Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Investasi emas yang sesuai syariat agama

Salah satu bentuk investasi yang aman dan terbukti menguntungkan adalah investasi Emas. Selain itu investasi dalam bentuk emas juga salah satu bentuk investasi yang Halal bagi umat muslim.

Investasi emas syariah

Harga emas yang cenderung stabil bahkan semakin naik dari tahun ke tahun merupakan alasan yang menjadikan emas sebagai salah satu pilihan investasi terbaik. 

Selain itu, Kemudahan dalam proses jual beli emas juga faktor yang menjadi alasan kenapa emas merupakan investasi yang bisa kapan saja kita cairkan saat kita membutuhkan dana.

Investasi emas mungkin bisa menjadi pilihan tepat,kenapa? Simak 5 keunggulan dari berinvestasi emas berikut ini :


1. Investasi emas tidak membutuhkan modal besar.

Untuk memulai sebuah investasi dalam bentuk emas, kita bisa memulainya sesuai dengan dana yang kita miliki saat ini, bahkan kita bisa memulai dari gram terkecil sekalipun.

2. Nilai yang stabil

Harga emas cenderung stabil dan bahkan naik dari tahun ke tahun sehingga akan menguntungkan saat anda menjual kembali investasi emas anda.

3. Resiko yang rendah

Pengelolaan investasi emas cukup sederhana, kita hanya perlu sebuah tempat yang aman untuk menyimpan emas hasil investasi emas kita. Kita bisa menitipkan atau menyewa sebuah deposit box jika ingin keamanan yang terbaik.

4. Mudah dicairkan

Emas adalah barang yang paling mudah untuk dijual, kapanpun kita membutuhkan dana, investasi emas bisa kita cairkan kapanpun saja.


5. Aman bagi pemula dan Pasti untung

Biasanya kita akan banyak berfikir saat akan memilih untuk memulai berinvestasi. Beberapa hal akan menjadi pertimbangan penting apakah kita akan benar-benar terjun dalam dunia investasi, dan investasi dalam bentuk apa.

Berbeda dengan investasi lain yang mungkin memerlukan proses analisa dan pemikiran yang harus benar benar matang. Berinvestasi emas merupakan pilihan yang paling aman bagi pemula. Karena investasi emas selama ini lebih banyak untungnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bagaimana cara berinvestasi emas sesuai dengan aturan syariat agama Islam yang benar?


1. Memenuhi syarat jual beli sesuai syariat.

Terdapat 3 Aturan jual beli dalam Islam (Muamalah) yang harus dipenuhi sehingga menjadi benar-benar Sah, yaitu :
  • Kontan (Yadan bi Yadun/hulul). Namun merujuk ke keputusan MUI no 77/DSN-MUI/V/2010 tentang jual beli emas, maka diperbolehkan dilakukan secara bertahap atau kredit.
  • Sepadan (Tamatsul), tidak ada perbedaan timbangan atau takaran.
  • saling menerima (taqabudh), kedua belah pihak langsung menerima pembayaran atau barang yang diperjualbelikan, tidak boleh ditunda.

2. Memilih tempat investasi emas yang aman dan sesuai syariah

Saat ini banyak sekali lembaga perbankan syariah yang menawarkan investasi emas yang bisa menjadi pilihan anda. Pastikan anda memilih lembaga perbankan syariah yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menjamin ketenangan anda dalam berinvestasi.

3. Pahami program investasi emas yang ditawarkan

Dalam setiap transaksi apapun sebaiknya kita benar-benar mempelajari setiap akad perjanjian yang akan kita tanda tangani. 

Periksalah benar-benar program yang di tawarkan dalam investasi yang akan anda ambil. Pilihlah penawaran keuntungan investasi yang wajar. 

Karena biasanya sebuah investasi yang menawarkan keuntungan luar biasa dan tidak masuk akal cenderung akan merugikan anda si kemudian hari, atau beresiko adanya unsur penipuan.

4. Pastikan skema investasi emas yang jelas

Setelah anda menemukan tempat investasi yang benar-benar bisa dipercaya, langkah selanjutnya adalah memastikan mengenai skema investasi emas yang akan anda ambil. Pilihlah skema investasi yang juga sesuai dengan kaidah Keislaman yang sudah ditentukan.

Posting Komentar untuk "Cara Investasi emas yang sesuai syariat agama"