Tips mempersiapkan anak masuk pertama kali sekolah

Tahun ajaran pendidikan baru sudah dimulai, dan tahun ini pembelajaran dilakukan secara offline tidak lagi menggunakan metode online seperti tahun sebelumnya. Beberapa orang tua mungkin memiliki anak yang tahun ini baru pertama kali memasuki jenjang pendidikan, tentunya hal ini membutuhkan persiapan yang harus dilakukan baik oleh siswa itu sendiri maupun orang tua sebagai pendampingnya.

Sebagai orang tua kita wajib mendukung serta  mempersiapkan apa saja hal-hal yang berhubungan dengan persiapan masuk sekolah, mulai dari persiapan kelengkapan belajar, seragam hingga mempersiapkan mental anak-anak dalam menghadapi suasana baru di kelas sekolah nantinya.

Persiapan sekolah anak

Persiapan anak yang baru pertama kali masuk sekolah

1. Menyiapkan kebutuhan sekolah anak-anak

Saat pertama kali memasuki musim sekolah, anak - anak mungkin belum terbiasa untuk menyiapkan apa saja kebutuhan atau peralatan sekolah yang akan mereka pakai, disinilah orang tua berperan dalam membantu menyiapkan kebutuhan mereka.

Akan lebih baik jika peralatan kebutuhan sekolah sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum waktu sekolah dimulai. Ajaklah anak-anak untuk ikut berperan dalam menyiapkan apa saja kebutuhan sekolah mereka. 

Hal ini sekaligus untuk membiasakan mereka belajar mempersiapkan kebutuhan apa saja yang akan mereka pakai. Sehingga nantinya anak anak secara perlahan dan bertahap akan terbiasa untuk  mempersiapkan kebutuhan sekolah mereka secara secara mandiri.

2. Menyiapkan mental dan semangat belajar anak

Suasana pendidikan di sekolah akan menjadi hal baru bagi anak-anak. Mereka yang biasanya hanya sering bertemu dan berkumpul dengan orang tua dan orang orang di sekitar rumah nantinya akan lebih sering lepas dari orang tua dan berkumpul dengan banyak teman yang memiliki asal dan karakter yang berbeda-beda.

Olah karena itu, sebelum anak - anak memulai hari pertama sekolah mereka, ada baiknya orang tua mengenalkan dan memberikan gambaran seperti apa sekolah itu, bagaimana suasana sekolah yang akan mereka hadapi, dan bagaimana mereka harus bersikap di sekolah nantinya.

Berikanlah gambaran yang ringan dan baik-baik saja. Jangan terlalu berlebihan atau memberikan gambaran bahwa sekolah adalah tempat yang kurang menyenangkan untuk didatangi. 

Jelaskan secara perlahan dan berikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang hal - hal apa yang ingin mereka ketahui tentang sekolah. Dan yang terakhir, anda bisa meyakinkan bahwa mereka sudah siap untuk menjalani hari pertama sekolah mereka. 

Jika memungkinkan antarkan anak anda berangkat sekolah di hari pertama mereka. Hal ini akan memberikan dampak psikologis yang positif dan sebagai bentuk dukungan orang tua kepada anak. 

Dan saat pulang sekolah cobalah berdiskusi tentang hal-hal apa yang mereka temui di sekolah. Tanyakan apakah ada hal yang menggembirakan di sekolah, atau mungkin ada  masalah yang mereka temui dan berikan solusi dari permasalahan tersebut. 

*Sumber78 edukasi*

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url