8 Makanan Khas Indonesia yang Enak dan jadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara

Indonesia memang terkenal di kalangan pecinta wisata dan para traveller dari seluruh dunia karena keberagaman potensi wisatanya. Berbagai macam potensi wisata yang ada di Indonesia mulai dari wisata alam pegunungan, wisata laut, wisata budaya dan heritage hingga ke wisata kuliner bisa ditemukan di Indonesia. 

Membahas mengenai potensi wisata kuliner yang ada di Indonesia, Letak dan wilayah Indonesia yang luas dan terpisah dengan lautan membuat jenis kuliner yang ada di wilayah Indonesia pun ikut terbagi dan menjadi sangat beragam serta masing masing memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan daerah dan budaya yang ada di daerah tersebut.

Dari sekian banyak jenis kuliner atau makanan Khas Asli Indonesia, ada beberapa makanan yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner Nusantara dan bahkan penyebaran makanan ini sudah menyebar hingga ke luar daerah asalnya hingga ke luar negeri.

Langsung saja yuk kita kenali 15 Jenis Makanan khas asli Indonesia yang terkenal sampai ke Manca Negara

1. Rendang

Rendang menjadi salah satu kuliner pertama yang akan kita bahas karena rendang pernah di jadikan sebagai salah satu masakan terbaik dan paling enak di seluruh dunia oleh salah satu majalah wisata dan kuliner di luar negeri yaitu CNN Traveller. 

Rendang adalah salah satu masakan khas asli Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Masakan ini memang memiliki citarasa yang unik dan khas karena dibuat dari beberapa bumbu rempah-rempah dan menggunakan santan, selain itu cara pembuatan rendang juga termasuk unik dan memerlukan teknik memasak khusus yang diwariskan secara turun temurun.

Di Indonesia, kita akan dengan mudah mendapatkan Rendang di warung-warung makan masakan padang yang hampir menyebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Rendang menjadi salah satu masakan yang populer di Indonesia karena selain memiliki rasa yang enak, harga per porsi masakan khas sumatera barat ini juga sangat terjangkau.

Rendang

2. Pempek

Pempek Palembang

Pempek Palembang, dilihat dari namanya kita pasti sudah tau darimana makanan ini berasal. Makanan atau jajanan yang berbahan utama daging ikan yang di baluri tepung kanji ini sudah sangat dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. 

Pempek menjadi makanan cemilan favorit bagi masyarakat karena selain harganya terjangkau, pilihan rasanya pun cukup komplit. Varian rasa seperti manis, asam, pedas dan gurih menjadi pilihan yang sesuai untuk selera masyarakat Indonesia.

3. Gudeg

Nasi gudeg jogja

Makanan legendaris khas Jogjakarta ini pasti sudah anda kenal bukan? apalagi jika anda pernah berkunjung ke Kota Jogjakarta, jangan sampai terlewat dan wajib mencicipi gudeg asli jogjakarta sambil menikmati suasana heritage-nya Jogjakarta biar makin nikmat makan gudegnya ya. Salah satu warung nasi gudeg yang paling terkenal di Jogja yang bisa anda kunjungi adalah Warung nasi gudeg Yu Jum 

Gudeg adalah makanan yang berisi beberapa macam lauk dan sayuran seperti sayur nangka yang bercita rasa manis, ditambah krecek daging atau kulit sapi, sambal goreng ati atau tahu dan kuah opor dan suiran atau potongan daging ayam kampung..hmmm..sangat lezzaat..  

4. Sego Liwet

Nasi Liwet


Sego dalam bahasa Indonesia berarti Nasi, sego liwet atau liwet adalah masakan khas yang bisa anda temui di Kota Solo. Nasi liwet sendiri adalah Nasi yang dimasak dengan cara khusus dengan cara menambahkan air santan pada saat proses pembuatannya. Dengan ditambahkannya air santan kelapa inilah yang akan membuat nasi liwet ini menjadi terasa lebih gurih dan nikmat saat kita santap.

Biasanya nasi liwet khas solo akan dihidangkan dengan sayur lodeh  jipang atau lodeh labu siyem, diatasnya kemudian ditambahkan taburan suwiran daging ayam, telur atau tahu tempe bacem,kemudian  disiram dengan kuah opor dan sedikit santan kental yang membuatnya nasi liwet ini akan semakin terasa gurih saat kita nikmati.

Pengen coba membuat nasi liwet di rumah? Gampang banget kok, untuk cara membuat dan resep nasi liwet khas solo bisa dilihat disini

5. Rawon

Nasi rawon

Masakan Rawon yang terkenal salah satunya berasal dari daerah Nguling, kabupaten Probolinggo. Bagi anda yang menyukai makanan olahan daging, maka nasi rawon adalah salah satu menu khas indonesia yang wajib anda coba.

Rawon sepintas mirip dengan Nasi Pindang-makanan khas Kudus. Keduanya memiliki tampilan yang memang mirip, sama- sama memiliki ciri khas kuah yang kental dan berwarna hitam. Warna Hitam dari kuah Rawon berasal dari bumbu dapur yang digunakan yaitu kluwak atau kluwek.

Dalam sajian satu porsi Rawon biasanya terdapat satu piring nasi yang ditambah dengan taburan tauge, irisan daging sapi atau jeroan sapi, dan biasanya juga ada beberapa warung makan khas jawa timur yang menambahkan telur asin sebagai menu tambahan saat menghidangkan Nasi Rawon.

Makanan - makanan khas probolinggo lainnya yang bisa anda cicipi dan yang wajib anda coba juga bisa dilihat disini

6. Lumpia

Lumpia semarang

Lumpia adalah salah satu cemilan sekaligus oleh - oleh yang terkenal dari kota Semarang.  Saking populernya jajanan yang satu ini, ada sebagian orang yang menyebut kota semarang sebagai kota Lumpia.

Lumpia sebenarnya adalah makanan yang berasal dari negeri tiongkok, jajanan lezat ini kemudian dipopulerkan oleh pedagang dari tiongkok ke kalangan warga pribumi, dan saat ini menjadi salah satu jajanan khas untuk oleh - oleh yang berasal dari Semarang, jawa tengah.

Untuk membawa pulang makanan khas kota semarang ini anda bisa mendapatkannya di sepanjang daerah pandanaran di Kota Semarang yang terkenal sebagai lokasi pusat penjualan khas oleh-oleh semarang. Selain itu anda juga bisa langsung menuju ke beberapa toko yang merupakan produsen langsung lumpia khas semarang. 

7. Tengkleng

Saat berkunjung ke Kota Solo, salah satu menu kuliner yang selalu kami sekeluarga tuju adalah warung tengkleng khas Solo. Makanan berkuah segar yang berisi daging tulang kambing ini memang menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo.

Salah satu warung makan di Kota Solo yang menjual menu olahan daging kambing adalah Warung Makan Pak Dahlan, warung ini termasuk populer di kalangan wisatawan yang datang ke Kota Solo. Warung Pak Dahlan menjual berbagai menu olahan daging kambing yang salah satunya adalah tengkleng kambing. 

Anda akan ketagihan dengan rasa nikmat  masakan tengkleng kambingnya yang sangat nikmat dan menjadi favorit di warung ini, tentunya selain menu utamanya yaitu sate Kambing.



Namun ternyata ada cerita yang sedikit menyedihkan dari sejarah makanan Tengkleng ini. Konon katanya pada jaman dahulu saat penjajah masih berkuasa, hanya kaum bangsawan, penjajah dan kalangan orang kaya yang mampu untuk menikmati masakan berbahan utama daging kambing. Sedangkan untuk para pekerja hanya bisa mendapatkan bagian kepala, kaki dan tulang saja. 

Dan dari situlah kemudian muncul ide untuk mengolah kaki, dan tulang kambing menjadi sajian makanan yang lebih lezat yang diberi nama Tengkleng. Dan akhirnya sekarang tengkleng menjadi salah satu menu kuliner yang terkenal tidak hanya di masyarakat solo tetapi hingga ke kalangan wisatawan juga.

8. Garang Asem

Garang asem adalah salah satu masakan khas Indonesia yang memiliki cita rasa asam dan pedas yang sangat segar saat disantap. Makanan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kegemaran menyantap makanan yang memiliki citarasa pedas.


Garang asem biasanya dibuat dari daging sapi atau daging ayam yang dikukus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang ditambah dengan irisan bumbu-bumbu khas nusantara sehingga memiliki aroma dan cita rasa yang khas. 


Salah satu menu kuliner garang asem ayam yang khas bisa anda nikmati di RM GASASA yang terletak di Kota Kudus, jawa tengah. Informasi lebih lengkap terkait Warung makan Gasasa dan Garang asem Kudus bisa dilihat Disini

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url