Cara Menghilangkan rasa pahit Daun Pepaya hanya dengan 3 langkah sederhana

Tumbuhan Buah pepaya hampir bisa ditemui di berbagai tempat di Indonesia, iklim yang sesuai dengan karakter buah pepaya ini membuatnya mampu tumbuh dengan subur dan sehat di mana saja. Dan Seperti yang kita ketahui di artikel sebelumnya bahwa manfaat buah pepaya sangat bagus untuk kesehatan.

Cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya


Namun ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa kita konsumsi, selain buah pepaya  yang lezat dan menyehatkan, daun pohon buah pepaya juga ternyata banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan nusantara dengan rasa yang unik dan lezat.

Meskipun sudah terbukti lezat untuk di konsumsi, ternyata perlu teknis dan cara khusus untuk bisa memasak daun buah pepaya agar terhindar dari rasa pahit berlebihan khas daun pepaya ini. 

Dan ternyata cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya tidaklah terlalu sulit. Dengan menggunakan beberapa bahan tertentu yang akan kita bahas di bawah ini, rasa pahit dari buah kelapa bisa kita atasi untuk menyajikan sebuah masakan yang lezat.

3 bahan dan cara menghilangkan rasa pahit daun buah pepaya

1. Memanfaatkan asam jawa

Untuk menghilangkan rasa pahit daun buah pepaya menggunakan asam jawa caranya cukup mudah. Rebuslah daun pepaya ke dalam air hingga terendam sepenuhnya, kemudian tambahkan asam jawa secukupnya. Diamkan selama 30 menit laku angkat dan tiriskan. Remas-remas hingga kering, Daun pepaya tanpa rasa pahit siap untuk di sajikan.

Masakan daun pepaya

2. Menghilangkan rasa pahit daun pepaya menggunakan tanah liat atau ampo (bahasa jawa)

Untuk menghilangkan rasa pahit daun buah pepaya menggunakan tanah liat  mungkin terdengar unik. Tanah liat yang digunakan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya bisa anda dapatkan di pasar-pasar tradisional dengan harga terjangkau. 

Rebus daun pepaya bersama tanah liat atau ampo selama beberapa menit hingga air mendidih. Selanjutnya angkat dan tiriskan kemudian cuci bersih daun pepaya dari tanah liat.

3. Menggunakan garam dapur untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya.

Garam bisa digunakan sebagai salah satu alternatif cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Namun pemakaian garam untuk tujuan ini hanya memberikan pengaruh sedikit dalam menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Tetapi justru hal ini juga memiliki manfaat lain yaitu tidak menghilangkan ciri asli rasa khas daun pepaya.

Buntil daun pepaya

Nah, informasi ini semoga bermanfaat dalam mencari solusi menyiapkan bahan masakan yang berasal dari daun pepaya dengan  mengurangi rasa pahit khas daun pepaya ini. Selamat mencoba

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak