Menu Makan Siang Sayur Asem Sambal Pindang, makan siang ala desa yang nikmatya tiada terkira

Cari menu makan siang yang enak dan sehat, sederhana tapi lezat? Cobain deh, makan siang sayur asem dengan lauk pindang goreng ditambah sambal tomat.. hmmm.. yummy...dijamin nagih dan sampe keringetan deh.

Sayur Asem Lauk Pindang

Sayur asem adalah sayur khas asli Indonesia yang memiliki banyak varian tergantung dari berbagai daerah yang membuatnya. Sayur asem sebenarnya adalah makanan rumahan yang mungkin hampir  tersaji di setiap rumah di seluruh Indonesia.

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pengolahan yang mudah membuat sayur asem menjadi alternatif menu makan siang favorit untuk dibuat oleh ibu rumah tangga di Indonesia. Sayur asem juga mudah disajikan dengan berbagai lauk dan rasanya sangat lezat nikmat dan menyehatkan.

Namun saat ini berbagai Rumah Makan terkenalpun sudah mulai menyajikan sayur asem sebagai salah satu menu pilihan utama untuk disajikan kepada para pelanggan. makam di rumah makan kopi Klotok yang ada di Jogjakarta menu sayur asem selalu menjadi favorit dan selalu habis disantap oleh setiap pengunjung yang datang ke rumah makan ini.

Nah untuk kali ini saya pun berkesempatan makan siang sayur asem dari daerah jawa tengah ditambah dengan lauk ikan pindang goreng plus sambal tomat atau sambal terasi yang sangat lezat. Sayur asam sangat baik untuk anda konsumsi karena mengandung banyak sayuran menyehatkan dan baik untuk tubuh.

Dan yang membuat saya suka dari makan sayur asem adalah saya bisa menyeruput (menghisap) rasa segarnya kuah sayur asam melalui jagung yang direbus di dalam sayur asem tersebut. Hal yang selalu saya lalukan sejak kecil saat makan sayur asam.

Dimakan dengan ikan pindang goreng dan sambal semakin menambah nikmat menu makan siang kali ini. Oya, ikan pindang adalah ikan yang diolah dengan cara dibumbui dan digarami kemudian diasap atau direbus sehingga menjadi lebih awet tetapi tetap sehat. Ikan pindang juga mengandung banyak protein tinggi, mineral, vitamin A dan asam omega 3  yang baik untuk tubuh.

Nah, mau coba membuat sendiri sayur asam di rumah? Berikut ini kami bagikan resep dan cara pembuatan Sayur Asem ala dapur Ibu yang lezat :

Bahan - Bahan : 

  • 2 Bonggol Jagung Manis
  •  Batang Wortel1
  • 1 Ikat Kacang Panjang
  •  1 ons kacang tanah
  • 3 cm lengkuas
  • 1 sdm asam jawa ( sesuai selera keasaman yang diinginkan )G
  • Gula dan garam secukupnya.


Bahan Bumbu Halus :

  • 5 Butir Kemiri
  • 5 Buah Cabe Merah
  • 4 Siung Bawang putih 
  • 8 Siung Bawang Merah

Langkah-langkah memasak sayur Asam :

  1. Potong bahan bahan seperti kacang panjang, wortel dengan ukuran sesuai selera. Potong juga jagung menjadi 2 bagian atau 3 bagian sesuai selera. Kemudian cuci semua sayuran yang sudah di potong lalu masukkan ke dalam panci rebusan yang sudah diberi air secukupnya. Biarkan masak sampai setengah matang. Untuk potongan kacang panjang lebih baik dimasukkan belakangan agar tidak terlalu lembek.
  2. Masukkan semua Bahan bumbu halus yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Masukkan pula lengkuas, dan asam jawa ke dalam air rebusan. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. 
  3. Setelah mendidih, Masukkan potongan kacang panjang ke dalam masakan sayur asem. Aduk hingga rata lalu lakukan langkah koreksi rasa.
  4. Jika rasa masakan sudah sesuai selera, matikan api dan sajikan. Tambahkan sambal atau lauk seperti ikan pindang goreng atau ikan asin bersama sayur asem dan nasi panas yang dihidangkan. 

Selamat menikmati..

Belum ada Komentar untuk "Menu Makan Siang Sayur Asem Sambal Pindang, makan siang ala desa yang nikmatya tiada terkira"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel