Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Agar HP Awet dan tidak cepat rusak, ternyata cukup sederhana caranya

Saat ini HP atau smartphone merupakan salah satu hal yang penting dan selalu mendampingi aktifitas kita setiap hari. Kecanggihan teknologi HP saat ini sangat membantu sekali dalam kehidupan kita sehari hari, mulai dari hal sederhana seperti fungsi alarm dalam membangunkan kita setiap pagi, atau fungsi perbankan yang memudahkan kita melakukan aktifitas transaksi perbankan, atau bahkan hanya untuk sekedar bersosialisasi bersama teman atau orang lain di dunia maya.

Cara agar hp awet dan tahan lama

Oleh karena itu, penting sekali agar kita selalu menjaga kesehatan dan keawetan kondisi HP kita. Menjaga keawetan HP selain bermanfaat secara fungsi juga bisa menghemat keuangan kita, karena saat ini harga HP semakin naik mengikuti fungsi dan fitur-fiturnya yang semakin canggih pula.

Lalu apa saja sih hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan tetapi bisa membuat HP lebih awet. Berikut ini 5 Yips Sederhana untuk menjaga HP tetap awet.

1. Jangan lupa cabut charger

Meskipun saat ini HP semakin canggih dan dibekali dengan ukuran baterai yang besar sehingga bisa dipakai dalam waktu yang lama, namun pemakaian secara terus menerus akan membuatnya tetap habis dan harus kita charge ulang.

Nah, pada saat melakukan pengisian ulang baterai HP inilah tanpa kita sadari sering kali kita tetap menggunakan HP sambil di charge, hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan dan berpotensi merusak daya tahan baterai HP itu sendiri. 

Selain itu, lupa mencabut baterai saat sudah penuh juga merupakan salah satu penyebab performa baterai menurun.

2. Gunakan screen Protector

Meskipun saat ini hampir semua HP menawarkan salah satu keunggulan mereka yaitu layar anti gores dan tahan scratch, namun tidak ada salahnya menambahkan screen protector agar layar semakin awet dan selalu terlihat baru.

3. Jangan sampai baterai Habis total

Salah satu cara untuk menjaga keawetan dan performa baterai adalah dengan tidak menggunakan HP sampai baterai habis total. 

Tipas batre hp awet

Segera lakukan pengisian HP atau charge HP anda jika baterai indikator sudah menunjukkan angka di bawah 20%. Selalu gunakan charger asli atau bawaan HP agar daya pengisian sesuai dengan yang dibutuhkan dan tidak merusak kapasitas baterai dan HP anda 

4. Update selalu software HP

Produsen HP saat ini berlomba-lomba untuk mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pengguna produk mereka, salah satunya dengan selalu menyediakan update software dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang ditemukan dan meningkatkan performa HP itu sendiri.

Selalu cek secara berkala apakah ada software versi terbaru yang perlu di upgrade untuk HP anda. Selain itu Melakukan update software aplikasi yang terinstal di HP  juga wajib dilakukan, hal ini untuk memperingan kinerja HP dan agar aplikasi tidak bermasalah karena adanya update software HP anda.

5. Kurangi aplikasi dan bersihkan memory secara berkala

Sebaiknya lakukan pembersihan memori HP yang sudah tidak anda butuhkan secara berkala, anda juga bisa menghapus aplikasi yang mungkin jarang anda pakai. Hal ini akan membuat kerja HP anda lebih ringan dan tentunya membuatnya lebih awet dan tidak cepat panas atau rusak.

Posting Komentar untuk "5 Tips Agar HP Awet dan tidak cepat rusak, ternyata cukup sederhana caranya"