Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Liburan Ke Air Terjun Sekumpul di Bali yang jadi idola wisatawan lokal dan mancanegara

Air terjun sekumpul - Membahas mengenai tempat wisata yang ada di Bali memang nggak ada habisnya, Pulau Bali memang memiliki tujuan wisata yang sangat lengkap mulai dari wisata budaya, wisata pantai, wisata Pegunungan dan berapa lokasi Air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Air terjun Sekumpul.

Sekumpul Waterfall

Letak dan panduan menuju ke Air Terjun Sekumpul

Air terjun sekumpul terletak di Bali bagian utara tepatnya di desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun  sekumpul berada sekitar 75 kilometer dari Denpasar atau memerlukan waktu tempuh perjalanan darat selama 2.5 jam.

Untuk memulai perjalanan menuju ke air terjun sekumpul atau Sekumpul Waterfall, anda bisa mengambil jalur yang berasal dari kabupaten Singaraja. Rute yang paling mudah menuju sekumpul waterfall bisa melewati jalan WR. Supratman, kemudian melewati jalur pedesaan sampai ke Jalan Raya Bebetin lanjutkan perjalanan sampai ke pertigaan tugu Bebetin. Dari sini anda lanjutkan perjalanan melalui jalur yang sedikit berliku sekitar 15 menit menuju ke lokasi parkir Air Terjun Bebetin.

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Denpasar, sebaiknya anda memilih travel perjalanan karena waktu tempuh yang cukup lama dan jauh sehingga anda bisa menghemat energi selama perjalanan dengan beristirahat. 

Akses menuju ke air terjun Sekumpul

Setibanya di lokasi parkir Air terjun sekumpul, anda masih harus menyiapkan stamina untuk melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi air Terjun Sekumpul yang harus ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalanan setapak.

Jalanan menuju air terjun sekumpul berupa beberapa anak tangga yang menurun dan sedikit terjal kemiringannya sehingga anda harus berhati-hati terutama jika anda datang di musim penghujan yang membuat jalanan menjadi lebih licin.

Waktu tempuh perjalanan dari tempat parkir ke lokasi air terjun membutuhkan sekitar 20-30 menit dengan berjalan kaki menyusuri anak tangga. Di sepanjang perjalanan anda akan di suguhi pemandangan yang indah berupa persawahan terasering yang hijau dan sejuk.

Di sepanjang jalan menuju ke lokasi air terjun sekumpul juga terdapat beberapa rumah penduduk yang masih nampak asli dengan ciri khas tradisional Bali yang bisa anda jadikan spot berfoto sambil sejenak beristirahat, sehingga membuat perjalanan bisa lebih anda nikmati dan lebih terasa ringan.

Air terjun sekumpul bali

Apa saja keunikan air terjun Sekumpul?

Air terjun sekumpul merupakan  air terjun terbesar kedua yang ada di Pulau Bali dengan ketinggian yang cukup lumayan yaitu sekitar kurang lebih 50 meter.

Terdapat dua aliran air terjun besar yang jatuh dari ketinggian tebing yang cukup tinggi sehingga mengenai bebatuan yang ada di bawahnya dan menimbulkan cipratan air yang membuat suasana lokasi di air terjun sekumpul terasa menyegarkan.

Sekumpul Waterfall bali

Suasana di sekeliling air terjun sekumpul masih terdapat pohon-pohon besar yang tinggi menjulang sehingga membuat suasana semakin terasa sejuk dan menyegarkan, sangat pas untuk sejenak melepaskan penat dan menyegarkan pikiran selama berlibur.

Harga tiket masuk air terjun sekumpul dan jam operasional 

Untuk menikmati keindahan suasana alam di air terjun sekumpul ini kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 rupiah untuk wisatawan domestik dan Rp. 20.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Harga yang cukup terjangkau dan sebanding dengan keindahan alam yang ditawarkan di Air terjun sekumpul.

Untuk jam operasional di air terjun sekumpul biasanya buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. 

Fasilitas yang ada di air Terjun Sekumpul

Salah satu hal yang selalu menjadi penilaian saya saat berkunjung ke sebuah tempat wisata adalah soal  fasilitas dan sarana yang disediakan di tempat wisata tersebut. 

Hal ini menjadi penilaian penting saya karena akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat datang ke suatu tempat wisata. Lalu bagaimana dengan Fasilitas yang ada di air terjun Sekumpul?

Fasilitas yang ada di air terjun sekumpul adalah :
  • Tempat parkir
  • Penginapan
  • Toilet
  • Fasilitas pendukung protokol kesehatan
  • Penjaga keamanan dan Guide
  • Tangga jalur akses menuju lokasi
  • Tempat makan
  • Spot foto
  • Dan lain-lain.

Waktu terbaik berkunjung ke air terjun sekumpul

Waktu terbaik Untuk berkunjung ke air terjun sekumpul  adalah saat pagi hari, kenapa kami sarankan supaya datang lebih pagi.

Dengan datang lebih pagi anda akan menikmati suasana udara yang lebih sejuk dan segar dan tidak terlalu panas. Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun sekumpul lebih lama jika datang lebih pagi tentunya.

Selain itu alasan kami menyarankan untuk datang lebih pagi ke air terjun sekumpul adalah untuk menghindari datangnya hujan yang lebih sering datang di sore hari.

Air terjun sekumpul


Nah, itulah beberapa informasi tentang air terjun sekumpul. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat dan menjadi acuan untuk anda sekeluarga datang dan menikmati keindahan air terjun sekumpul di Bali.







Posting Komentar untuk "Ayo Liburan Ke Air Terjun Sekumpul di Bali yang jadi idola wisatawan lokal dan mancanegara "