Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Olahraga ringan malam hari atau menjelang tidur

Manfaat olahraga setelah makan malam atau menjelang tidur malam hari - Kesibukan dalam bekerja atau pekerjaan rumah tangga  terkadang membuat kita hanya memiliki sedikit waktu dalam berolahraga. 

Padahal sangatlah penting bagi kita untuk tetap bisa meluangkan waktu meskipun hanya sebentar untuk berolahraga secara rutin setiap hari agar kebugaran tubuh tetap terjaga. 

Jika terlalu sulit untuk melakukan olahraga di waktu pagi atau siang hari, anda bisa melakukan kegiatan olahraga ringan du malam hari beberapa saat setelah makan malam atau beberapa saat sebelum beristirahat malam.

Manfaat olahraga malam hari
Foto : freepik

Tidak perlu harus olahraga yang berat jika anda belum terbiasa, lakukan saja yang ringan namun rutin. Misalnya melakukan olahraga jalan-jalan santai , atau senam ringan di lingkungan rumah anda sendiri. 

Apakah ada manfaatnya berolah raga di malam hari? Jawabnya ada dan tentu sangat bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa dari banyak manfaat melakukan olahraga kecil setelah makan malam atau menjelang tidur malam.

1. Membantu meningkatkan pencernaan

Olahraga akan membantu tubuh kita dalam  mengeluarkan lebih banyak lagi enzim yang ada di dalam lambung sehingga pencernaan akan bekerja lebih baik dan mengurangi rasa kembung setelah makan.

2. Olahraga di malam hari Meningkatkan proses metabolisme di malam hari

Berolah raga di malam hari terutama beberapa saat setelah makan malam, akan membantu proses pembakaran kalori pada tubuh kita sehingga metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik. 

Dan sebaliknya, jika kita diam dam duduk terlalu lama setelah makan justru akan mengganggu proses metabolisme pada tubuh.

3. Meningkatkan imunitas

Berolahraga ringan setelah makan malam juga bagus untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Berolahraga akan membuat proses pencernaan meningkat sehingga racun-racun yang ada dalam tubuh ikut terbuang dalam proses metabolisme. 

Manfaat olahraga malam untuk kesehatan
Foto : freepik.com

4. Olahraga malam Meningkatkan kualitas tidur

Olah raga ringan pada saat malam hari menjelang tidur juga baik untuk proses relaksasi pikiran kita sehingga akan  menurunkan tingkat stres. Pikiran yang tenang dan akan membuat kualitas tidur juga menjadi lebih baik. 

Selama proses berolah raga tubuh akan mengeluarkan atau melepaskan endorfin. Endorfin adalah zat atau neurotransmiter dalam tubuh yang berfungsi dalam memberikan respon menurunkan rasa stres dan ketenangan dalam tubuh.

5. Olah raga malam dapat Membantu mengontrol kadar gula darah

Olahraga di malam hari juga akan membantu pengontrolan kadar gula darah dalam tubuh, hal ini dikarenakan pada saat berolah raga tubuh kita memerlukan energi yang diambil dari glukosa. Dan jika glukosa berkurang maka kadar gula darah dalam tubuh juga akan ikut menurun atau terkontrol.

Olah raga setelah makan malam
Foto : Freepik.com

Namun perlu diperhatikan dalam melakukan olahraga malam hari, selain memberikan manfaat kebaikan untuk kesehatan, disarankan untuk tidak berlebihan dalam melakukan olahraga malam. Lakukan olahraga ringan dan jangan berlebihan agar tubuh tidak terlalu lelah dan istirahat malam anda tidak menjadi terganggu. 

Itulah beberapa manfaat berolah raga malam hari setelah makan malam atau menjelang tidur. Salam sehat selalu.




Posting Komentar untuk "5 Manfaat Olahraga ringan malam hari atau menjelang tidur"