4 Aplikasi android yang Berbahaya dan wajib kamu hapus dari HP Saran dari GOOGLE

Google play store merupakan toko aplikasi online resmi dari Google. Google play store  menyediakan aplikasi yang menurut pihak Google sendiri sudah melalui proses verifikasi yang ketat dan menghadirkan keamanan untuk penggunanya.

Aplikasi android berbahaya wajib dihapus

Namun pada kenyataannya banyak akar dan peneliti keamanan cyber yang menyebutkan bahwa semakin sering ditemukan beberapa aplikasi jahat yang terselip di dalam Google play store, contohnya seperti beberapa jenis aplikasi fleeceware atau yang dikenal dengan Joker.

Apa itu aplikasi fleeceware ? Aplikasi fleeceware merupakan aplikasi seluler yang mengandung malware,  biasanya aplikasi jenis ini membuat pengguna aplikasi tersebut secara tidak mengetahui bahwa dia sudah dibuat berlangganan dengan biaya yang tersembunyi dan tidak disadari.

Jika terdapat beberapa aplikasi fleeceware yang mungkin sudah pernah anda download atau terdapat di HP anda segera untuk menghapusnya. Beberapa contoh aplikasi fleeceware yang mungkin saja terdapat di dalam handphone anda adalah seperti berikut ini :
- voice language translator
- Quick text SMS
- Blood pressure monitor
- Smart SMS message

Dari jumlah data yang dimiliki oleh Google lebih dari 10.000 penggunaan Android diperkirakan dalam bahaya karena memiliki aplikasi tersebut dalam handphone mereka. Tanpa mereka sadari secara diam-diam aplikasi tersebut membuat pengguna berlangganan ke layanan premium palsu tanpa izin atau persetujuan dan sepengetahuan pemiliknya.

Jika anda merasa tiba-tiba mendapatkan tagihan atau mendapatkan laporan pengeluaran saldo di bank Anda mungkin salah satu yang harus anda Cek adalah aplikasi yang terdapat di handphone anda. 

Bisa jadi Anda termasuk pengguna aplikasi flashware yang sangat merugikan dan mungkin tanpa Anda sadari anda sudah terdaftar di layanan premium berbayar yang akan secara otomatis menagih ke rekening bank Anda atau kartu kredit Anda tanpa persetujuan anda.


Segeralah hapus dan blokir aplikasi tersebut jika memang terdapat di dalam handphone anda. Kemudian cek di settingan perizinan login anda dan juga keamanan aplikasi anda agar tidak terdapat aplikasi-aplikasi yang tidak Anda kenali dan berbahaya.

Hindari menginstal aplikasi dari format tidak resmi seperti file APK secara langsung atau aplikasi-aplikasi yang tidak terdapat di Google play store. Cobalah untuk melihat review pemakaian dari mereka yang sudah pernah memakai aplikasi di Google play store sebelum anda menginstalnya agar terlihat keamanan atau pengalaman dari penggunaan sebelumnya. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak