Apa itu Social Emotional Learning dan manfaatnya bagi Pertumbuhan anak

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk pertumbuhan anak mereka. Karena bagi setiap orang tua, anak merupakan harta yang paling berharga dan harus mereka jaga serta mereka ketika akan menjadi yang terbaik. Dan masa  pertumbuhan adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan hal-hal baik untuk anak. Untuk itulah pentingnya para orang tua menerapkan  Social Emotional Learning pada anak sejak dini.

Social emotional learning

Apa itu pengertian Social Emotional Learning ?

Emotional Social Learning (SEL) adalah proses pengembangan kesadaran diri, pengendalian diri dan ketrampilan interpersonal pada anak. 

Penerapan SEL bisa dibiasakan pada anak sedini mungkin. Dengan kebiasaan ini diharapkan anak akan terbiasa dan kreatif dalam menghadapi permasalahan sehari-hari, masalah akademis dan masalah lainnya.

Banyak cara sederhana dalam mengenalkan SEL kepada anak. Contoh penerapan SEL pada anak bisa dengan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari hari seperti mengenalkan lingkungan sekitar sehari-hari, membiasakan anak berdiskusi dan berkomunikasi dua arah, menjelaskan kepada anak mengenai perbedaan antara hal baik dan benar, dan belajar menghargai orang lain.

Apa manfaat penerapan Social Emotional Learning ?

1. Mampu memahami dan mengelola emosi

Dengan menerapkan emosional learning, anak akan mulai belajar memahami mengenai berbagai perasaan emosi yang sedang mereka hadapi dan bagaimana cara menghadapinya. 

Anak - anak diharapkan akan mampu mengendalikan emosi dan bereaksi positif atas kondisi emosional yang sedang mereka hadapi.

Social emotional learning edukasi anak

2. Menciptakan relasi sosial  yang sehat

Dengan mampu mengendalikan emosi dan menghadapi kondisi permasalahan yang sedang mereka hadapi, anak-anak diharapkan akan mampu menjalin hubungan yang baik, sehat dan harmonis dengan lingkungan mereka.

3. Belajar membuat keputusan dan bertanggung jawab

Penerapan SEL akan menjadikan anak-anak lebih bisa bertanggung jawab atas apa yang mereka buat dan keputusan yang mereka ambil. Salah ataupun benar mengenai keputusan yang mereka lakukan, diharapkan anak tidak akan lari dari tanggung jawab dan mampu menghadapinya dengan baik.

4. Memiliki rasa empati dengan lingkungannya

Pendidikan SEL akan membuat anak lebih memiliki rasa empati atau kepedulian terhadap lingkungannya. Anak akan terbiasa berperan aktif di lingkungan sosial mereka dan mudah mengulurkan tangan untuk membantu orang di sekitar mereka.

* Sumber78 Parenting *  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak