Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kuliner Khas demak yang paling banyak direkomendasikan para Traveller untuk kita cicipi

Kuliner khas Demak - Kabupaten Demak yang terletak di Jawa Tengah sebelah selatan Kota Semarang  merupakan salah satu kota yang terkenal dengan wisata budaya dan wisata religi peninggalan Sunan Kalijaga. 

Selain wisata religi dan budaya, Kota demak ternyata juga memiliki beberapa jenis makanan khas yang sangat unik dan beraneka ragam. Sudah banyak penikmat wisata kuliner yang sengaja Datang ke Kota Demak untuk mencicipi makanan-makanan khas Demak lalu memberikan review dan  merekomendasikan untuk kita juga mencobanya.

Kira - kira apa saja makanan khas Demak yang direkomendasikan dan wajib untuk kita coba? Langsung saja kita meluncur ke beberapa lokasi Kuliner khas demak berikut ini.

1. Nasi Kropohan

Nasi Kropohan kas demak


Pertama kali mendengar nama makanan ini memang terdengar sangat asing dan membuat saya semakin penasaran untuk mencobanya, seperti apa dan bagaimana rasa Nasi Kropohan yang konon katanya dulu merupakan menu hidangan khas kerajaan demak untuk para Raja.

Selain sebagai menu hidangan para raja pada jaman Dahulu, nasi Kropohan saat ini banyak sekali dipakai sebagai menu utama untuk acara Hajatan di Kabupaten Demak. 

Nasi Kropohan adalah makanan Khas Demak yang dibuat dengan bumbu rempah-rempah khusus, daun kedondong dan  menggunakan daging kerbau serta sayur gori atau nangka muda sebagai menu utamanya. Rasa khas dari Nasi Kropohan adalah gurih dan sedikit pedas dengan tampilan kuah berwarna putih yang terlihat keruh karena penggunaan santan.

Untuk menikmati nasi kropohan tanpa harus menunggu ada orang hajatan, anda bisa berkunjung ke salah satu warung legendaris yang ada di Kota Demak yang menyajikan menu Nasi Kropohan. Datang saja ke RM Pawon Wolu yang berada di Jalan Sultan Hadiwijaya No 40 Kabupaten Demak.  Satu Porsi nasi Kropohan di hargai sebesar 15-20 ribu rupiah..cukup murah bukan.

2. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos adalah makanan khas demak yang biasa dinikmati oleh masyarakat Kota Demak sebagai salah satu menu makanan sehari-hari. 

Sego brongkos demak khas

Dalam satu porsi satu brongkos berisi sayur kuah yang terdiri dari potongan daging sapi atau kerbau,  kentang yang dipotong kecil-kecil, kacang merah dan buncis yang di masak dengan bumbu rempah spesial yang sepintas mirip dengan bumbu sayur semur. 

Nasi Brongkos dijual hampir di setiap warung makan yang ada di kota demak, harga per porsi bervariasi tiap masing-masing rumah makan  mulai dari 10.000 rupiah saja.

3. Bothok telur asin

Botok telur asin

Bothok adalah salah satu kuliner tradisional khas jawa yang dimasak dengan cara di kukus dan dibungkus dengan daun pisang, bothok sering digunakan sebagai salah satu lauk menu utama masyarakat jawa saat bersantap bersama keluarga.

Sedangkan bothok telur asin merupakan salah satu menu kuliner khas kota demak. Botok telur asin sebenarnya Hampir sama dengan bothok yang berasal dari daerah lain, hanya saja bothok khas Kabupaten Demak ini menggunakan telur asin sebagai pengganti daging atau ikan yang biasa dipakai untuk membuat bothok di daerah lain.

Bothok telur asin khas demak

Untuk harga satu bungkus bothok telur asin biasanya dijual dengan harga 7000 hingga 10.000 rupiah saja. Banyak warung makan yang menjual bothok telur asin. Salah satunya adalah warung makan Haji Ismun yang terletak di Jalan Lingkar Demak.

4. Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng merupakan salah satu menu makanan khas Demak yang sudah ada turun temurun sejak jaman kerajaan Bintoro Demak Berdiri. Sepintas bahan dan sajian nasi Ndoreng terlihat seperti nasi pecel, namun perbedaannya terletak pada bumbu siram yang digunakan. 

Jika pada nasi pecel sayuran disiram dengan bumbu kacang, Nasi ndoreng khas demak menggunakan bumbu siram yang berbeda yang diberi nama "uyah goreng". Bumbu siram ini dibuat dari kelapa parut yang disangrai dan ditaburi garam sehingga terasa gurih saat disantap.

Nasi Ndoreng biasanya disajikan dengan menu pendamping seperti tahu atau tempe bacem, rempeyek ikan asin, tempe mendoan dan atau bakwan sayur.

Saat ini banyak warung makan di Kabupaten demak yang menjual nasi Ndoreng sebagai salah satu menu yang di tawarkan. Harga satu porsi nasi Ndoreng biasanya dijual sebesar 10.000 rupiah saja.

5. Rica-rica Enthog

Rica Enthog khas demak

Rica - rica enthog merupakan salah satu dari sekian banyak masakan khas kota demak yang direkomendasikan untuk kita coba. Enthog adalah unggas yang sejenis dengan bebek atau angsa, namun tekstur daging enthog lebih tebal dan banyak dibandingkan bebek atau angsa. 

Rica-rica Enthog merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang sedikit pedas, sangat cocok bagi pecinta kuliner yang menyukai makanan bercita rasa pedas. 

Posting Komentar untuk "5 Kuliner Khas demak yang paling banyak direkomendasikan para Traveller untuk kita cicipi "