4 cara agar Baterai Smartphone Android awet dan tidak cepat habis, lakukan langkah berikut agar lebih optimal

Kapasitas dan daya tahan baterai merupakan salah satu faktor penting yang harus kita perhatikan dalam memilih sebuah gadget smartphone Android. Dengan semakin banyaknya aplikasi dan juga aktivitas pemakaian membuat kualitas kesehatan baterai akan terpengaruh.

Mwnjaga batre android awet

Banyaknya aplikasi dan cara pemakaian akan mempengaruhi daya tahan dan masa pakai setiap baterai. Keawetan dan kesehatan batre smartphone sangat tergantung dari cara pakai pemiliknya.

Pihak produsen smartphone sendiri sebetulnya sudah mencoba untuk memberikan perlindungan kepada setiap jenis smartphone yang mereka keluarkan agar memiliki kualitas baterai yang awet. 

Masing-masing produsen berusaha mengeluarkan desain smartphone yang menghadirkan perangkat setipis mungkin namun tetap memiliki sistem pengisian daya atau baterai yang sudah ditanam dan memiliki daya tahan pemakaian yang lama. Hal ini juga didukung dengan penggunaan aplikasi-aplikasi yang mendukung perlindungan baterai Smartphone agar lebih awet.

Meskipun sudah diusahakan oleh beberapa produsen agar baterai smartphone tersebut bisa awet dengan sistem dan juga software yang mereka keluarkan, ternyata cara pemakaian dari pengguna smartphone juga akan mempengaruhi daya tahan baterai masing-masing produk smartphone.



Untuk itu lakukan empat langkah berikut ini untuk menjaga kapasitas baterai Smartphone agar tetap memiliki kinerja yang bagus dan tahan lama :

1. Aktifkan fitur pengoptimalan penggunaan baterai pada smartphone Android

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa masing-masing perangkat Android sudah mempunyai sistem untuk bisa mengoptimalkan penggunaan baterai. 

Biasanya berangkat Android akan secara otomatis menutup beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dan cenderung tidak digunakan dalam beberapa waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu sistem perangkat Android juga akan menganalisa aplikasi apa saja yang dinilai terlalu banyak menggunakan baterai dan akan memberikan saran Apakah aplikasi tersebut baik atau tidak untuk terus digunakan.

2. Beralih ke mode tidur atau sleep mode

Salah satu konsumsi baterai terbanyak adalah penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk itu supaya baterai bisa lebih awet, aktifkan mode "sleep" pada perangkat Android Anda agar aplikasi tidak berjalan di latar belakang saat anda tidak menggunakannya.

Kerugian dari pengaktifan mode sleep pada beberapa aplikasi adalah adanya kemungkinan tidak akan menerima notifikasi atau pemberitahuan yang muncul dari aplikasi tersebut. 

Seperti contohnya jika ada pesan yang masuk maka kita tidak akan mendapatkan notifikasi sehingga kita akan terlambat untuk mengetahuinya.


3. Aktifkan mode pengaturan kecerahan layar secara otomatis dan mode gelap

Salah satu konsumsi pada terbanyak adalah penggunaannya pada saat layar aktif. Hal ini bisa kita kurangi dengan cara melakukan pengaturan kecerahan layar secara otomatis dan fitur pengujian secara otomatis sehingga baterai bisa lebih awet.

Dengan mengaktifkan mode gelap ternyata konsumsi baterai bisa lebih dihemat jika dibandingkan dengan penggunaan mode layar cerah.

4. Gunakan mode daya hemat baterai

Pada beberapa ponsel Android terbaru terdapat fitur mode daya hemat baterai yang akan membuat baterai menjadi lebih awet dan tahan lama. 

Terdapat beberapa mode daya hemat baterai yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan pengaruhnya dari keawetan baterai yang Anda gunakan.

  • mode hemat daya maksimum
Pada mode hemat daya maksimum biasanya smartphone akan secara otomatis memblokir beberapa aplikasi agar tidak menggunakan data atau fitur  pelacakan lokasi anda yang berjalan di latar belakang.

  • mode hemat daya sedang
Pada fitur ini sistem akan secara otomatis memblokir aplikasi agar tidak beroperasi di latar belakang dan mematikan always on display.

  • optimalisasi mode (optimized mode)
Jika Anda membeli fitur optimalisasi mode maka secara otomatis smartphone anda akan memberikan keseimbangan kinerja dan masa pakai baterai yang lebih direkomendasikan dan juga aplikasi-aplikasi yang disarankan untuk dipakai atau dinonaktifkan.

  • mode performa tinggi
Pada mode ini biasanya smartphone akan menggunakan kecerahan dan resolusi layar maksimum sehingga mungkin akan lebih banyak menyerap konsumsi daya baterai

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak