Tips anti tidur dan ngantuk di kendaraan umum, lebih baik waspada daripada menyesal

Tips anti tidur di kendaraan umum - Jika anda termasuk orang yang sering bepergian menggunakan kendaraan umum, tentunya pernah mengalami kejadian seperti tertidur di kendaraan umum selama perjalanan. 

Walaupun saat ini fasilitas kendaraan umum cenderung lebih aman dan diawasi oleh aparat yang bertugas, tetapi rasanya kita masih tetap harus waspada agar perjalanan kita menggunakan kendaraan umum tetap nyaman dan aman.

Tips anti ngantuk di kendaraan umum

Terkadang kejadian tertidur selama perjalanan di kendaraan umum memang membuat kita khawatir dengan adanya hal-hal yang mungkin tidak kita inginkan, seperti kehilangan barang saat tertidur atau adanya pelecehan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab  saat kita tak sadar dan sedang tertidur.

Untuk mencegah kejadian tertidur selama perjalanan,  mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini agar tidak tertidur lagi selama perjalanan di kendaraan umum.

Tips mencegah rasa kantuk agar tidak tertidur selama perjalanan di kendaraan umum

1. Mengkonsumsi air mineral

Selain minuman seperti kopi ternyata air mineral juga bisa digunakan sebagai pengganti sebagai minuman yang bisa  untuk mencegah dan mengurangi rasa kantuk.

Selain lebih sehat karena tidak mengandung kafein dan juga gula air putih juga bisa mencegah kita dari kejadian dehidrasi yang membuat tubuh kita akan tetap selalu segar selama perjalanan dan mengurangi rasa kantuk karena kelelahan.

2. Bersosialisasi dengan penumpang lain atau dengan teman melalui media sosial atau alat komunikasi online

Rasa ngantuk datang bisa jadi karena kita merasa bosan selama perjalanan. Untuk mencegah kejadian rasa bosan datang tidak bisa mencoba untuk berbincang-bincang dengan teman seperjalanan atau penumpang lain yang duduk di dekat kita.

Atau Anda juga bisa melakukan hubungan komunikasi melalui media digital seperti telepon agar anda tidak merasa bosan selama perjalanan.


3. Cukup istirahat sebelum melakukan sebuah perjalanan

Selain karena rasa bosan, mengantuk juga bisa disebabkan karena tubuh kita kurang beristirahat atau dalam kondisi yang lelah. Bisa jadi pada malam hari sebelum kita melakukan perjalanan waktu tidur kita kurang atau memiliki kualitas tidur yang tidak cukup baik.

Agar tidak terjadi rasa kantuk yang disebabkan karena kurang beristirahat seperti ini, ada baiknya sebelum anda melakukan perjalanan sesuai jadwal yang sudah anda tentukan, Anda harus benar-benar menyisihkan waktu untuk beristirahat satu hari atau satu malam sebelumnya.

4. Dengarkan musik yang energik dan bersemangat selama perjalanan

Dengar musik agar tidak mengantuk

Mendengarkan musik bisa jadi malah membuat kamu ngantuk Jika yang kamu putar adalah musik-musik yang melankolis atau lembut didengar oleh telinga. 

Jadi agar kamu tidak mengantuk selama mendengarkan musik berilah lagu yang memiliki Beat cepat atau bersemangat sehingga akan membuatmu tetap terjaga selama perjalanan.

5. Mengkonsumsi cemilan atau permen kopi

Salah satu trik yang pernah saya lakukan untuk mencegah rasa kantuk selama perjalanan adalah dengan mengkonsumsi cemilan seperti kacang atau makanan kecil lainnya. Mengkonsumsi 9 sama dengan kita melakukan aktivitas kecil yang membuat kita selalu terjaga, Selain itu kamu mungkin juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi permen dengan cita rasa kopi sebagai pengganti secangkir kopi agar kamu bisa tetap selalu terjaga.

6. Lakukan aktivitas olahraga kecil atau peregangan ringan dari tempat duduk kamu

Duduk dan dan berdiam diri dalam waktu lama selama perjalanan memang merupakan salah satu penyebab datangnya rasa kantuk. 

Cobalah untuk melakukan sedikit olahraga kecil seperti melakukan pergerakan pada pergelangan tangan, atau melakukan gerakan tengok kepala ke kanan dan ke kiri, atas dan bawah agar anda terhindar dari rasa ngantuk.


Itulah beberapa tips sederhana untuk mencegah datangnya rasa ngantuk selama perjalanan. Jadi selain bisa untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, kamu juga jadi lebih bisa  menikmati perjalanan yang akan kamu tempuh dengan lebih aman dan tenang.

*Sumber78 Travelling*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak