayuran lain seperti kacang panjang, taoge dan bumbu pecel yang diolah sendiri dengan tambahan daun jeruk purut dan kemudian  disajikan dengan telur ceplok panas, sangat nikmat rasanya.  hasilnya adalah saat ini Pecel Pakis berhasil disukai oleh banyak pengunjung yang datang di kawasan wisata Gunung Muria dan menjadi salah satu makanan favorit khas  Kota Kudus.

daun pakis muria

Bagi sobat kuliner yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya pecel pakis, mungkin akan sedikit bertanya seperti apa sih rasa dari pecel berbahan daun pakis ini. Sebetulnya rasa pecel pakis tidak jauh berbeda dengan beberapa menu pecel khas daerah lain seperti pecel madiun atau pecel semarangan. Yang membedakan adalah rasa dari daun pakis yang sedikit berserat dibandungkan jika anda makan pecel yang memakai daun bayam.

Jika anda sudah mencicipi Pecel Pakis sekali saja, mungkin anda akan langsung menyukainya dan akan mencicipinya untuk kedua kali dan seterusnya. Rasanya nggak aneh sama sekali kok, ditambah jika anda makan di warung pecel pada saat pagi hari di saat udara pegunungan Muria masih sejuk, pasti rasanya akan semakin nikmat. Bahkan Bp Hartopo sebagai Pejabat Bupati sementara Kota Kudus saat inipun pernah mengungkapkan kesukaannya terhadap pecel pakis muria ini.


Oh ya, sekalian kalau anda masih ingin bersantai, anda bisa juga coba mencicipi kopi muria yang saat ini mulai dikenal karena rasa kopinya yang nggak kalah dengan kopi dari daerah lain.

Nah selesai makan sarapan menggunakan pecel pakis dan menikmati kopi muria, saat nya menikmati waktu bersantai di lereng muria. Disini anda bisa memilih beberapa lokasi wisata seperti Wana Wisata Kajar, Air Terjun Montel - Colo, atau bersantai di Kawasan Rahtawu yang memiliki banyak spot wisata seperti semliro atau gardu pandang ternadi. Jka anda ingin berwisata rohani, anda bisa juga sekaligus berziarah ke Makam Sunan Muria.


Tunggu apalagi sobat Kuliner, Yuk ajak keluarga dan teman untuk mencicipi uniknya Pecel Pakis khas Muria dan sekaligus berwisata ke kawasan Colo atau Rahtawu yang berhawa sejuk dan segar ini. Dijamin puas denga sensasi keunikan citarasa Khas Pecel Pakis Muria.



Oh iya, jika anda belum sempat untuk mencicipi langsung pecel pakis di kawasan Muria,atau anda sudah menyukai keunikan makanan pecel ini dan ingin mencicipinya setiap pagi tanpa harus jauh jauh naik ke kawasan muria, anda bisa datang ke gerai RM. Putu Muria yang teletak di jalan Letkol Tit Sudono ( GG.4 ) Kudus.

Gerai ini menjual menu khusus pecel pakis khas muria dan kopi muria. Jadi untuk mencicipi pecel pakis muria saat ini kita tidak perlu jauh - jauh ya ke gunung muria.



Belum ada Komentar untuk "Pecel Pakis Muria, Makanan tradisional khas kota kudus yang disukai segala kalangan dan usia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel