5 Makanan Khas Tasikmalaya paling banyak diburu wisatawan

Kabupaten Tasikmalaya yang berada di Provinsi Jawa barat selain memiliki tempat wisata yang indah juga memiliki pilihan wisata kuliner yang cukup beragam. Di artikel sebelumnya kami membahas mengenai wisata Alam Parung yang menjadi salah satu destinasi wisata alam terkenal di Tasikmalaya.

Dan di artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa menu kuliner khas Tasikmalaya yang paling populer yang bisa anda jadikan sebagai bahan rekomendasi untuk anda cicipi sambil berwisata di Kabupaten Tasikmalaya.

Kuliner khas Tasikmalaya

Sebenarnya Ada banyak sekali menu kuliner masakan khas tasikmalaya yang bisa menjadi pilihan pada saat anda berlibur ke kota ini. Namun kali ini kami hanya akan membahas 5 kuliner terbaik khas tasikmalaya untuk anda cicipi.

Menu kuliner yang berada di Kota Tasikmalaya biasanya didominasi dengan cita rasa khas masakan Sunda. Hal ini karena memang lokasi kabupaten tasikmalaya masih berada di kawasan propinsi jawa barat. 

Jadi terutama buat Anda wisatawan yang datang dari luar kota Tasik atau dari luar wilayah provinsi Jawa barat , sepertinya wajib untuk mencoba kuliner khas Tasikmalaya agar bisa merasakan kelezatan makanan khas Tasikmalaya ini.

Langsung saja yuk kita mulai berburu kuliner-kuliner khas kota Tasikmalaya yang paling banyak disukai oleh wisatawan dan cocok untuk yang baru saja singgah di kota Tasikmalaya ini.

5 Kuliner Tasikmalaya yang paling populer 

1. Nasi Cikur

Nasi cikur atau kita bisa menyebutnya dengan nasi goreng unik khas Tasikmalaya merupakan salah satu menu kuliner paling khas dari kota Tasikmalaya

Nasi cikur Tasik malaya

Jika dilihat Sepintas, tampilan nasi cikur memang hampir mirip dengan nasi goreng yang biasa kita santap di daerah lainnya. Tetapi yang membuatnya sedikit berbeda adalah  ditambahkannya nasi cikur ini  dengan beberapa lauk pauk sambal dan lalapan di atasnya.

Selain tampilannya yang unik, Ciri khas lain dari nasi cikur adalah aroma khas dari kencur yang merupakan salah satu bumbu dasar utama yang digunakan untuk membuat nasi goreng ini. Sensasi aroma dan rasa dari kencur inilah yang membuat ciri khas nasi cikur menjadi berbeda dengan nasi goreng biasanya.

2. Kupat Tahu

Kupat tahu Tasikmalaya merupakan salah satu menu kuliner yang paling khas juga yang bisa anda nikmati pada saat pagi hari di kota Tasikmalaya.

Kupat tahu sebenarnya tidak hanya bisa anda temukan di Tasikmalaya karena ini merupakan salah satu makanan khas dari orang Sunda, mungkin Anda juga bisa menemukan kupat tahu di daerah Bandung atau daerah-daerah lain yang berada di wilayah Jawa barat.

Kupat tahu Tasikmalaya

Dalam satu porsi kupat sayur biasanya terdapat potongan-potongan kupat dan tahu goreng yang ditambahkan dengan taburan  tauge dan kemudian disiram dengan kuah dan bumbu kacang.

3. Nasi Tutug Oncom

Masih tutup oncom adalah makanan khas tasikmalaya berikutnya yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke wilayah Kota Tasik. Nasi tutug oncom merupakan salah satu sajian khas Sunda yang cukup terkenal dengan menggunakan bahan dasar nasi yang ditambahkan oncom.

Nasi tutug oncom Tasikmalaya

Salah satu warung nasi tutug oncom yang terkenal bisa anda dapatkan di Jalan Dadaha petir di daerah Gunung jati. 

4. Cilok Goang

Cilok merupakan salah satu jajanan yang saat ini mungkin sudah populer dan ada di mana-mana. Namun di Kota Tasikmalaya terdapat salah satu daerah yang memiliki makanan kuliner khas yang disebut dengan nama cilok goang.

Cilok goang tasikmalaya


Cilok goang ini terkenal karena rasa pedasnya yang sangat mantap dan memiliki tekstur yang kenyal sehingga pembeli sangat menikmati rasa pedas dan keunikan cilok goang dibandingkan cilok-cilok dari daerah lainnya.

Bagi Anda yang menyukai kuliner bercita rasa pedas, sepertinya cilok goang ini merupakan salah satu rekomendasi makanan khas tasikmalaya untuk anda. 

Dengan menggunakan sambal goang atau sambal yang dibuat dari kencur kencur dan cabe rawit yang super pedas anda akan mendapatkan sensasi cilok Yang unik dan berasa terbakar di dalam mulut Karena rasa pedasnya.

5. Soto Ayam Pataruman khas Tasikmalaya

Soto Tasikmalaya

Indonesia memang memiliki beberapa daerah yang mempunyai kuliner khas berupa soto seperti yang ada di Lamongan, pekalongan atau Kudus. 

Soto dari Masing - masing daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, dan untuk soto tasikmalaya inipun juga begitu. Soto khas tasikmalaya memiliki ciri kuah yang tidak bening dan kental dengan santan serta tambahan taburan bubuk gurih yang ditambah merica sehingga menghasilkan citarasa yang sedikit pedas. 

Satu porsi soto Pataruman biasanya berisi nasi putih yang ditambah dengan suwiran daging ayam, jeroan, ampela ati atau ceker. Saking lezatnya, soto Pataruman ini sudah dikenal tidak hanya di wilayah Tasikmalaya saja melainkan hingga ke daerah lainnya di luar kota Tasik.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url