Garang Asem khas Kudus, Resep dan Cara membuat sendiri di rumah

Jika anda berkunjung ke kota Kudus dan sempat hunting beberapa kuliner khas Kudus, pastinya anda tidak akan melewatkan menu masakan yang satu ini : garang asem khas Kudus. Makanan olahan berbahan dasar ayam kampung dan bercita rasa pedas ini memang menjadi salah satu favorit para pemburu kuliner yang datang ke kota Kudus.


Dan salah satu rumah makan garang asem yang cukup terkenal dan sudah punya nama di kalangan pecinta kuliner adalah garang asem Sari Rasa yang terletak di jalan Agil Kusumadya. Harga satu porsi garang asem yang dijual di rumah makan Sari Rasa Ini berkisar di harga sekitar 25.000 - 30.000 rupiah. Terdapat tiga pilihan menu garangasem yaitu garang asem ayam, jeroan dan ceker.

Pemilik Rumah Makan Sari Rasa pernah mangatakan akan menjaga kualitas dengan selalu menggunakan pilihan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Hal ini untuk tetap mempertahankan kualitas rasa daging garang asemnya,  ditambah dengan bumbu pilihan  seperti cabe rawit, tomat hijau, dan bumbu dasar lainnya membuat rasa dari garang asem Sari Rasa Kudus ini memang sangat gurih, pedasnya kuat dan berkarakter.

Nah bagi sobat kuliner yang belum sempat datang ke kota Kudus tetapi ingin mencicipi lezat dan nikmatnya masakan garang asem khas kota Kudus yang satu ini , mungkin anda bisa mencoba untuk membuatya  sendiri di rumah. Bahan dasarnya cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat, selain itu cara memasak dan pengolahannya pun tidak terlalu rumit.

Resep, bahan dan cara pembuatan garang asem khas Kudus :

Bahan - Bahan :
- siapkan 1 ekor ayam kampung yang telah dibersihkan dan dipotong menjadi beberapa bagian yang anda suka. Biasanya satu ayam kampung bisa dipotong menjadi 15 sampai 20 bagian.
- 90 ml santan
- 1 liter air matang

Bahan Bumbu : 
- 20 butir cabe rawit 
- Bawang putih 8 siung
- Bawang merah 10 Siung
- 3 batang serai memarkan
- 2 cm lengkuas, diiris tipis
- 1 cm jahe , iris tipis 
- 10 lembar daun salam
- 10 lembar daun jeruk purut
- 20 sampau 30 butir belimbing wuluh, potong tipis tipis.
- Tomat Hijau / merah ( sesuai selera ) iris tipis.
- 1sendok teh
-  2 sendok garam (sesuai selera)
- Daun pisang untuk pembungkus, cari yang tebal dan lebar lalu bersihkan.
- Minyak goreng secukupnya.

Langkah - Langkah cara pembuatan Garang Asem Kudus :
Tumis bumbu atau bahan yang telah diiris tipis ke dalam minyak goreng yang telah disiapkan di wajan yang sudah panaskan. 

Tumis bumbu hingga beraroma harum dan berwarna kecoklatan. Selanjutnya masukkan 500 ml air kedalam bumbu yang sudah matang , masukkan juga daging ayam kampung dan biarkan masak sampai bumbu meresap dan daging berubah menjadi lebih empuk. 
Biarkan sampai air menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
Jika dirasa daging ayam sudah cukup empuk dan bumbu meresap kedalamnya, tambahkan santan kental, gula, dan garam. Biarkan sampai mendidih dan bumbu semakin meresap kedalam daging ayam.

Langkah terakhir adalah menyiapkan selembar daun pisang untuk membungkus garang asem sebelum kita masukkan ke  dalam panci kukusan. 
Usahakan daun pisang yang dipakai cukup lebar, tidak pecah dan buatlah berlapis agar air bumbu tidak bocor saat dikukus. 
Sebelum anda masukkan ke panci kukusan, tambahkan daun salam,  daun jeruk, dan masukkan pula potongan belimbing wuluh, tomat, daging ayam. Biarkan bungkusan garang asem ini berada di dalam panci kukusan kurang lebih selama 20 menit.

Setelah matang anda bisa menghidangkan menu Garang Asem Khas Kudus untuk makan bersama keluarga tercinta di Rumah. Paling nikmat menyantap garang asem adalah saat kondisi masih panas.

Selamat menikmati garang asem khas Kudus buatan sendiri ya sobat kuliner.. selamat makan dan kami tunggu kunjungannya di resep masakan kami yang lainnya.

(S78)






Belum ada Komentar untuk "Garang Asem khas Kudus, Resep dan Cara membuat sendiri di rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel