Galat Kamera

Cara Mengatasi Munculnya Notif Galat Kamera dengan Mudah

Sumber78.com – Masalah galat kamera paling sering ditemui pada perangkat smartphone android seri lama. Keluaran sebelum 2019 biasanya mengalami masalah seperti ini apabila sampai sekarang perangkatnya masih digunakan.

Selain karena masalah hardware, banyak tukang servis menyatakan masalahnya juga terpicu akibat sinkronisasi software. Di mana perangkat masih menggunakan firmware lama namun update aplikasi kameranya sudah versi terbaru.

Sebagai pengguna Anda tidak perlu panik apabila muncul notifikasi tersebut ketika hendak menggunakan aplikasi kamera. Belum tentu terjadi kerusakan hardware jadi masih bisa dilakukan perbaikan secara mandiri.

Jika pemicunya masih akibat desinkronisasi software ada beberapa tips mudah mengatasinya. Mari ikuti pembahasan selanjutnya sehingga Anda dapat mengatasi galat ini secara mandiri.

Tips Mengatasi Galat Kamera Android Semua Tipe

Langsung saja ada beberapa pendekatan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi galat tersebut. Sehingga bisa melakukan penanganan pertama agar galat tidak menjadi semakin kompleks.

1. Update Aplikasi Kameranya

Metode pertama mengatasi galat kamera adalah dengan melakukan update aplikasi kameranya secara manual. Berikut adalah tutorial bagaimana melakukan update secara manual sehingga kameranya bisa kembali sinkron.

  • Masuk ke setelan android
  • Cari menu aplikasi terinstal
  • Cari aplikasi kamera (default)
  • Klik tombol hapus data/cache kemudian tunggu beberapa saat sampai penghapusan selesai
  • Restart smartphone android Anda

Ini adalah cara paling sering bekerja dan mudah dilakukan oleh setiap kalangan pengguna untuk mengatasi galat kamera. Apabila update sudah selesai maka kameranya bisa digunakan seperti biasa tanpa terjadinya notifikasi error.

2. Mengganti Aplikasi Default

Apabila sudah tidak terdapat pembaruan lagi pada aplikasi kameranya jelas ini akan lebih sulit. Solusinya pengguna perlu menggunakan APK lain untuk menjalankan fungsi kameranya, berikut caranya.

  • Lakukan hapus data seperti pada tutorial di poin 1
  • Jika sudah selesai masuk ke Playstore
  • Cari aplikasi kamera sesuai brand androidnya
  • Instal aplikasinya
  • Jalankan aplikasi kameranya sebagai pengganti versi default

Metode tersebut bisa dijadikan sebagai solusi mengatasi galat kamera jika APK bawaan sudah tidak ada update. Ini bisa terjadi pada device yang sudah berusia empat tahun lebih dan tidak ada dukungan lagi dari pabrikan.

Salah satu contohnya dapat terjadi pada Vivo Y91 yang sudah rilis sejak 2019 namun masih awet dipakai sampai sekarang. Pabrikan sudah tidak memberikan lagi dukungan secara official terkait APK bawaan lama.

Sehingga terjadinya error di beberapa hardware bisa terjadi akibat adanya desinkronisasi. Namun ini bukan masalah kompleks karena kebanyakan pemicunya adalah masalah software saja.

3. Mengganti IC Kamera

Ini adalah solusi terakhir dan hanya boleh dilakukan apabila Anda benar-benar yakin masalahnya terletak pada hardware. Untuk kameranya sendiri biasanya sangat sulit mengalami kerusakan kecuali pernah terjatuh.

Namun apabila device sering digunakan sampai overheat maka ada kemungkinan terjadi short circuit pada IC kameranya. Kita dapat merapikan ulang solderan pada IC kamera sehingga tidak terjadi short circuit.

Khusus untuk poin ketiga ini lebih baik serahkan pada tangan profesional agar hasilnya optimal. Terjadinya galat kamera akibat short circuit harus ditangani secara hati-hati sehingga lebih baik bawa langsung ke service center terdekat.