Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah Asam Urat, ini Rekomendasinya !

Apa itu penyakit asam urat? Asam urat adalah peradangan yang terjadi pada tubuh khususnya di bagian persendian yang diakibatkan karena kadar asam urat dalam darah yang cukup tinggi. 

Makanan sehat untuk asam urat

Lalu bagaimana cara mencegah atau mengurangi resiko terkena penyakit asam urat? Untuk mencegah terjadinya kondisi penumpukan asam urat pada tubuh kita bisa dengan cara memperbaiki dan menerapkan pola hidup sehat. 

Selain dengan pola hidup sehat, kita juga bisa memperkecil resiko terkena asam urat d dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung zat purin yang merupakan penyebab penumpukan asam urat dalam tubuh. Contoh sayuran yang beresiko dan harus dibatasi dikonsumsi oleh penderita asam urat misalnya adalah sayur bayam.

Berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam urat dan tentunya dengan diiringi dengan pola hidup yang sehat seperti berolahraga yang teratur, Selain itu makanan-makanan sehat Ini juga membantu untuk mencegah kerusakan persendian lebih dini.

Makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mencegah asam urat :

1. Sayuran-sayuran tinggi antioksidan

Sayuran-sayuran yang mengandung antioksidan tinggi memang sangat baik untuk dikonsumsi tidak hanya untuk penderita asam urat saja. Selain untuk membantu mencegah penumpukan asam urat makanan atau sayuran yang banyak mengandung antioksidan juga baik untuk membantu fungsi ginjal dalam membuang purin.

Namun seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dikurangi dalam jumlah konsumsinya karena mengandung banyak purin yang tidak baik untuk penderita asam urat. Sedangkan contoh sayuran yang baik untuk dikonsumsi penderita asam urat seperti paprika atau wortel.

2. Buah-buahan tinggi Vitamin 

Hampir semua buah-buahan banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh dan juga baik untuk dikonsumsi. 

Dan salah satu kandungan vitamin yang baik untuk menurunkan asam urat adalah Vitamin C yang terdapat dalam beberapa buah seperti nanas, ceri hitam, atau pepaya. Selain banyak mengandung antioksidan vitamin C juga membantu fungsi kerja ginjal dalam mengeluarkan purin dalam tubuh.

3. Kacang-kacangan

Beberapa pendapat menyebutkan bahwa kacang-kacangan juga merupakan salah satu pemicu terjadinya asam urat. 

Namun ada beberapa pendapat lainnya yang justru menyebutkan bahwa kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kedelai dan walnut justru banyak mengandung protein nabati yang baik untuk penderita asam urat. 

4. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak segar atau yang sudah diolah seperti keju dan yogurt ternyata juga bagus untuk dikonsumsi penderita asam urat. 

Pastikan susu yang anda konsumsi benar-benar susu yang mengandung rendah lemak, dalam beberapa penelitian sebutkan bahwa susu rendah lemak dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah dan juga mengurangi terjadinya kejadian serangan asam urat sewaktu-waktu. 

Susu rendah lemak banyak mengandung protein yang bagus untuk tubuh kita, Protein yang terdapat dalam kandungan susu rendah lemak inilah yang membantu mengeluarkan asam urat dalam darah melalui urine

5.  Gandum Utuh

Gandum utuh juga merupakan salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang rendah. 

Makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, sereal, dan pasta gandum merupakan makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat. 

Tetapi tetap disarankan untuk mengkonsumsi gandum utuh dalam jumlah atau porsi yang secukupnya saja.

Tindakan pencegahan asam urat selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan juga perbaikan pola hidup tentunya harus didampingi dengan pengecekan kadar asam urat secara rutin yang akurat. 

Saat ini sudah banyak sekali alat-alat bantu pengecekan asam urat secara pribadi yang bisa anda beli di toko alat kesehatan atau apotek terdekat, namun alat-alat ini bukan merupakan alat diagnosis untuk penentu pengobatan asam urat Tetapi hanya merupakan alat bantu untuk mengetahui kondisi asam urat anda.


Selanjutnya anda tetap disarankan untuk konsultasi ke dokter terdekat atau dokter keluarga anda untuk mengetahui kondisi pasti kesehatan anda khususnya untuk kondisi asam urat anda.


Posting Komentar untuk "Makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah Asam Urat, ini Rekomendasinya !"