Waspadai Kondisi Gagal Ginjal jika Gejala tubuh seperti ini !! Cegah sejak usia muda

Waspada gejala gagal ginjal pada tubuh kita - Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita  yang berfungsi untuk membersihkan darah dari senyawa racun yang berbahaya. 

Waspada gejala gagal ginjal

Selain itu fungsi kerja ginjal juga untuk membantu proses produksi atau pembentukan sel darah merah atau yang biasa disebut dengan eritropoetin dan juga pembentukan vitamin d yang berfungsi menjaga kesehatan tulang.

Sedangkan kondisi gagal ginjal adalah kondisi di mana ginjal tidak mampu bekerja secara maksimal atau memiliki kelainan sehingga tidak bisa bekerja dalam membersihkan racun dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh secara maksimal.

Karena pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh, maka kita wajib mewaspadai jika ginjal kita sudah memiliki tanda-tanda masalah atau kinerja yang tidak normal. Hal ini bisa diketahui dengan kondisi dalam tubuh kita seperti gejala berikut ini :

1. Warna urin terlihat lebih pekat.

Salah satu ciri kondisi ginjal sedang dalam kondisi tidak normal adalah perubahan pada warna urine yang cenderung lebih keruh, berwarna gelap dan pekat. 

Selain itu biasanya kondisi kelainan pada ginjal juga bisa diketahui dengan intensitas yang lebih sering atau bahkan sebaliknya menjadi lebih jarang untuk buang air kecil.

Bila anda sedang mengalami gejala ini segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter keluarga terdekat agar segera diketahui kondisi tubuh anda yang sebenarnya dan dapat dilakukan tindakan pencegahan sejak dini.

2. Sakit pinggang di bagian belakang tubuh

Sinyal kelainan lain pada ginjal bisa diketahui dengan adanya rasa sakit pada pinggang di bagian belakang tubuh, Hal ini disebabkan karena Letak ginjal yang berada di bagian belakang tubuh sebelah bawah sehingga rasa sakit di rasakan di posisi tersebut.

3. Pembengkakan di bagian lengan dan kaki

Kelainan yang terjadi pada ginjal akan berdampak langsung ke bagian organ tubuh lainnya. Seperti kejadian pembengkakan pada kaki dan lengan tubuh.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya fungsi kerja ginjal yang tidak maksimal dalam menyaring protein dari dalam darah, sehingga protein yang tidak lolos dari proses penyaringan dan tidak dibuang melalui urin ini akan mengalami penumpukan di dalam cairan sehingga mengakibatkan pembengkakan di kaki dan lengan.

4. Intensitas mual dan muntah meningkat

Peningkatan Rasa mual biasanya terjadi  karena sisa zat racun yang mengumpul dalam darah yang menyebabkan Rasa mual, ini disebabkan karena gangguan pada pusat reflek muntah di otak dan sistem pencernaan. 

Jika kejadian ini terjadi pada anda, sebaiknya anda memastikan kondisi kesehatan anda ke dokter yang berkompeten.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url