Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bahan herbal alami yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi

Mengatasi masalah kolesterol dengan bahan herbal - Mengontrol kondisi kesehatan tubuh harus rutin kita lakukan. Hal ini bertujuan agar kita bisa mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang sedang kita hadapi. 

Salah satunya adalah pengecekan kadar kolesterol darah, kita harus rutin melakukan pengecekan kolesterol agar sedini mungkin dapat melakukan tindakan pencegahan untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Kenapa harus mengontrol kadar kolesterol darah? Hal ini karena kolesterol tinggi dalam darah bisa menyebabkan berbagai masalah yang komplek pada kesehatan tubuh kita. Tubuh kita memang tetap membutuhkan kolesterol, namun kadar koleterol yang berlebihan justru sangat berbahaya dan bahkan kolesterol tinggi juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan resiko kematian.

Banyak kejadian gagal jantung yang diakibatkan karena adanya sumbatan pada pembuluh darah, penyunbatan ini disebabkan karena penumpukan kolesterol yang akhirnya mengganggu supply oksigen ke jantung.

Jika hasil pengecekan kolesterol anda menunjukkan kadar angka kolesterol di atas batas normal, maka segeralah konsultasi ke dokter anda untuk segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain itu anda juga bisa melakukan diet sehat sebagai pengobatan pendamping untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Di sekitar kita ternyata banyak sekali bahan-bahan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang terbukti mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini adalah 5 bahan alami yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Daun Bayam

Daun bayam kolesterol

Sudah sejak dulu sebagian masyarakat Indonesia menjadikan daun bayam sebagai salah satu bahan masakan. 

Ternyata, selain enak dimasak, daun bayam memiliki banyak  kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat daun bayam juga ternyata bagus untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Bayam juga merupakan sayuran yang banyak mengandung serat yang baik untuk tubuh dan kesehatan jantung. Manfaat dari kandungan serat dalam bayam adalah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Serat mampu mengikat kolesterol jahat sehingga tidak terserap dalam darah dan dibuang dari dalam tubuh melalui mekanisme alami.

2. Teh Hijau

Teh hijau kolesterol


Teh hijau merupakan salah satu minuman yang juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Teh Hijau kaya dengan zat antioksidan dan beberapa zat  manfaat lain yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Mengkonsumsi dua cangkir teh hijau dalam satu hari dipercaya mampu menurunkan berat badan, memperbaiki fungsi otak dan juga mengurangi kadar diabetes, tentunya saat mengkonsumsi teh hijau jangan menggunakan pemanis atau gula biasa.

3. Teh Hitam 



Hampir sama dengan manfaat dari teh Hijau, dengan mengkonsumsi teh hitam secara rutin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

4. Daun salam

Daun salam untuk kolesterol

Daun salam biasa digunakan sebagai salah satu bumbu dapur oleh masyarakat Indonesia. Dan Ternyata daun salam juga berkhasiat dalam membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh juga lo. 

5. Teh Oolong 

Teh oolong untuk kolesterol

Mungkin teh oolong tidak sepopuler teh hijau atau teh hitam, tetapi soal manfaatnya ternyata teh oolong juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol maka diharapkan kesehatan jantung juga akan selalu terjaga.

Posting Komentar untuk "5 Bahan herbal alami yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi"