Kabar Duka: Raffi Ahmad "Selamat Jalan Mak Nyak" Semoga Surga tempat mu...Innalillahi




Innalillahi: Raffi Ahmad Bawa Kabar Duka, Mak Nyak Aminah Meninggal Dunia dalam Usia 85 tahun.....


Aktris senior Aminah Cendrakasih yang dikenal dengan perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (21/12/2022).Kabar Aminah Cendrakasih "Mak Nyak" mengembuskan napas terakhirnya, disampaikan oleh Rubby Karno, sineas yang juga kakak dari Rano Karno, pemeran Si Doel di sinetron legendaris tersebut.


Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, Rubby Karno mengumumkannya melalui akun Facebook pribadi miliknya bersama foto dirinya berpose dengan Aminah Cendrakasih yang sedang tergeletak di atas tempat tidurnya.  Sebelum meninggal dunia,  Aminah Cendrakasih sudah beberapa tahun ini terbaring sakit di atas tempat tidur karena menderita lumpuh dan glaukoma.


Akibat glukoma dan lumpuh Aminah Cendrakasih kehilangan penglihatan dan tidak bisa beraktivitas. Selama kondisinya itu, sudah tak terhitung berapa banyak artis-artis yang sudah menjenguknya. Meski begitu, Aminah sempat bermain dalam tiga film layar Si Doel yaitu Si Doel The Movie 1-3.


Namanya dikenal publik lewat pentas sandiwara tahun 1955. Sejak saat kariernya pun melesat. Hingga saat ini ia sudah membintangi sekitar 101 judul film.


Di kalangan artis, Aminah dikenal sebagai artis yang cepat menghafal dialog dalam skenario.  Aminah mengikuti jejak kedua orangtuanya terjun ke dunia akting.


Sejak masih sekolah di sekolah kepandaian putri (SKP), putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini sudah mengenal dunia panggung. Ibunya, Wolly Sutinah alias Mak Wok, menginginkan Aminah melanjutkan sekolah, akan tetapi lingkungan keartisan di rumahnya membawanya terjun ke dunia akting. Aminah bahkan beberapa kali sempat bermain dengan ibunya di sejumlah film dan sinetron. 


Sebagai aktris yang sudah terjun ke dunia hiburan selama 67 tahun, banyak penghargaan yang ia dapat.  Salah satunya Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.


Dia juga dianugerahi Lifetime Achievement Award atau penghargaan seumur hidup dalam Indonesia Movie Awards 2013. Puncaknya pada 2016 lalu Aminah dianugerahi Gelar Tanda Kehormatan Presiden Kelas Satyalancana Kebudayaan 2016.


Aminah merasa sangat senang ketika mendapat kabar mendapat tanda kehormatan dari Pemerintah RI. “Terima kasih Pak Jokowi, karena masih ingat saya. Terima kasih, Pak Menteri,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Bila kita kembali ke belakang, ada sejumlah hal menarik yang bisa kita gali dari seorang Aminah Cendrakasih. Mulai dari awal mula bermain film era 1950-an, sampai keterlibatannya di film Si Doel terbaru dalam kondisi sakit.


Karier wanita yang lahir pada 29 Januari 1938 ini dimulai dunia panggung. Lama menjadi aktris pentas, Aminah akhirnya mendapat kesempatan untuk bermain dalam film berjudul Oh Ibuku yang ditayangkan pada tahun 1955 silam. 


Film dan Televisi


Aminah pun mendapatkan peran utama dalam filmnya yang ketiga, Ibu dan Putri (1955), bersama mendiang aktris Lies Noor. Hingga 1989, Aminah sudah bermain di 101 judul film baik itu peran utama maupun pemeran pendukung.


Judul-judul film top lain yang dibintangi oleh Aminah Cendrakasih adalah Asrama Dara (1958), Betty Bencong Slebor (1978), Komedi Lawak 88 (1986), dan masih banyak lagi.   Setelah bermain dalam film Habis Gelap Terbitlah Terang dan menikah dengan Idris Permana pada 1959, Aminah Cendrakasih sempat vakum dari dunia akting selama bertahun-tahun.


Ia eksis kembali pada tahun 1970 namun saat itu lebih banyak tampil di sandiwara televisi. Hingga setahun kemudian, kegiatannya di dunia film kembali digencarkan.


Selain berkiprah di layar lebar, Aminah Cendrakasih juga berakting untuk tayangan televisi. Setelah muncul dalam sinetron Rumah Masa Depan, ia diajak Rano Karno untuk tampil di Si Doel Anak Sekolahan.Di sinilah Aminah Cendrakasih mulai dikenal oleh anak-anak generasi 1990-an berkat perannya sebagai Mak Nyak.


Dijenguk Raffi Ahmad


Momen Raffi Ahmad Jenguk Aminah Cendrakasih ‘Si Doel’. (Sumber: YouTube/ Rans Entertainment)


Selain berakting, Aminah Cendrakasih juga aktif berkegiatan sebagai anggota organisasi Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB, Aminah sempat menjadi ketua divisi kesenian.Tak hanya organisasi, Aminah juga pernah menjabat sebagai komisaris untuk perusahaan PT. Jayanti Adhikara Sinema.


Pada Mei 2020, Raffi Ahmad sempat menjenguk Aminah Cendrakasih, Kondisi Aminah saat itu tampak masih terbaring lemah. Kunjungan Raffi Ahmad ini dipamerkan oleh sang artis sendiri di Instagram.


Saat menjenguk Aminah Cendrakasih, Raffi Ahmad datang ditemani oleh Rano Karno. Ketiganya tampak mengenakan masker, termasuk Aminah Cendrakasih.


Raffi Ahmad pun menyampaikan doa kepada Aminah Cendrakasih agar sang aktris bisa kembali pulih seperti sedia kala."Panjang umurnya dan sehat selalu ya Ibu Aminah Cendrakasih Mak Nyak Si Doel," tulis Raffi Ahmad dalam keterangan fotonya.


Selain itu, Raffi Ahmad juga memberi gelar tersendiri kepada Aminah Cendrakasih yang sudah sangat lama berkecimpung di dunia perfilman."Legend," lanjut Raffi Ahmad. Niat baik Raffi Ahmad pun disambut positif oleh Rano Karno dengan menyampaikan terima kasihnya kepada

Next Post Previous Post