Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Tanda HP sedang bermasalah dan beresiko kena hack, segera tangani sebelum terlambat

Angka kejahatan siber semakin kesini memang semakin meningkat. Hal yang sangat menguatirkan dan harus kita waspadai adalah adanya kemungkinan bahwa HP kita juga sedang diincar oleh para hacker atau oknum yang tak bertanggung jawab. 

Tidak hanya data - data dan  informasi yang ada di HP yang diincar oleh para oknum peretas, tetapi mereka juga bisa saja menyedot dana simpanan kita di bank melalui handphone kita yang di retas. Caranya dengan Memanfaatkan aplikasi perbankan yang berhasil mereka bobol, dengan begitu mereka bisa menguras habis dana kita.


Banyak yang tidak menyadari bahwa bisa saja HP atau smartphone yang kita bawa ternyata sedang disusupi oleh malware atau aplikasi jahat yang beresiko memanfaatkan data dan kemungkinan tindakan kejahatan lainnya. Tau tau pulsa di handphone, atau saldo di rekening amblas tak berbekas.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kejadian semacam ini ada baiknya kita lebih waspada dan memperhatikan gejala atau tanda-tanda yang menunjukkan bahwa HP atau smartphone kita sedang tidak baik-baik saja.

Berikut ini adalah 5 ciri yang menunjukkan HP kita sedang di retas atau dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab :

1. Baterai lebih boros dan lebih cepat panas

Salah satu indikator bahwa HP atau smartphone kita sedang bermasalah adalah borosnya baterai yang ada pada Smartphone kita. Mungkin tanpa kita sadari terdapat sebuah aplikasi yang berjalan di latar belakang atau adanya hacker yang sedang menggunakan fitur yang ada di HP kita tanpa kita sadari sehingga membuat baterai lebih cepat boros. 

Proses pengiriman data di latar belakang bisa jadi memakan konsumsi baterai lebih banyak dibandingkan dengan pemakaian normal, Selain itu konsumsi baterai yang terus-menerus akan membuatnya terasa lebih panas saat dipakai.

2. Pengunaan data internet yang lebih banyak

Jika tiba-tiba penggunaan data seluler pada Smartphone kita terlihat lebih banyak pemakaiannya, bisa jadi itu karena adanya Malware atau aplikasi yang berjalan di latar belakang yang sedang mengirimkan informasi atau pengambilan data dari Smartphone kita. Pengiriman data ini tentunya yang akan menyedot penggunaan pulsa atau data Smartphone kita.


3. HP berjalan lebih lambat atau lemot
Jika hp terasa lebih lambat padahal kamu merasa pemakaian aplikasinya wajar-wajar saja, Ada kemungkinan terdapat sebuah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan yang terburuk bisa jadi adanya adware atau Malware yang membebani sistem kerja mesin Smartphone kita.

4. Sering muncul iklan pop Up sewaktu-waktu

Iklan pop Up yang muncul tanpa kita inginkan merupakan salah satu bentuk adware yang sangat mengganggu. Adware merupakan salah satu bentuk Malware yang bertujuan untuk mendapatkan pendapatan dari munculnya iklan dan jumlah klik pada iklan yang tanpa sengaja kita sentuh di Smartphone kita.

Jika kita menemui beberapa indikasi kejadian seperti di atas, sebaiknya segera lakukan beberapa tindakan pencegahan. Misalnya memasang aplikasi anti virus, mengganti sandi akun atau sandi akses perbankan anda. 

Selain itu kita juga bisa meminimalkan kejadian pencurian data dengan mengHindari mengunduh aplikasi dari pihak ke tiga yang kurang terpercaya.


Posting Komentar untuk "Tanda Tanda HP sedang bermasalah dan beresiko kena hack, segera tangani sebelum terlambat"