7 oleh-oleh khas Kudus yang paling dicari selain jenang Kudus oleh wisatawan

Oleh-oleh khas Kudus paling populer selain Jenang - Kudus selain dikenal sebagai kota industri ternyata juga merupakan salah satu kota dengan lokasi wisata yang banyak dikunjungi di Jawa tengah.

Kota Kudus memiliki banyak lokasi wisata dengan keindahan alam yang berada di daerah sekitar lereng pegunungan Muria, Kota Kudus juga memiliki dua tujuan wisata rohani yang sangat populer di kalangan umat muslim yaitu Masjid menara Kudus / makam sunan Kudus dan makam sunan Muria. Selain keindahan lokasi wisata,  Kudus juga memiliki berbagai kekayaan budaya dan kuliner yang bisa anda Explore lebih banyak lagi.

Dan jika membicarakan mengenai dunia wisata, maka tentunya kita tidak akan jauh-jauh dari pembicaraan mengenai oleh-oleh. Dan salah satu oleh-oleh khas Kudus yang paling dikenal adalah  Jenang Kudus.

Makanan khas kudus ini memang sangat populer di kalangan wisatawan yang sering berkunjung ke kota Kudus sekaligus menjadi oleh-oleh yang paling  banyak dibeli untuk dibawa pulang ke daerah asal mereka.

Bahkan saking populernya Jenang ini, Salah satu produsen Jenang Kudus yang cukup terkenal yaitu Jenang Mubarok atau jenang 33 sampai membuat "Musium Jenang"yang berada di Jl Sunan Muria Kudus. Musium Jenang ini berisikan tentang sejarah jenang dan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan Jenang Kudus.

Namun ternyata, selain Jenang , kota ini ternyata juga memiliki banyak sekali makanan atau hal lain yang sangat unik dan juga bisa dijadikan oleh-oleh dari kota kudus  untuk dibawa pulang. Kira kira selain jenang apa sajakah yang bisa kita jadikan sebagai oleh-oleh khas kudus?

Berikut ini kita akan membahas mengenai 10 benda atau makanan selain Jenang Kudus yang juga cukup populer untuk dibawa sebagai oleh-oleh anda : 

1. Madu mongso

Madu Mongso sekilas terlihat mirip sekali dengan Jenang Kudus, perbedaannya dengan rasa Jenang Kudus adalah adanya rasa sedikit asam bercampur manis yang berasal dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasa asam itu didapatkan dari fermentasi ketan sehingga hampir ada rasa asam seperti tape di dalam ciri khas madu mongso yang kita cicipi.
Selain itu madu mongso mempunyai ciri khas dalam bentuk kemasannya yang dibungkus dengan kertas minyak berwarna warni seperti hijau merah kuning dan terkesan seperti makanan klasik zaman dulu.

2. Batik kudus

Batik Kudus Mungkin memang tidak seterkenal batik Pekalongan atau batik Lasem, namun saat ini batik Kudus mulai banyak dicari oleh kalangan pecinta batik dari seluruh wilayah Indonesia.
Batik Kudus memiliki ciri-ciri yang khas pada motifnya, motif tersebut diilhami dari budaya serta ikon Kota Kudus , misalnya motif menara Kudus, tugu Kota Kudus atau tarian Kota Kudus.

Selain menonjolkan icon dari kota Kudus ciri khas lainnya adalah batik Kudus ini memiliki kerapatan dan akan goresan canting dibandingkan dengan batik batik dari daerah lain.

Dalam produksinya batik Kudus ini terbuat dengan dua cara yaitu batik tulis maupun batik canting dan keduanya sama-sama diminati oleh pecinta batik baik dari konsumen lokal maupun mancanegara. 

Dan jika anda berkunjung ke Kudus Anda bisa menjadikan batik Kudus ini sebagai salah satu oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang untuk kerabat terdekat anda.

3. Keciput

Keciput pada awalnya adalah sebuah sajian makanan kecil ciri khas kota Kudus yang seringkali disajikan pada saat perayaan lebaran idul Fitri untuk tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah.
jika Anda belum pernah melihat apa itu makanan keciput, Sekilas Anda bisa membayangkan seperti melihat onde-onde dalam bentuk bulatan lonjong dengan ciri khas balutan biji wijen.
Rasanya yang gurih dan nikmat memang sangat pas untuk dijadikan cemilan pada saat bersantai dan bisa anda jadikan sebagai salah satu oleh-oleh ciri khas kota Kudus.

4. Kacang bawang sumber gelis

Sesuai dengan namanya kacang bawang adalah makanan ringan yang terbuat dari kacang yang digoreng dengan bawang putih sebagai penyedap dan kemudian ditambahkan bumbu dengan ajakan khusus dan memiliki cita rasa yang manis dibandingkan kacang bawang dari daerah lain.
kacang sumber gelis
Kacang Sumber Gelis Kudus

Nama sumber gelis diambil dari lokasi produsen pertama kacang bawang ini yang berada tidak jauh dari kali terbesar di kota Kudus yaitu kaligelis sehingga dinamakan kacang bawang sumber gelis.

Saat ini kacang bawang sudah dikemas dalam bungkus plastik modern yang sudah bisa anda temukan di beberapa gerai penjual oleh-oleh di kota Kudus atau Anda juga bisa langsung datang ke pusat produsen kacang sumber gelis yang berada di sebelah jembatan kali gelis Kota Kudus.

5. Kopi Muria

kopi Muria memang akhir-akhir ini cukup mulai terangkat pamornya. makan oleh pemerintah kota Kudus sendiri memang kopi Muria dijadikan salah satu komoditas pertanian yang ditingkatkan dalam hal penjualan nya.
Bahkan baru-baru ini di tugu perbatasan masuk kota Kudus juga diadakan festival kopi Muria yang bertujuan untuk mengangkat pamor kopi Muria, dan memang ternyata acara ini mengundang banyak sekali minat dari penikmat kopi untuk lebih mengenal dan mencintai kita rasa kopi Muria.
Saat ini sudah banyak sekali warung atau Rumah Makan serta gerai oleh-oleh yang menyediakan kopi Muria dalam bentuk kemasan yang bisa anda pulang bawa pulang sebagai oleh-oleh.

6. Sirup Parijoto

Parijoto adalah buah unik berwarna ungu yang merupakan makanan atau buah khas dari pegunungan lereng Muria. Buah yang banyak sudah diteliti secara ilmiah ini memangmengandung zat yang baik untuk tubuh ini konon katanya bisa atau sangat baik untuk ibu yang mengandung. Namun terlepas dari penelitian tersebut, ada mitos yang mengatakan jika ibu hamil mengkonsumsi buah parijoto ini, maka anak yang nantinya dilahirkan akan berparas tampan atau cantik.

Baca Juga :  Buah Parijoto, Manfaat untuk ibu hamil Mitos atau Fakta

Jika dulu kita mengkonsumsi buah ini langsung dalam bentuk buah utuh, saat ini banyak produsen yang menjual dan menyajikan buah parijoto ini dalam bentuk sirup sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi secara langsung.

selain lebih mudah dan instan untuk konsumsi tentunya dalam bentuk sirup parijoto akan lebih awet dan bisa diminum kapan pun dalam jangka waktu yang lebih panjang.

7. Geplak 

Geplak atau biasa dikenal dengan nama geplaksari sebetulnya adalah makanan oleh-oleh khas Jogjakarta tapi ternyata saat berbelanja di pusat oleh-oleh kotakota Kudus , banyak ditemui penjual oleh-oleh yang juga menjual atau menyajikan makanan geplak ini.
Makanan bercitarasa manis ini memang cukup digemari karena kecenderungan masyarakat Kudus memang menyukai makanan yang memiliki rasa yang manis.

Demikian informasi dari kami terkait 7 oleh-oleh dari kota Kudus yang bisa anda bawa sebagai oleh-oleh khas dan kota Kudus selain jenang.

jika anda memiliki informasi terkait oleh-oleh lain yang mungkin bisa anda bagikan ke teman-teman yang lain bisa ada tuliskan di kolom komentar atau bisa langsung kirim email atau informasi kepada kami.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga pembaca selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan rezekinya.

Amin.







Belum ada Komentar untuk "7 oleh-oleh khas Kudus yang paling dicari selain jenang Kudus oleh wisatawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel