Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Makanan khas jepara yang enak dan unik jarang ada di kota lain, wajib coba

Kuliner khas Jepara - Kabupaten jepara terletak di pesisir pantai Utara pulau jawa. Kota Jepara merupakan bagian dari provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan hasil ukiran kayu jati dan juga nama besar pahlawan wanita Ibu Kartini.

Selain karena ukiran dan nama besar Ibu Kartini, jepara juga merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi wisata seperti Pantai dan pulau yang indah. 

Banyak pilihan pantai untuk berlibur menghabiskan waktu akhir pekan di jepara, antara lain pantai Bandengan, pantai Empu Rancak, Pantai Bondo, pantai Kartini dan pantai lainnya. Selain itu Jepara juga memiliki lokasi wisata berupa kepulauan Karimunjawa yang terkenal sebagai lokasi snorkling yang sangat cantik.

Nah selain keindahan tempat wisata dan ukiran yang dimiliki Kota jepara, kita juga bisa berburu kuliner khas Jepara, sembari menikmati alam, kita juga bisa mencicipi berbagai keunikan kuliner yang ada di Kota Jepara. 

Selain bisa dimakan di tempat, banyak wisatawan yang menjadikan makanan khas Jepara ini sebagai oleh-oleh favorit untuk keluarga di rumah. Apa saja kuliner khas jepara yang jadi rekomendasi untuk dicicipi saat berkunjung ke Jepara?

8 Kuliner khas jepara yang enak dan unik, wajib dicicipi saat berwisata kesana

1. Bongko mento

Bengko mento khas jepara


Kuliner yang satu ini merupakan resep warisan turun temurun sejak jaman kerajaan Jepara. Tampilan luar Bongko mento terlihat seperti Pepes (masakan yang dibungkus daun pisang), namun bedanya terletak pada isi bagian dalamnya.

Bongko mento adalah makanan yang terbuat dari daging ayam yang di balur telur dadar, santan dan Sohun yang dibungkus dengan daun pisang mirip pepesan. Makanan unik khas jepara ini sepertinya wajib jadi kuliner yang harus kamu cicipi saat berkunjung Ke Jepara.

2. Lontong Krubyuk

Lontong krubyuk jepara


Masakan yang satu ini menggunakan lontong sebagai menu utamanya, Sajian Lontong Krubyuk bisa kamu temukan di warung - warung yang ada di Kota Jepara. 

Satu porsi lontong Krubyuk berisi irisan lontong, ditambah dengan suwiran daging ayam, ditaburi dengan tauge yang sudah dikukus setengah matang, seledri dan disiram dengan kuah segar yang mirip dengan kuah bakso.

3. Kuluban

Kuluban jepara


Kuliner satu ini hampir mirip dengan sajian makanan urap yang sering kamu temui di solo maupun jogja. Sedikit perbedaannya mungkin terletak pada jenis bahan sayuran yang dipakai.

Kuluban dibuat dari berbagai macam sayuran yang di rebus atau dikukus seperti daun singkong, sawi, kangkung, labu siam, yang diurap dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui agak pedas.

4. Carang madu

Carang madu makanan khas jepara


Carang madu adalah kue khas Jepara yang bentuknya seperti ranting melingkar atau ukiran yang tidak beraturan membentuk bulatan. Carang madu memiliki tekstur yang empuk, gurih dan manis.

5. Kacang "petir" Jepara

Kacang jepara


Cemilan khas jepara yang siap menemani perjalanan wisata kami selama di jepara adalah Kacang Petir Jepara ini. Kacang jepara memiliki dua varian Rasa yaitu manis dan gurih.

6. Bontosan


Bontosan adalah makanan khas jepara yang merupakan olahan makanan menggunakan bahan dasar kerapu atau ikan tengiri. 

Bahan-bahan utama seperti daging ikan kerapu atau tengiri ini kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tepung beras dan dibentuk panjang membulat dengan menggunakan daun pisang atau plastik kemudian dikukus. 

Makanan yang sepintas mirip dengan galantin atau sosis daging sapi ini enak disajikan selagi hangat dengan menggunakan saus asam manis atau saus tomat.

7. Rondho Royal

Rondho royal makanan khas jepara


Nama Makanan ini terdengar unik di telinga kita, dalam bahasa indonesia arti nama kata rondo royal adalah janda yang suka berbagi. Cukup unik bukan.

Rondho Royal terbuat dari tape singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung beras, kemudian dicelupkan ke dalam adonan kulit yang terbuat dari tepung beras, kemudian digoreng.

8. Pindang Serani

Pindang serani khas jepara


Pindang serani adalah Masakan khas Jepara yang mirip dengan sup ikan tetapi memiliki cita rasa yang sedikit pedas, gurih dan asam.

Pindang serani biasanya menggunakan ikan kakap merah atau ikan bandeng sebagai bahan utamanya, Kemudian dimasak dengan bebagai bumbu rempah pilihan, belimbing wuluh, tomat dan daun kemangi.

Sepertinya akan semakin lezat jika menikmati pindang serani di sore hari sambil menghabiskan senja di pesisir pantai di Kota Jepara.




Posting Komentar untuk "8 Makanan khas jepara yang enak dan unik jarang ada di kota lain, wajib coba "