Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 makanan khas Probolinggo Jawa Timur yang Istimewa dan unik untuk di coba

Makanan Khas Probolinggo - Wisata kulineran merupakan salah satu kegiatan yang selalu saya lakukan dan tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke salah satu daerah. 

Tak terkecuali seperti saat ini, saat saya berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Probolinggo yang terletak di Provinsi Jawa Timur, makanan khas Probolinggo pun langsung menjadi incaran dan Salah satu agenda wajib saya saat berada di kota ini.

Seperti beberapa kabupaten lain yang pernah kita kunjungi, Kota Probolinggo juga memiliki makanan khas yang  istimewa yang menjadi kebanggan  masyarakat kota Probolinggo. 

Dan beberapa makanan khas Probolinggo yang akan kita cicipi kali ini merupakan makanan-makanan yang selalu dicari dan juga menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo untuk mereka nikmati.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas kota Probolinggo yang wajib sobat kuliner cicipi saat berkunjung ke kota ini. 

1. Kepiting Olok

Kepiting olok merupakan salah satu menu kuliner khas Probolinggo yang paling populer dan banyak disukai oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo. 

Nama menu masakan kepiting olok diambil dari bahasa Probolinggo atau sebutan masyarakat Probolinggo untuk kepiting yang masih muda yang disebut dengan 'olok'

Kepiting Olok khas Probolinggo

Kepiting olok atau kepiting muda ini kemudian diolah dengan bumbu khusus dan diolah dengan cara dikukus, selanjutnya kemudian dipisahkan antara daging dan kulitnya. Setelah itu  daging kepiting muda yang sudah di pisahkan dimasak diberi bumbu tambahan serta dicampur dengan udang , lalu dimasukkan ke dalam cangkangnya kembali.

Yang membuat saya menyukai masakan kepiting olok adalah, selain rasanya yang lezat dan nikmat, kita tidak perlu repot-repot memecah cangkang kepiting terlebih dahulu sebelum menikmati kenikmatan daging kepiting seperti yang biasa kita makan jika kita menikmati menu kepiting yang dimasak dengan cara lainnya.

2. Soto Kraksaan

Nama soto Kraksaan diambil dari daerah asal menu kuliner yang satu ini. Kraksaan merupakan salah satu Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Soto Kraksaan khas asli probolinggo

Soto Kraksaan memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat yang berasal dari olahan ayam kampung jantan dan juga santan yang sedikit kental. Serbuk gurih yang ditambahkan saat penyajian juga menambah selera makan saya terhadap soto kRaksaan ini.

3. Rawon Nguling

Rawon Nguling probolinggo tongas

Nasi rawon merupakan salah satu menu yang sudah sangat terkenal di Provinsi Jawa Timur. Di kabupaten Probolinggo terdapat salah satu Rumah makan Nasi Rawon yang sangat terkenal dan sering menjadi langganan para Pejabat dan Artis  yaitu RM. Rawon Nguling. 

RM rawon nguling Probolinggo

Rumah Makan Rawon Nguling  terletak di Jalan Raya Tambakrejo No.75, Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk menemukan RM Rawon Nguling cukup mudah, Letaknya berada di jalan utama surabaya-probolinggo. Jika anda kebetulan akan ke Gunung Bromo melalui jalur probolinggo, anda bisa mampir ke RM Rawon Nguling ini.

Oiya, tidak jauh dari lokasi RM makan rawon nguling anda bisa berkunjung ke salah satu spot snorkling atau menyelam yang cukup indah dan tidak kalah dari lokasi snorkeling indah lainnya yang ada di Indonesia, nama lokasi wisata tersebut adalah Gili Trawangan 

4. Nasi Glepungan

Nasi Glepungan sepintas mirip nasi rames atau nasi campur lengkap dengan lauk pauknya. Perbedaan dan ciri khas nasi glepungan terletak pada nasinya yang dicampur dengan sari jagung.

Nasi Glepungan Probolinggo

Menikmati Satu porsi lengkap nasi glepungan akan membuat anda merasa puas saat menikmati lauk pauk dan nasi yang cukup banyak dalam satu porsi sajinya. Dalam satu porsi nasi glepungan biasanya berisi lalapan yang dikukus, ikan asin, sayur kelor, sambal, tempe dan tahu goreng yang di penyet.

5. Nasi Jagung

Jika anda berkesempatan menginap di Kabupaten Probolinggo, jangan lupa untuk sarapan dan menikmati nasi jagung khas Probolinggo. Satu porsi nasi jagung hangat ditambah urap, sambal dan ikan asin sepertinya sangat nikmat dan memberikan sensasi sarapan pagi yang berbeda dengan yang sehari-hari kita makan.

Nasi jagung sarapan Probolinggo

Nasi jagung juga menjadi salah satu menu kuliner khas Probolinggo banyak tersedia di beberapa sudut di Kota Probolinggo. Salah warung makan penjual nasi jagung satu yang terkenal di Probolinggo terletak di jalan sunan Kalijaga no 77 kecamatan mayangan, Probolinggo.

Nah jika anda sudah mencicipi kuliner khas probolinggo yang kami rekomendasikan di atas, jangan lupa untuk menuliskan komentar dan review anda di kolom komentar di bawah ini ya sobat traveller, sampai jumpa di perburuan kuliner khas daerah Indonesia berikutnya.










Posting Komentar untuk "5 makanan khas Probolinggo Jawa Timur yang Istimewa dan unik untuk di coba"