kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon

Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon?

Sumber78.com – Permasalahan seperti kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon merupakan hal merepotkan. Mengingat tidak hanya lewat aplikasi chatting online, komunikasi melewati dua hal tersebut masih sering dilakukan.

Saat rusak, tentu Anda akan terlewat berbagai informasi penting. Masalah SIM ini sendiri dapat terjadi karena beberapa hal. Misalnya salah pengaturan jaringan, hingga beberapa lain yang akan Kami bahas nantinya.

Sedangkan cara mengatasinya juga ada beberapa, yaitu dengan menghapus pesan dahulu, hapus cache, hingga update sistem. Termasuk perlu reset HP apabila diperlukan, di bawah ini adalah detailnya.

Berbagai Penyebab Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Ketika SMS maupun telepon tidak masuk ke ponsel, umumnya ada dua kondisi pembedanya. Pertama dialami pada semua nomor, pada kondisi ini, umumnya karena ada gangguan sinyal atau provider bermasalah.

Sedangkan kondisi kedua hanya terjadi pada beberapa nomor saja. Kondisi ini nantinya lebih merepotkan, karena saat provider yang bermasalah, kerap kali tidak perlu waktu lama untuk perbaikan otomatis.

Kalau hanya beberapa nomor bermasalah, penyebabnya bisa karena pengaturan pribadi. Misal Anda belum registrasi nomor, sehingga kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon karena belum terdaftar.

Selain itu masih ada kemungkinan penyebab lain SIM bermasalah ini. Baik dari nomornya yang bermasalah, pengaturan nomor atau jaringan belum tepat, serta beberapa kemungkinan di bawah ini.

  • Memori penyimpanan ponsel sudah penuh.
  • Salah melakukan pengaturan jaringan.
  • Terdapat bug pada aplikasi pesan.
  • Ruang aplikasi SMS terlalu penuh, biasanya karena terlalu banyak pesan masuk.
  • Nomor HP telah habis masa aktifnya atau hangus.
  • Anda memblokir pengirim pesan atau penelepon.

Cara Atasi Kartu SIM yang Tidak Dapat Menerima SMS dan Telepon

Anda yang sedang mengalami masalah kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon tidak perlu khawatir. Berikut Kami berikan beberapa solusi untuk mengatasinya, mulai dari atur jaringan sampai hapus cache.

1. Atur Jaringan ke 3G

Meskipun kini banyak ponsel yang sudah mendukung jaringan 4G bahkan 5G, tidak semuanya sudah VoLTE. Yaitu fitur untuk HP mampu menerima panggilan maupun pesan. Maka perlu aktifkan VoLTE.

Alternatif lain adalah memakai jaringan 3G. Caranya adalah buka menu ‘pengaturan’ dahulu. Kemudian pilih ‘jaringan seluler’, ‘pengaturan jaringan’, terakhir klik opsi ‘3G only’ atau ‘4G ke 3G’.

2. Atur SMSC

SMSC merupakan fitur untuk meneruskan layanan perpesanan, pengaturannya otomatis, tetapi kadang error. Maka Kalian dapat membuka aplikasi SMS, kemudian lakukan pengaturan SMSC melaluinya, nomor SMSC akan berbeda setiap operator.

3. Lepas dan Pasang Lagi SIM

Trik mengatasi kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon berikutnya adalah dengan melepas pasang kartunya. Bertujuan untuk memperbaiki masalah SIM yang mungkin terjadi, disarankan membersihkan kartunya sebelum pasang lagi.

4. Hapus Cache atau Pesan

Data cache menumpuk dapat menyebabkan aplikasi panggilan maupun pesan alami berbagai bug. Maka atasi dengan menghapusnya, pertama buka menu ‘pengaturan’ kemudian ‘aplikasi’. Pada perpesanan tinggal klik ‘penyimpanan’, baru hapus cache.

Ketika kotak masuk penuh, bug juga akan terjadi karenanya, sehingga tidak dapat menerima pesan. Maka Anda perlu menghapus pesan masuk yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

Cara Lain Atasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon, Kontak Call Center Salah Satunya

Selain empat cara di atas, masih ada opsi lain untuk Anda coba loh! Karena biasanya juga bermasalah pada kartunya itu sendiri, hingga sistem ponsel yang perlu pembaruan.

1. Hubungi Call Center Provider

Saat jaringan yang mengalami gangguan, maka cara atasinya adalah menghubungi call center milik provider. Menghubungi dapat melalui nomor telepon, tetapi apabila tidak bisa, tanyakan melalui chat di sosial media operator.

2. Cek Status SIM

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa jadi justru kartunya yang bermasalah. Misal karena registrasi belum selesai, bisa juga karena statusnya yang sudah hangus atau habis masa berlaku.

Apabila kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon karena belum registrasi, maka segera daftarkan dengan NIK milik Anda. Namun kalau hangus, maka perlu ke gerai providernya untuk aktifkan kembali.

3. Update Sistem Operasi

Ponsel Android maupun iOS kerap mendapatkan pembaruan sistem. Umumnya bertujuan memperbaiki bug maupun update berbagai fitur di dalamnya. Maka lakukan pembaruan atau update sistem operasi apabila diperlukan.

Apabila sudah mencoba berbagai cara di atas dan belum berhasil, coba lakukan restart pada ponsel juga. Kalau memang belum berhasil juga, terpaksa reset pabrik atau factory reset untuk mengatasinya.

Namun saat melakukan factory reset, jangan lupa cadangkan data. Mengingat seluruh data akan terhapus saat reset pabrik. Kalau masih tidak bisa juga, Anda bisa kunjungi jasa service profesional untuk memperbaikinya.

Namun jangan terburu melakukannya, bisa jadi seluruh jaringan yang sedang bermasalah, misal karena cuaca buruk. Sebaiknya tunggu beberapa saat ketika kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan telepon.