6 Kuliner khas Pati yang Lezat untuk dicoba beserta resepnya

Sobat Kuliner sedang berkunjung di Kota Pati? Jangan lupa untuk menyempatkan waktu menikmati kuliner khas pati yang enak dan terkenal murah ya.

Kuliner khas pati asli

Pati adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Tengah berbatasan dengan Kabupaten Kudus di Bagian Timur dan Kota Rembang di Bagian barat. Kota pati juga berbatasan dengan Jepara dan Kabupaten Grobogan.

Kota pati memiliki beberapa tempat wisata yang terkenal seperti waduk Gembong, Waduk Jolong, Perkebunan Kopi Jolong, beberapa gua cantik dan beberapa pantai yang berada di wilayah pesisir utara pulau jawa bagian utara.

Selain wisata alam, kota pati juga terkenal dengan wisata kuliner yang beragam dan harganya terkenal ramah di kantong. Apa saja makanan khas pati yang bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang singgah di kota Pati? 

Langsung saja kita cicipi ke 10 makanan khas kota Pati berikut ini.

1. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah kuliner yang menjadi ikon di Kota Pati. Hampir di setiap sudut kota pati kita bisa menemukan warung makan yang menjual nasi Gandul.

Nasi gandul patu

Nasi gandul adalah masakan bersantan dan berkuah coklat kental yang rasanya sangat lezat yang biasanya disajikan dengan potongan daging sapi.

Saat penyajian biasanya kita akan diberi pilihan oleh penjual untuk  memilih bagian daging atau jeroan yang akan di potong-potong sebagai pelengkap sajian satu porsi nasi gandul.

Di daerah pati terdapat sebuah desa yang menjadi sentra penjual nasi gandul, Nama desa tersebut adalah desa Gajah Mati. Terdapat beberapa warung nasi gandul yang sudah berdiri sejak lama dan diwariskan secara turun temurun.

Harga satu porsi nasi gandul biasanya akan bervariasi tergantung dari jenis pilihan daging yang kita pilih.

2. Soto Kemiri

Pilihan kuliner paling terkenal ke dua di kota Pati adalah Soto Kemiri. Dibandingkan Soto Kudus Atau Soto Lamongan, soto kemiri memiliki citarasa yang terasa lebih kental. Soto kemiri bisanya disajikan dengan pilihan daging ayam kampung muda yang terpisah. 

Soto kemiri pati

Nama soto kemiri diambil dari nama sebuah desa yang ada di Kota Pati. Desa Kemiri merupakan salah satu desa di kota pati yang menjadi sentra ra penjualan soto Kemiri, meskipun saat ini banyak sekali warung soto kemiri yang tersebar di beberapa sudut kota Pati. 

Salah satu warung soto kemiri yang paling enak di pati adalah warung makan soto kemiri Pak Lazdi, dari beberapa referensi dan pengalaman teman yang sudah mencoba soto kemiri pak lazdi memberikan penilaian enak untuk kelezatannya.

3. Sego atau nasi tempe pedes

Sego tempe pedes atau nasi tempe pedes adalah kuliner khas kota pati yang bisa anda temui di sekitar pati bagian utara tepatnya di daerah wedarijaksa hingga daerah Tayu, Pati.

Resep tempe pedes pati

Sebetulnya sego atau tempe pedes adalah sebuah menu sederhana yang terbuat dari bahan utama tempe semangit atau tempe busuk yang diolah dengan paduan bumbu rempah dan santan. Dalam satu porsi Sego tempe pedes anda akan mendapatkan satu porsi nasi putih yang di siram dengan kuah dan  tempe yang terasa pedas. 

Pengalaman dan kesan saya waktu pertama kali mencicipi nasi tempe pedes adalah adanya keunikan rasa yang memberikan kesan kesederhanaan yang ditawarkan dalam sebuah kenikmatan yang unik dan sangat tradisional.

Untuk satu porsi tempe pedes, harga yang paling mahal harga yang pernah saya temui di beberapa warung yang menjual menu tempe pedes tidak pernah melebihi harga sepuluh ribu rupiah, sangat murah bukan.

Untuk yang ingin mencoba membuat sendiri, berikut ini resep tempe pedas khas pati asli yang bisa anda coba di rumah :

Bahan :
  • 1 tempe Lembaran dipotong segitiga kecil atau bentuk dadu
Tempe semangit


Bumbu Halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 2 ruas kunyit
Bahan Pelengkap :
  • 75 ml santan instan
  • 600 ml air
  • 1 batang serai digeprek 
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  •  gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya 
  • Kaldu ayam instan secukupnya
  • Cabe rawit sesuai selera pedas anda
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara memasak
  1. Potong tempe bentuk segitiga kecil atau dadu
  2. Haluskan cabe rawit bawang merah bawang putih kemiridan kunyit
  3. Tumis bumbu halus,
  4. tambahkan serai yang sudah digeprek, daun salam dan daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya, tumis hingga harum dan layu.
  5. Tambahkan air, gula, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, lakukan koreksi rasa
  6. tambahkan cabe rawit utuh.
  7. Kecilkan api, tambahkan santan aduk terus jangan sampai santan pecah, masak hingga matang, 
  8. Angkat sajikan di tempat yang menarik, sajikan dengan nasi hangat dan kerupuk. Tambahkan kecap sesuai selera.
  9. Selamat menikmati

4. Nasi lodeh godhong jati

Nasi lodeh godong jati merupakan menu khas kota pati yang menggunakan bahan utama sayur tewel atau nangka muda yang diolah menjadi sayur lodeh.

Lodeh godhong jati pati

Sebetulnya nasi lodeh godhong jati hampir mirip dengan nasi lodeh lainnya. Perbedaannya adalah digunakannya daun jati atau godhong jati dalam bahasa jawa sebagai alas penyajian nasi Lodeh ini. 

Konon katanya rasa nasi dan kuah lodeh yang disajikan dengan daun jati menjadi terasa lebih lezat. Selain itu kesan tradisional juga sangat terasa. Dan yang pasti penggunaan daun jati bisa lebih mengurangi sampah kertas dan plastik.

5. Kelo mrico

Kelo mrico atau sayur mrico adalah masakan yang awalnya berasal dari kota rembang, namun saat ini di kabupaten pati juga banyak tersedia warung makan yang menjual makanan bercita rasa pedas asam ini.

Kelo mrico pati asli

Kelo mrico pati biasanya menggunakan ikan sembilang, ikan tongkol atau ikan bandeng sebagai bahan utamanya. Rasanya yang segar dan sedikit pedas paling nikmat disantap siang hari.

Salah satu warung makan di pati yang menjual kelo mrico adalah warung makan jeng Rani yang terletak di jalan mojopitu no 163 pati Kidul. Masakan kelo mrico yang dijual di warung ini terkenal enak dan harganya ramah di kantong.

Pengen membuat dan memasak kelo mrico di rumah? Cobalah resep kelo merico berikut ini, ditanggung joss dan mantap.

6. Petis Runting

Petis runting adalah nama makanan asli pati dari daerah runting yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Petis runting sekilas mirip dengan gulai kambing hanya saja kuahnya terlihat lebih kental, selain itu daging kambingnya juga diolah terlebih dahulu dengan menggunakan tepung beras.

Petis runting pati

Bumbu petis runting juga hampir mirip dengan bumbu gulai kambing yaitu menggunakan cabai, merica, gula jawa, bawang merah dan bawang putih serta jinten. Untuk lebih detailnya berikut ini kami sertakan resep dan cara membuat petis runting khas Pati.

Bahan-bahan petis runting
  • 250 gram daging iga kambing muda
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan tepung beras menir disangrai hingga kecoklatan lalu dihaluskan
  • 25 gram gula merah
  • 1 liter air
  • Kecap secukupnya
Bahan bumbu halus petis runting
  • 5 butir bawang merah
  • 3 Butir bawang putih
  • 4 butir cabe merah atau secukupnya
  • 2 cm kunyit, kupas bersih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm kencur, kupas bersih
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya (1 1/2 sendok teh)
Cara membuat Petis Runting
  1. Rebus daging iga kambing muda yang sudah dipotong dadu, rebus hingga daging menjadi empuk.
  2. Sambil menunggu matang, haluskan semua bahan bumbu halus menjadi satu, lalu masukkan kedalam rebusan daging kambing
  3. Tambahkan tepung beras , kecap manis dan gula merah.
  4. Jika daging sudah terlihat matang dan bumbu meresap, lakukan tes rasa lalu matikan api jika daging sudah dianggap matang dan bumbu meresap.






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url